Rabu, 23 November 2011

11/23 Misteri Dunia Unik Aneh

     
    Misteri Dunia Unik Aneh    
   
Ketika Sukarno Menikahkan Anaknya
November 23, 2011 at 5:35 AM
 
1321979730109654817

Bung Karno dituntun Ibu Fatmawati ke tempat pelaminan Rachmawati


Pada tahun 1969 Sukarno ditengah sakit ginjalnya yang parah menghadiri pernikahan anaknya Rahmawati Sukarnoputeri dengan Martomo Pariatman Marzuki atau dikenal dengan panggilan Tommy. Pernikahan itu jauh dari kemewahan, dalam kondisi yang amat prihatin. Pernikahan cukup berlangsung di rumah Ibu Fatmawati di Jalan Sriwijaya Kebayoran.

Saat Bung Hatta datang ke pernikahan itu dan memberi selamat kepada Rachma. Tiba-tiba terbuka pintu ada beberapa tentara. di antara kerumunan tentara ada Bung Karno yang memakai jas hitam agak kedodoran dengan muka bengkak-bengkak datang ke pernikahan anaknya itu. Ketika melihat kehadiran Bung Karno di sana, semua mata tertuju ke pintu. Beberapa orang meledak tangisnya termasuk Guntur. Hatta mengusap air mata dan tersedu-sedu melihat Sukarno. Fatmawati langsung berlari ke arah Sukarno dan menciumi suaminya itu. Sukarno berusaha tertawa tapi jelas ia sudah amat kepayahan. Sementara di luar rumah berita kedatangan Sukarno mulai diketahui banyak orang, dari tukang becak sampai tukang dagangan berlarian ke depan pagar rumah Sriwijaya mereka berteriak-teriak : "Hidup Bung Karno….Hidup Bung Karno" komandan tentara kaget dan memerintahkan agar Sukarno tidak terlalu lama di rumah Sriwijaya, ia harus segera pulang ke Wisma Yaso.


Inilah satu-satunya pernikahan Bung Karno untuk anaknya yang ia hadiri. Sebuah tragedi memilukan dari seorang yang mendirikan bangsa ini. Seorang yang sepanjang hidupnya bekerja untuk Indonesia Raya. Seorang yang membebaskan bangsanya.\
Anton Djakarta


   
   
Sang Fuhrer (Hitler) yang Bertaubat
November 23, 2011 at 5:33 AM
 
Dampak dari perperangan di dunia memang selalu mengisahkan sebuah misteri. bagaimana tidak, hal ini dapat dilihat dari hal-hal yang logis sampai yang dianggap mistis muncul pasca perperangan. Ternyata perang dunia ke 2 pun tak luput dari cerita-cerita spekulatif masyarakat dunia, salah satu fakta dari cerita spekulatif tersebut ialah Hitler, seorang legenda perang yang diktator dan ambisius untuk menguasai dunia, ternyata juga tak luput dari hal yang dianggap "mitos" tersebut oleh sebagian masyarakat dunia.

Berita tentang kematian Sang fuhrer di Indonesia menurut kesaksian dr. Sosro Husodo itu memang sempat menggegerkan masyarakat dunia, khususnya di Indonesia, bagaimana tidak. Sang Fuhrer yang dianggap demagog sebagai orator, hebat dalam perperangan dan juga pemimpin tertinggi Jerman yang sempat menguasai 1/3 benua eropa tersebut ternyata memilih negara yang mungkin tidak pernah terbayangkan olehnya untuk menjadi tempat peristirahatan terakhirnya.


Hal ini memang masih menjadi sebuah misteri tersendiri dikarenakan Sang Fuhrer yang selama ini ditulis oleh sejarah ialah, Sang Fuhrer tewas di Jerman 1945 di dalam bunker yang menjadi tempat pertahanan dan persembunyiannya melalui cara menembakan diri dengan pistol yang dimilikinya, setelah ia mengetahui posisinya yang telah dikepung oleh pasukan sekutu yang menentangnya. Tindakan bunuh diri yang dilakukan olehnya mengindikasi bentuk arogansinya sebagai seorang pemimpin layaknya seperti yang dilakukan para kesatria Jepang apabila mereka melakukan kesalahan atau mengalami kekalahan mereka akan melakukan 'Hara kiri' sebagai tindakan untuk mempertahankan harga diri. Ia enggan dikritik, diprotes, apa lagi diadili. Namun bicara tentang beberapa fakta yang terungkap tentang kematiannya bahwa ia melarikan diri kenegara-negara berkembang seperti Argentina, Chili, Brazil, dan Indonesia sempat menimbulkan berbagai interpretasi, salah satunya ialah ia telah menanggalkan segala bentuk arogansinya sehingga negara dunia ketigalah—menurut Ian roxborough dalam teori keterbelakangan—yang ia pilih untuk menjadi tempat persembunyiannya hingga akhir hayat tanpa memperdulikan Ich bin Fuhrer.


Menurut kesaksian dr. Sosro Husodo di masa tuanya Sang Fuhrer menyamar dengan nama samaran dr. Poch dan bekerja sebagai dokter di Sumbawa tepatnya di provinsi Jawa Timur. Menurut dr. Sosro Husodo dimasa tuanya Hitler banyak sekali membantu orang dan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial. Apa yang dilakukan Sang fuhrer tentu saja berbanding terbalik dan merupakan antitesis dengan apa yang dilakukannya ketika ia menjadi seorang Pemimpin Jerman, dengan sepak terjangnya ia terkenal sangat kejam dengan membantai ribuan bahkan puluhan ribu orang Yahudi yang sangat ia benci tanpa memperdulikan bersalah atau tidaknya orang-orang tersebut. Menurut fakta yang terungkap melalui buku catataannya, Sang fuhrer diakhir hayatnya hidup dalam keadaan buron, khususnya oleh orang-orang Yahudi sebagai suatu tindakan untuk membalas dendam terhadapnya atas apa yang dilakukan olehnya terhadap orang-orang Yahudi tersebut. Terlepas dari itu semua Sang Fuhrer telah menentukan jalan hidupnya sehingga meminjam istilah yang dikemukakan oleh Cak Nur "berakhir dalam keadaan Khusnul Khotimah" sebagai manusia tentunya ia tidak pernah luput dari berbagai kesalahan masa lalu, tetapi kesalahan bukan untuk disesali dan ditangisi tetapi dijadikan suatu hal untuk dikoreksi dan diperbaiki dimasa depan sehingga ada Firman Allah yang berbunyi wal tandzur nafsumu maqaddama li ghadin.

Suftiyano Syukri


   
   
Muhammad SAW dalam Masehi
November 23, 2011 at 5:31 AM
 

570 M: NAbi Muhammad lahir dalam keadaan tidak punya ayah (yatim).

573 M: Dada Muhammad dibedah oleh Malaikat Jibril guna diambil jantungnya dan dibersihkan dengan air zam-zam.

575 M: Muhammad diajak oleh Ibunya bersama kakek dan pembantunya menziarahi makam ayahnya di Yatsrib. Sebulan di Yatsrib mereka pulang dan ibunya meninggal di perjalanan.

575 M: sepeninggal Ibunya Muhammad hidup bersama kakeknya yang bernama Abdul Muthalib selama 2 tahun karena pada usia Muhammad yang ke-8 kakeknya meninggal.

577 M: kakeknya wafat Muhammad diasuh oleh pamannya Abu Thalib.


581 M: bersama paman Muhammad pergi ke Syam untuk berdagang. Akan tetapi, di tengah perjalanan keduanya bertemu dengan Pendeta Jarjiz. Pendeta menyuruh pulang karena dalam diri Muhammad terdapat cap kenabian.


584 M: Muhammad melanggar ketetapan Ashurul Hurum (bulan dilarang mengangkat senjata) dia mengikuti perang Fijjar. Muhammad juga menyaksikan perdamaian antara mereka yang sering disebut dengan Hilful Fudhul.


586 M: Muhammad menjadi penggembala.



594 M: Muhammad menjadi pembantu Khadijah guna menjual dagangannya keSyam. Dia berangkat ke Syam bersama Maysarah, pembantu Khadijah.


594 M: Muhammad dilamar Khadijah. Muhamad menerima lamarannya dan pada tahun ini juga keduanya menikah. Dari perkawinan ini Nabi dikaruniai anak Al-Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqaiyah, Ummu Kalthum, dan Fatimah


604 M: Muhammad ikut merenovasi Ka'bah sekaligus sebagai pemenang sayembara sebagai peletak Hajar Aswad.


608 M: Muhammad Uzlah (menghindari keramaian dunia) di Gua Hira'.


609 M: di Gua Hira' Muhammad diangkat menjadi Rasul Allah serta menerima wahyu pertama.


609 M: Nabi Muhammad menyebarkan Islam secara tertutup (rahasia).


611 M: Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu dari Allah untuk dawah secara terbuka (terang-terangan.

612 M: Muhammad SAW dan pengikutnya mendapat siksaan dari orang-orang Suku Quraiys yang tak suka dengan ajarannya.

613 M: Nabi memerintahkan pengikutnya untuk pergi ke Etopia untuk mencari perlindungan dari orang-orang Mekah.

614 M: Nabi Muhammad SAW berhasil mengislamkan Hamzah bin Abdul Muthalib dan Umar bin Khattab. Di tahun ini juga NAbi diancam akan dibunuh.

615 M: keluarga Nabi, Bani Hasyim dan Bani Muthalib mendapat embargo ekonomi, keamanan, dan kekeluargaan dari orang Quraiys sampai batas mereka mau menyerahkan Nabi Muhammad SAW untuk dibunuh.


618 M: Embargo berakhir karena surat perjanjian yang ditempel di Ka'bah habis dimakan rayap kecuali kertas yang bertuliskan Bismikallahumma.


618 M: Nabi berduka cita karena pamannya yang selalu melindunginya wafat. Tiga bulan sepeninggal pamannya, Istrinya, Khadijah juga wafat.

619 M: Nabi menikah dengan Saudah BInti Zam'ah.

619 M: bersama Zaid Bin Haritsah Nabi pergi ke Tha'if untuk menyebarkan agama Islam. 10 hari di Thaif nabi berdawah ditolak mentah-mentah diusir serta dilempari dengan batu.


619 M: Nabi Muhammad SAW Pulang kampong setelah ditolak oleh orang Thaif. Beliau kembali berdawah di Mekah.



620 M: Muhammad SAW menikah dengan Aisyah binti Abu Bakr. Waktu itu umur Aisyah baru menginjak yang ke-6.


621 M: Nabi membaiat orang Yatsrib berjumlah 7 orang. Baiat ini dilakukan ketika mereka melaksanakan haji


621 M: Nabi Muhammad SAW melaksanakan perjalanan suci Isra' dan Mi'raj


622 M: Nabi membaiat orang Yatsrib berjumlah 70 orang.


622 M: Nabi Muhammad SAW membangun masjid pertama di Quba.



622 M: Nabi Muhammad SAW Hijrah dari Mekah ke Yatsrib (Madinah).


622 M: Muhammad SAW membangun Masjid Nabawi. Di tahun ini juga nabi baru meggauli Istrinya Aisyah.


622 M: NAbi berhasil menyatukan orang-orang Muslim Mekah dan Orang Muslim Madinah.


623 M: Nabi Berhasil menyatukan orang Muslim dan Yahudi Madinah dengan membuat piagam Madinah.


624 M: Nabi memimpin perang Badr, yaitu antara umat Islam VS kafir Quraiys Mekah. Dalam perang ini pasukan Islam menang.


624 M: Nabi merasa bersalah karena telah memilih pendapat Abu Bakr yang berkenaan tawanan perang Badr.


624 M: perang Bani Sulaim yaitu peperangan antaara Bani Sulaim (kabilah Ghatfan) VS orang Madinah. Nabi menjadi pemimpin perang dan akhirnya NAbi menang.

624 M: nabi menikah dengan Hafsah.

625 M: nabi ikut dalam perang Uhud yaitu perang antara umat Islam VS kafir Quraiys. Orang kafir ingin membalas kekalahan ketika perang Badr. Umat Ilam menang akan tetapi, karena tergoda dengan harta rampasan perang mereka menjadi kalah.


625 M: Nabi menikah dengan Zainab.


625 M: Nabi menikah lagi wanitanya adalah Ummu Salmah.


626 M: Nabi menikah dengan Ramlah.


627 M: Perang Khandaq/Ahzab yaitu perang antara kafir Quraiys bekerjasama dengan kaum Yahudi dari Suku Aus VS Umat Islam. Nabi menggunakan ide Salman al-Farisi dengan membuat Parit disekeliling kota Madinah. Akhir dari perang ini Umat Islam menang.


627 M: karena Bani Quraidzah melanggar janji piagam Madinah Nabi Muhammad SAW mengembargo yahudi ini selama 25 hari.


627 M: Nabi Muhammad SAW kawin dengan Juwairiyah binti Harits.



628 M: Nabi melaksanakan perjanjian dengan orang Musrik Mekah untuk tidak mengangkat senjata, perjanjian ini disebut dengan perjanjian Hudaibiyah.


629 M: perang Khaibar yaitu perang antara Islam VS Yahudi, Islam Menang.


630 M: Mekah takluk ditangan Nabi dan pengikutnya tanpa adanya pertumpahan darah.

630 M: perang Hunain yaitu perang Umat Islam VS Suku Hawazin. Nabi menang dalam perang ini.
631 M: Nabi melaksanakan Haji Wada' (perpisahan), inilah haji yang terakhir dilakukan oleh Nabi.


632 M: Nabi Muhammad SAW sakit dan akhirnya Wafat.
Diambil dariAl-Mubarakrury, Syaikh Shafiur Rahman. 1998. Sirah Nabawiyah. Penerjemah Rahmat. Jakarta: Rabbani Press.

Whell Dand


   
   
Fakta Mengejutkan Perubahan Iklim-Evolusi Manusia
November 23, 2011 at 5:18 AM
 
Headline
Perubahan iklim yang terjadi selama dua juta tahun terakhir ternyata memiliki dampak yang mengejutkan pada proses evolusi manusia. Apa itu?Terungkap, perubahan iklim mendorong evolusi manusia dengan cara memaksa mereka beradaptasi untuk mengubah kondisi yang ada dan bermigrasi ke daerah baru. Peneliti menemukan, jauh dari kata menghambat perkembangan, periode saat Bumi mendingin atau menghangat terbukti sangat menguntungkan.

Tak hanya memaksa manusia bermigrasi, perubahan iklim juga memaksa manusia berevolusi secara budaya dengan mendorong manusia belajar bekerjasama.

Para ahli dari National History Museum dan Cambridge University berhasil mengidentifikasi lima kunci periode pergeseran perubahan iklim yang mempercepat evolusi sosial dan genetik manusia.

Evolusi pertama terjadi pada dua juta tahun silam saat periode kekeringan panjang terjadi di mana menghasilkan manusia awal yang beradaptasi untuk berlari dan berburu. Kemudian selama zaman es pada 450 ribu tahun silam di saat manusia diyakini terbagi dalam tiga kelompok.

Manusia Eropa berevolusi menjadi Neanderthal dan manusia Asia mejadi Denisovan. Sisa manusia di Afrika menjadi manusia modern. Pada pekan ini, Royal Society akan memberikan detaol perihal hasil riset terbarunya ini.

"Hal menariknya, adanya bukti evolusi manusia dan perubahan iklim memiliki hubungan erat selama ratus ribuan tahun," ungkap Rhiannon Stevens dari Cambridge University seperti dikutip DM.


   
   
Misteri Terbesar Mars
November 22, 2011 at 6:24 PM
 

pb_10">NASA/JPL-Caltech/University of Arizona
Kawah Rabe yang berwarna biru di Planet Merah.

ESA/DLR/FU Berlin (G. Neukum)

Kawah Eberswalde di Mars (lingkaran di kanan) dahulu diduga sebagai danau yang berisi air. Di sebelah kiri adalah Kawah Holden yang lebih besar.

NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona
Citra yang memperlihatkan garis-garis yang diyakini kuat bukti aliran air di tepian-tepian cekungan di Planet Mars.

ESA
Latihan melakukan aktivitas di lingkungan serupa permukaan Planet Mars menggunakan pakaian luar angkasa


Mars dikenal sebagai "bintang api" oleh astronom kuno China. Peneliti masa kini sering menyebutnya sebagai planet merah.

Meskipun puluhan wahana ruang angkasa telah dikirimkan ke Mars, masih banyak hal yang menjadi teka-teki dan memunculkan pertanyaan mengenai planet tersebut. Inilah beberapa misteri Planet Mars yang menarik disimak, seiring dengan rencana NASA meluncurkan wahananya, Mars Science Laboratory Curiosity, ke sana pada 25 November mendatang.

1. Mengapa Mars memiliki dua wajah berbeda?

Para peneliti sejak lama bertanya-tanya mengapa dua sisi Planet Mars memiliki perbedaan yang mencolok? Belahan utara Mars bisa dikatakan datar dan berupa dataran rendah, bahkan termasuk salah satu permukaan paling datar, paling halus di tata surya. Kondisi itu barangkali terbentuk oleh air yang diduga pernah mengalir di permukaan planet merah.

Sementara itu, kebalikannya, belahan selatan Mars memiliki permukaan yang terjal, berkawah, dan sekitar 4 km hingga 8 km lebih tinggi dibanding belahan utara. Bukti-bukti terkini memunculkan perkiraan bahwa perbedaan antara sisi utara dan selatan Mars itu diakibatkan oleh batu raksasa dari ruang angkasa yang menghantam Mars pada masa lalu.

2. Dari mana asal gas metana di Mars?

Metana—molekul organik paling sederhana—pertama kali ditemukan di atmosfer Mars oleh wahana Mars Express milik Badan Antariksa Eropa pada tahun 2003. Di Bumi, sebagian besar gas metana di atmosfer dihasilkan oleh makhluk hidup. Gas metana diduga sudah ada di atmosfer Mars sejak 300 tahun lalu. Artinya, apa pun sumbernya, keberadaan gas tersebut belum lama.

Meski begitu, gas metana bisa juga muncul di luar kehidupan, seperti misalnya dari aktivitas vulkanik. Wahana ExoMars milik ESA yang akan diluncurkan pada 2016 bakal meneliti komposisi kimia atmosfer Mars dan mempelajari keberadaan metana di sana.

3. Di manakah lautan Mars?

Banyak misi ke Mars menemukan bukti-bukti bahwa planet tersebut pernah memiliki kondisi cukup hangat sehingga air tidak membeku dan bisa mengalir di permukaannya. Bukti-bukti itu antara lain berupa wilayah yang seperti bekas lautan, jaringan-jaringan lembah, delta-delta sungai, dan sisa-sisa mineral yang seolah terbentuk oleh air.

Meski begitu, pemodelan iklim Mars belum bisa menjelaskan bagaimana temperatur hangat itu bisa terjadi, mengingat cahaya Matahari jauh lebih lemah dahulu. Ada dugaan, bentuk-bentuk di atas terbentuk bukan oleh air, melainkan oleh angin atau mekanisme lain. Namun masih tetap ada bukti bahwa Mars pernah cukup hangat untuk mendukung keberadaan air dalam bentuk cair, setidaknya di satu tempat di permukaannya.

4. Apakah ada air mengalir di permukaan Mars saat ini?

Meski sebagian besar bukti menunjukkan bahwa air pernah mengalir di permukaan Mars, masih menjadi teka-teki apakah masih ada air yang mengalir di permukaan planet tersebut saat ini. Tekanan atmosfer Mars terlalu rendah, sekitar satu per seratus tekanan di Bumi sehingga air sulit berada di permukaannya. Namun ada jalur gelap dan sempit di lereng-lereng Mars yang memunculkan dugaan bahwa ada air yang mengalir tiap musim semi.

5. Apakah ada kehidupan di Mars?

Wahana pertama yang berhasil mendarat di Mars, Viking 1 milik NASA, memunculkan teka-teki yang masih misterius saat ini: Adakah bukti kehidupan di Mars? Viking adalah wahana yang secara khusus ditugaskan untuk mencari kehidupan di Mars, dan apa yang ditemukan masih menjadi perdebatan hingga hari ini. Wahana itu telah menemukan adanya molekul organik seperti metil klorida dan dichloromethane. Walau demikian, senyawa-senyawa itu bisa jadi merupakan kontaminasi dari Bumi yang terbawa saat wahana bersiap meluncur di Bumi.

Permukaan Mars sendiri sangat tidak bersahabat bagi makhluk hidup dalam hal suhu yang sangat rendah, radiasi, kondisi kering, dan faktor-faktor lain. Walau begitu, ada makhluk-makhluk hidup yang bisa bertahan di lingkungan ekstrem di Bumi, seperti di Lembah Kering Antartika yang dingin dan kering, atau wilayah amat kering di Gurun Atacama di Cile.

Secara teori, selalu ada kehidupan, seperti ada air dalam bentuk cair di Bumi. Kemungkinan pernah adanya lautan di Mars memunculkan pertanyaan apakah pernah ada kehidupan di sana. Bila ada, apakah sampai saat ini makhluk-makhluk hidup itu tetap eksis? Jawaban atas pertanyaan itu mungkin membantu memberikan sedikit pencerahan terhadap pertanyaan seberapa umumkah kehidupan di jagat raya.

6. Apakah kehidupan di Bumi berawal dari Mars?

Meteorit yang ditemukan di Antartika dan berasal dari Mars—terlempar dari planet merah akibat tabrakan kosmis—memiliki struktur serupa dengan batuan yang dihasilkan mikroba di Bumi. Meski penelitian lebih jauh menunjukkan bahwa struktur itu terbentuk karena proses kimia dan bukan biologi, perdebatan mengenai Mars sebagai asal-usul kehidupan di Bumi masih berlanjut. Beberapa orang masih memegang teori bahwa kehidupan di Bumi berasal dari Mars, dan terbawa ke Bumi bersama meteorit.

7. Bisakah manusia hidup di Mars?

Untuk menjawab apakah kehidupan pernah ada atau masih ada di Mars, barangkali manusia perlu pergi ke sana dan mencarinya sendiri.

Pada tahun 1969, NASA pernah merencanakan misi berawak ke Mars pada tahun 1981 dan membangun stasiun permanen di sana tahun 1988. Namun perjalanan antarplanet itu ternyata menghadapi tantangan ilmiah dan teknologi yang tidak kecil.

Para ilmuwan harus mengatasi berbagai masalah perjalanan antarplanet, seperti makanan, air, oksigen, efek gravitasi mikro, kemungkinan radiasi yang berbahaya, dan kenyataan bahwa astronot yang pergi ke sana akan berada jutaan kilometer dari Bumi sehingga tidak mudah untuk mendapat bantuan bila terjadi sesuatu. Selain itu, mendarat, bekerja, dan hidup di planet lain lalu kembali ke Bumi bukan perkara mudah.

Meski begitu, banyak peneliti yang ingin melakukan misi itu. Tahun ini, enam sukarelawan hidup terisolasi seolah sedang berada dalam wahana ruang angkasa selama 520 hari dalam proyek yang disebut Mars500. Simulasi penerbangan ruang angkasa terlama ini bertujuan untuk meniru perjalanan ke Mars.

Banyak sukarelawan bahkan bersedia diterbangkan ke Mars meski kemungkinan tidak bisa kembali. Berbagai rencana juga dibuat, misalnya dengan mengirimkan mikroba pemakan batu terlebih dahulu, sebelum manusia didatangkan. Teka-teki mengenai apakah manusia akan pernah menjejakkan kaki ke Mars memang masih tergantung pada alasan, mengapa kita harus mencoba menjelajahi planet merah itu.
SPACE.com


   
   
Mengenal Lebih Jauh Fenomena Somniloquy - Berbicara Saat Tidur
November 22, 2011 at 6:14 PM
 
Berbicara saat tidur atau mengigau dengan kata-kata yang tidak jelas seringkali kita dapati pada anggota keluarga, teman, sahabat atau bahkan pernah kita alami sendiri secara "tidak sadar". Berbicara saat tidur atau Mengigau adalah masalah umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.













Apa yang menyebabkan fenomena ini (Berbicara saat tidur)?


Apa benar disaat bergumam, kita dihampiri oleh orang-orang yang sudah meninggal?

Berbahayakah ?

Izinkan saya untuk membagi sedikit informasi dan penjelasannya kepada anda.

SOMNILOQUY


Mungkin istilah SOMNILOQUY terdengar begitu asing di telinga anda. Akan tetapi untuk ahli medis istilah ini sangat familiar bagi mereka, karena somniloquy adalah salah satu istilah medis bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam tidur. SOMNILOQUY adalah suatu bentuk masalah tidur yang dikenal sebagai parasomnia yang juga merupakan gangguan tidur seperti berjalan sambil tidur,anggota badan yang bergerak secara berkala pada saat tidur, gigi menggiling, dan sindrom kaki gelisah.

Tidak ada yang tahu persis apa penyebab beberapa orang mengigau, tetapi mungkin saja hal ini terkait dengan faktor-faktor fisik dan psikologis, termasuk kekurangan gizi, stres, dan kurang tidur.Orang lebih cenderung untuk berbicara saat tidur ketika mereka mengalami demam tinggi atau sakit. Jenis obat tertentu juga bisa membuat orang mengigau, terutama obat yang digunakan untuk mengobati gangguan seperti depresi atau skizofrenia dan obat nyeri. Alkohol juga bisa membuat anda lebih mudah mengigau.

Stres merupakan faktor yang menyebabkan beberapa orang mengigau selama tidur. Orang dewasa sering mengigau jika stress dan mengigaunya menghilang ketika stres/masalahnya terselesaikan. Mengigau tampaknya juga merupakan turunan, jadi jika ibu dan ayah anda mengigau selama tidur, ada kemungkinan besar bahwa anda juga akan mengigau.

Solusi


Jangan mengkonsumsi kafein dan alkohol. Temukan aktivitas yang membantu Anda menghadapi stres yang lebih baik seperti yoga atau meditasi. Olahraga yang teratur juga bermanfaat.

Mengigau saat tidur biasanya tidak berbahaya dan jarang menunjukkan masalah kesehatan yang serius, tetapi bisa berarti anda perlu untuk tidur lebih banyak dan jangan terlalu stress.

Nah, apakah masih ada yang beranggapan ketika kita mengigau ada sosok-sosok gaib yang sedang datang "berkunjung" ?


Dalam postingan sebelumnya tentang gangguan-gangguan yang terjadi dalam tidur telah saya jelaskan, Ketika manusia sedang tidur, manusia terkadang mengalami gangguan-gangguan yang terjadi dalam tidur mereka. Entah itu mengalami gangguan dalam mimpi dan gangguan-gangguan lainnya. Penyebabnya berbagai macam, ada akibat dari kelelahan, kodisi psikologi yang rentan, akibat trauma masa kecil dan sebagainya.

(http://en.wikipedia.org/wiki/Parasomnia ,
http://en.wikipedia.org/wiki/Somniloquy ,
http://www.end-your-sleep-deprivation.com/somniloquy.html)


Media Files
sleep.jpg (JPEG Image)
   
   
Tengkorak Kepala Mumi Raksasa Misterius(Alien?), Peru - Penjelasan!
November 22, 2011 at 6:11 PM
 
Sejenak media online, milis-milis internet sempat dihebohkan oleh informasi penemuan Tengkorak Kepala Mumi Misterius yang ukurannya begitu besar dari ukuran manusia normal pada umumnya. Tiga orang antropolog dari negara yang berbeda mengatakan bahwa tengkorak tersebut sama sekali bukan merupakan tengkorak manusia. Masih ingat kisah Crystall Skull dari film Indiana Jones? Alienkah? Apakah hal ini adalah wujud eksistensi makhluk ekstrateresterial di bumi di masa lampau?







Crystall Skull dari film Indiana Jones








Berawal ketika seorang pekerja museum Privado Ritos Andinos di Cusco, Peru Renato Davila Riquelme menemukan dua tengkorak kepala dengan ukuran yang luar biasa aneh, rongga mata kerangka tersebut jauh lebih besar dari biasanya yang terlihat pada manusia..












Kepala tengkorak itu adalah salah satu dari dua yang ditemukan di kota Andahuaylillad di selatan propinsi Quispicanchi.












Dalam kerangka tampak ubun-ubun yang tengah terbuka seperti yang dimiliki anak-anak pada usia tahun pertama. Namun, tengkorak itu juga memiliki dua geraham besar yang hanya ditemukan pada manusia yang usianya lebih tua.











Belum diketahui secara pasti kapan persis mumi tersebut berasal, akan tetapi yang cukup menghebohkan adalah kemiripan mumi tengkorak ini dengan kisah Crystall Skull dalam film Indiana Jones yang mengkaitkan aktivitas makhluk ekstrateresterial di bumi pada masa lampau.





Awalnya saya agak ragu dengan statement tiga orang antropolog yang mengatakan bahwa jenis tengkorak seperti ini bukanlah milik manusia, mengingat bentuk serta ukurannya yang sangat jauh berbeda dari bentuk dan ukuran manusia normal.






Kenapa demikian? Sebab saya memiliki salah satu penjelasan alternatif yang mungkin cukup masuk akal dan bisa digunakan sebagai acuan dari kesalahpahaman media atas informasi yang bagi saya sepertinya cukup melebih-lebihkan.





PENJELASAN

Anda mungkin akan bertanya-tanya, "Hawkson, bukankah sudah dikatakan oleh 3 orang antropolog bahwa tengkorak itu memang bukan tengkorak manusia??"





"Sudah ada buktinya,, Alien telah ada sejak dahulu kala....!!"






Saya katakan "TIDAK"..!! Bacalah dahulu penjelasan saya dan anda bisa merubah persepsi anda tentang mumi tengkorak yang dikatakan adalah tengkorak alien ini.


Sebab masih banyak mumi dari tengkorak-tengkorak yang lebih aneh daripada di Peru dan semua itu adalah milik MANUSIA.




HEAD FLATTENING


Head Flattening adalah praktek yang dilakukan sejak jaman dahulu oleh berbagai suku dan kebudayaan yaitu untuk meratakan tengkorak kepala, dan hal tersebut adalah wajar di zaman itu. Suku India, Amerika Selatan, Utara dan Tengah bisa dibilang sebagai pelopor praktek meratakan tengkorak kepala ini.

















Deformasi tengkorak buatan, meratakan kepala, atau mengikat kepala merupakan bentuk permanen perubahan tubuh di mana tengkorak seorang manusia sengaja dibuat demikian.




















Hal ini dilakukan dengan mendistorsi pertumbuhan normal tengkorak seorang anak dengan tujuan berbeda-beda sesuai bentuknya.













Bentuk datar, yang memanjang (yang dihasilkan dari cara mengikatnya dengan dua potong kayu ), yang bulat (mengikat dalam kain ) dan kerucut adalah khusus bagi di antara mereka yang terpilih. Hal ini biasanya dilakukan pada bayi , sebab ketika masih bayi, tengkorak kepala manusia cukup lentur untuk dibentuk.





Berikut ini adalah contoh tengkorak-tengkorak dri beberapa kebudayaan yang menggunakan teknik Head Flatenned.










Tengkorak Suku INCA













Tengkorak Suku MAYA






















Tengkorak dari Andes budaya Paracas .

Daripada Teori Tengkorak Alien, Saya lebih cenderung dengan Teori Head Flattening.

(dailymail.co.uk , britannica.com , wikipedia.org)


Media Files
alienperu3.jpg (JPEG Image)
   
   
Akankah Neutrino Menggugurkan Einstein?
November 22, 2011 at 4:45 PM
 
Moratorium Remisi dan Neutrino

Adanya partikel yang bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya tampaknya semakin bisa dibuktikan. Laboratorium Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) baru saja melakukan eksperimen ulang tentang kecepatan gerak neutrino.

Hasil eksperimen tentang pengukuran kecepatan neutrino pertama kali diumumkan September 2011 lalu. Hasil menunjukkan bahwa neutrino bergerak 20 per 1 juta lebih cepat dari kecepatan cahaya. Para ilmuwan melakukannya dalam program Oscillation Project with Emulsion-tRacking Apparatus (OPERA), dengan cara menembakkan neutrino dari laboratorium CERN di Jenewa ke Gran Sasso National Laboratory, Italia, menempuh jarak 730 kilometer di kedalaman 1400 meter di bawah tanah.

Hasil penelitian itu membuat geger karena selama ini dunia fisika meyakini, sesuai pendapat Albert Einstein, bahwa tak ada partikel yang bergerak melebihi kecepatan cahaya yang sebesar 299.792 kilometer per detik atau dibulatkan menjadi 300.000 km per detik. Beberapa kalangan ilmuwan menanggapi skeptis.

Ekeperimen ulang yang telah mendapatkan hasil sesuai eksperimen awalnya. CERN mengumumkan hasil eksperimen ulang ini pada Jumat (18/11/2011) lalu. Mereka mengatakan bahwa eksperimen ulang dilakukan dengan jauh lebih teliti. Ilmuwan benar-benar melihat waktu awal saat neutrino mulai ditembakkan.

"Pengukuran detail dan melihat implikasi yang mendalam dalam fisika, membutuhkan ketelitian yang tinggi. Hasil postif membuat kita makin percaya diri," kata Fernano Ferroni, predisen Institut Penelitian Fisika Nuklir Italia seperti dikutip AP, Jumat

Dengan hasil penelitian ini, kemungkinan kebenaran hasil penelitian CERN semakin bisa dibuktikan. Jika satu saja lembaga penelitian di luar CERN yang berhasil melakukan eksperimen analog dan mendapatkan hasil yang sama, maka keberanaran tentang neutrino bisa dibulatkan dan implikasinya akan menggugurkan pendapat Einstein. Akankah neutrino menggugurkan Einstein?


   
   
Cerita Tentang Ring of Fire
November 22, 2011 at 4:31 PM
 

Saya pernah membaca sebuah artikel saya lupa di koran atau majalah, yang jelas kalimat pertama pada artikel itu begitu menarik, tulisannya adalah sebagai berikut: "kalau seandainya pada perang Diponegoro sudah ada twitter dan facebook, maka cerita perang Diponegoro mempunyai cerita yang berbeda dengan yang tertulis di buku sejarah." Saya jadi tersenyum sendiri, dan dalam hati menyetujui tulisan tersebut.

Lalu apa hubungannya dengan gunung meletus dan negeri Indonesia yang merupakan barisan pertama dari ring of fire?

Pertama saya akan mengulas sedikit tentang tulisan expedisi cincin api yang ditulis KOMPAS. Berdasarkan sejarah tiga gunung besar yang pernah meletus pada jaman kuda gigit besi telah merubah ekosistem dunia, tapi hanya berita tentang kedasyatan meletus gunung Krakatau saja, yang bisa segera diketahui karena pada saat itu telegram sudah diketemukan. Dua gunung yang meletus sebelumnya Tambora (NTT) dan terjadinya Toba ( Medan ) diketahui dari jejak sejarahnya itu memerlukan waktu beberapa ratus tahun.

Kedua saya menyukai tulisan tentang lingkungan, gunung meletus, gempa bumi, dan angkasa luar. Dengan membaca ulasan expedisi cincin api tersebut saya benar-benar terpesona, dan membayangkan betapa dasyatnya letusan tiga gunung itu.

Sekarang ini dengan adanya teknologi saya dengan mudah mencari informasi tersebut di internet. Peran teknologi membuat kedasyatan gunung meletus, gempa bumi dan meteor yang akan jatuh bisa langsung tersebar di seluruh pelosok dunia. Menimbulkan empati yang membacanya dan peran teknologi juga membuat hasil penelitian yang mengungkapkan penyebab gunung merapi, dan gempa bumi bisa lebih jelas.

Dari artikel yang ditulis KOMPAS menunjukkan kalau orang jaman dulu menuliskan pengalaman gunung meletus dengan puisi. Sehingga generasi sekarang kurang memahami bagaimana mengerikannya kejadian saat itu, dan berapa korban yang mati. Setelah melewati dua ratus tahun kemudian tulisan itu diteliti, ditulis ulang dan kemudian disebarkan melalui blog atau artikel. Baru pembaca yang membaca artikel tersebut akan bisa merasakan bagaimana dasyatnya gunung Tambora meletus, yang menyebabkan setahun tanpa musim panas, dan bagaimana mengerikannya tsunami menerjang daratan disebabkan meletusnya gunuung Krakatau, dan tulisan itu membuat penduduk Indonesia menjadi lebih dewasa dalam menyikapi bencana.

Ada baiknya kita jangan berhenti menuliskan tentang bencana hebat yang terjadi di abad ini maupun di masa kuda gigit besi dengan bahasa yang menarik, dengan begitu tulisan tentang bencana yang sudah terjadi bisa menjadi pembelajaran anak cucu.

Diyah Pitaloka


   
   
L'histoire se Repete-35: Balada Kandra Kayet
November 22, 2011 at 4:29 PM
 
Oposisi ataukah Barisan Sakit Hati ternyata sudah dari dahulu kala keberadaannya. Mungkin umurnya juga setua usia alam semesta ini karena konon si Lucifer yang tiada lain adalah si iblis itu dulunya juga seorang malaikat yang beroposisi terhadap Tuhannya.

Nah, oposisi ternyata juga tidak ada hubungannya dengan kemakmuran atau keberhasilan sebuah program suatu rejim karena jamak kita jumpai bahwa di negara-negara makmur pun politik oposisi tumbuh dengan subur. Alasan klasiknya tentu saja supaya terjadi keseimbangan opini dan kekuasaan sehingga pandangan, opini ataupun citra seluruh rakyat tidak bisa digiring pada satu sisi saja, yaitu politik pencitraan rejim pemerintaannya. Tapi entah, apakah alasan sebenarnya yang jujur hanyalah itu atau ditunggangi pula oleh kepentingan sempit lainnya.
13219331761664443942

Prasasti Telaga Batu (sumber: www.wikipedia.id.org)



Pada tahun 686 Masehi, penguasa Kerajaan Sriwijaya yaitu Dapunta Hyang mengeluarkan sebuah prasasti di Kota Kapur, di sebelah utara Sungai Menduk di Pulau Bangka. Prasasti dengan isi relatif sama juga ditemukan di Karang Brahi, hulu Sungai Merangin di cabang Sungai Batanghari dan Sungai Tembesi. Ada juga prasasti lainnya yang mirip, kelak dikenal sebagai Prasasti Telaga Batu yang ditemukan di Bukit Siguntang.


13219336082057965512

Prasasti Karang Brahi (sumber: www.sugionosejarah.blogspot.com)



1321933667189588521

Prasasti Kota Kapur www.id.wikipedia.org)


Pertanyaannya adalah apakah kemiripan ketiga prasasti tersebut? Kemiripannya adalah bahwa ketiga prasasti tersebut berisikan kata-kata sumpah dan kutukan kepada kaum oposisi. Harap maklum, tahun 683M Dapunta Hyang sudah berhasil menaklukkan Kerajaan Melayu. Sejak saat itu Kerajaan atau Kedatuan Sriwijaya sudah berdiri dengan megahnya membawahi beberapa kerajaan-kerajaan kecil yang tersebar sampai di semenanjung Malaka. Sebagai konsekuensi dari pendudukan itu, tentu saja Dapunta Hyang harus selalu waspada terhadap bangkitnya para kaum oposan yang berniat memisahkan diri.

Nah, dalam konteks itulah prasasti persumpahan itu dibuat. Dapunta Hyang ingin mengingatkan rakyatnya, terutama di daerah-daerah pendudukan Sriwijaya, bahwa barangsiapa berani melawan kekuasaan Dapunta Hyang, atau barangsiapa berani melakukan pemberontakan atau berkomplot dengan pemberontak maka mereka akan dicap sebagai durhaka, pengkhianat yang hukumannya adalah operasi penumpasan.




Harap maklum, prasasti ini dibuat pada tahun 686M, ketika Dapunta Hyang akan memberangkatkan bala tentaranya untuk menundukkan Bhumi Jawa. Tentu saja karena operasi militer ini maka bala tentara di Kedatuan Sriwijaya sendiri akan jauh berkurang maka untuk mengantisipasi adanya pemberontakan selama operasi militer ke Jawa inilah prasasti persumpahan itu dibuat.




Untuk menunjukkan keseriusan ancaman Dapunta Hyang kepada kaum oposan maka penguasa Sriwijaya mengingatkan sebuah cerita tentang Kandra Kayet. Kandra Kayet adalah seorang perwira pilihan Sriwijaya. Entah mengapa, beberapa lama sebelum prasasti persumpahan itu dibuat, Kandra Kayet memberontak terhadap kekuasaan Sriwijaya. Dia kemudian dicap pengkhianat oleh Dapunta Hyang.




Dapunta Hyang kemudian mengirimkan operasi militernya untuk memadamkan pemberontakan itu dipimpin oleh senopati perang unggulan bernama Tandrun Luah. Sayang, Kandra Kayet ternyata sangat sakti dan mumpuni. Panglima perang Tandrun Luah berhasil dibunuhnya dalam peperangan yang sengit. Tentu saja Dapunta Hyang semakin marah mendengar kematian panglima perangnya itu. Tampaknya dia kemudian memimpin sendiri operasi militer Sriwijaya dan kemudian berhasil menumpas pemberontakan sekaligus membunuh Kandra kayet.





Tampaknya penumpasan Kandra Kayet itu sangat seru dan menjadi buah bibir bagi seluruh rakyat Sriwijaya, terutama di wilayah-wilayah pendudukan. Dan karena itulah Dapunta Hyang perlu mengeluarkan prasasti kutukan sebelum memberangkatkan bala tentaranya ke Bhumi Jawa, untuk mengingatkan siapapun untuk tidak berani macam-macam dengan dia.




Sejarah pun berulang. Masih ingat ketika Pak Harto pernah bicara "tak gebuk" (saya pukul) untuk mengancam para oposisi di jaman Orde Baru dulu? Masih ingat ketika Dipo Alam di awal tahun ini mengancam untuk memboikot media-media yang dinilai selalu menyudutkan pemerintah? Masih ingat pula ketika pimpinan tertinggi kita barusan menyebut tidak waras kepada para pengkritiknya yang menyebut-nyebut kasus century ketika dia bertemu dengan Sri Mulyani? Bukankah yang mereka lakukan adalah perulangan dari yang pernah dilakukan oleh Dapunta Hyang 1400-an tahun silam?




Demikianlah kisah tentang Kandra Kayet yang kalah itu. Omong-omong, nanti malam kita akan melihat deklarasi kemenangan kita di Sea Games kali ini. Tempatnya di Gelora Sriwijaya, wilayah kekuasaan Dapunta Hyang tempo dulu. Tapi saya kira tidak perlulah ancam-mengancam itu sekarang, toh kita sudah menjadi juara umum setelah tenggelam selama 14 tahun. Selamat.


13219337501991423838

Sumber kepustakaan:

Prof. Dr. Slamet Muljana, Sriwijaya, LkiS, Yogyakarta, 2011

(Osa Kurniawan Ilham, Balikpapan, 22 November 2011)


   
   
Duka Hilangnya Dua Gunung Suci Suku Amungme Papua
November 22, 2011 at 4:24 PM
 
Seorang ibu Amungme berpakaian compang camping bertelanjang kaki duduk sambil mencuci kaki di tepi sungai Aykwa yang telah tercemar tailing tambang sambil meratap dalam bahasa Indonesia yang terbata-bata :
Ayuu…Dorang su Ame kami pung mama pung kepala, semua sudah ancur, kami sedih, kami sakit hati…..
(aduh, mereka sudah ambil kepala ibu kami, semua hancur, kami sedih, sakit hati..)
13219407811316277797

Tangisan dan kesedihan ibu ini adalah tangisan orang papua dari suku Amungme. Amungme berasal dari 2 kata, Amung artinya utama dan me artinya manusia. Jadi pengertiannya mereka adalah manusia utama. Menurut cerita dari para leluhur mereka, suku Amungme berasal dari sebuah gua yang sekarang disebut Lembah Baliem atau Mepingama ( tempat manusia keluar pertama kali).



Menurut mitos yang mereka yakini, zaman dahulu manusia berdiam di dalam gua. Di dalam gua terdapat semua jenis tumbuhan dan binatang. Alkisah suatu ketika orang-orang berada di dalam gua ingin keluar untuk melihat kehidupan luar di gua. Namun tidak ada seorangpun yang mampu membuka pintu gua kecuali seorang sesepuh adat mereka dengan membaca mantra-mantra tertentu. Saat waktu yang diinginkan mereka ingin keluar, sesepuh tua itu membaca mantra-mantranya dibantu seorang gadis yang masih suci dan mereka pun berhasil membuka pintu gua itu.


Akan tetapi masih ada yang menghalangi mereka untuk bisa keluar dari gua. Saat itu permukaan bumi masih tergenang air. Untuk mengetahui kondisi di sekitar lingkungan gua, diutuslah seekor burung nuri dan menanti datangnya kembali sang burung. Ternyata burung nuri tidak kembali juga. Maka diutuslah seekor burung murai atau negelarki. Saat burung murai kembali, paruhnya terbawa lumut dari air yang mulai mengering. Hal ini menandakan bumi sudah mengering. Esok harinya orang-orang mulai keluar dari gua dan berjalan mengikuti arah sinar matahari, arah ke barat.


Selama perjalanan, orang-orang menebarkan bibit-bibit tanaman dan melepas semua jenis binatang. Sampailah mereka pada sebuah gunung. Me-arangguma-bugin yang artinya gunung kebahagiaan dan perpisahan. Dan orang Amungme percaya mereka adalah rombongan manusia yang pertama kali keluar dari gua. Disusul rombongan dari suku-suku lain, seperti Ekagi, Moni, Wolani.


Orang Amungme percaya mereka adalah intisari dari alam sekitar. Alam memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan sehingga orang Amungme sangat menghargai dan mencintai alam sekitar. Caranya dengan tidak sembarangan merusak lingkungan hidup. Jika ada yang merusak alam, orang Amungme akan berkata :


"Enane taram agan iwiatongengee, Em arap nap atendak, mesin arop nap atendak, oleh arap nap atendak, ib arop nan atendak. Kelap arop nan atendak, iatong heno, Inak juo onen diamo !"


( Anak-anak mengapa berbuat demikian, padahal kamu tahu bahwa pohon itu adalah diriku, anjing itu adalah aku, air itu juga diriku, tanah pun aku, batu itu pun diriku. Berbuatlah semaumu, aku kan mengawasimu")



Bagi orang Amungme, tanah bukan hanya bernilai ekonomis, melainkan bermakna magis religius. Tanah ibarat seorang ibu yang memberikan kehidupan bagi anak-anaknya. "Tanah adalah ibu kami", ungkap mereka.


Suku Amungme menganggap daerah pegunungan salju termasuk puncak-puncak gunung tertinggi bersemayamlah Jomun-Temun Nerek, para leluhur suku Amungme. Puncak gunung Carstenz, Ertsberg, Grassberg beserta lembah-lembah sekitarnya sebagai wilayah keramat yang suci tidak boleh diganggu gugat. Di kawasan kepala ibu itulah konon mereka berasal dan nenek moyang berada. Daerah asal yang bernilai religius-magis inilah yang saat ini porak poranda oleh kegiatan tambang emas dan tembaga oleh Freeport.


Kehadiran Freeport yang mengambil alih seluruh tanah masyarakat ( yang dalam pandangan suku Amungme mengandung kekuatan magis dan mitologis) menyebabkan kosmologi suku tersebut terguncang sampai ke akar-akarnya. Guncangan itu semakin merasuk dan bertambah parah akan kehadiran orang - orang asing yang dipekerjakan di tanah mereka dan dalam perkembangannya suku Amungme yang dulunya merupakan pemilik tanah , saat ini hanya menjadi penonton di atas tanah uluyat mereka sendiri.


Perubahan yang mengguncangkan tersebut dapat terlihat dari lenyapnya beberapa puncak gunung yang bernilai magis dan mitologis bagi mereka, menjadi sumur-sumur raksasa yang menganga lebar.


132194107626561929


Meskipun masih ada gunung-gunung yang kelihatannya masih utuh, di dalamnya sudah keropos dengan adanya terowongan-terowongan besar yang berlapis-lapis. Ditambah penjagaan militer yang ketat setiap harinya, membuat orang Amungme sama sekali tidak bisa mendekati dan menyentuh wilayah keramat mereka. Terlebih semua daerah konsesi Freeport saat ini dipagari kawat berduri dan penjagaan militer bersenjata lengkap, seperti di pos mile 64 sampai 78. Bahkan untuk masuk wilayah Tembagapura diperlukan surat izin khusus dari kantor Freeport di Jakarta.


Belum lagi kawasan keramat yang lainnya disekitar freeport sudah berubah menjadi kawasan pemukiman pekerja freeport dan kawasan transmigrasi program pemerintah. Daerah ini sudah menjadi infrastruktur kota Freeport. Dengan demikian tanah-tanah suci dan dikeramatkan oleh orang suku Amungme sudah berpindah menjadi tanah-tanah milik Freeport.



Jadi jangan terkejut bila ibu Amungme selalu menangis dan sakit hati bila melihat orang Freeport yang bekerja di atas tanah keramat mereka.


Ditambah sakit hati mereka, keadaan ekonomi yang harusnya mereka ikut merasakan manisnya tembaga, emas, nikel, tapi tidak mereka rasakan.



"Kami ingin berada di Irian Jaya lebih dari 100 tahun"


(Milton H Ward, Chairman of The Board of Directors Freeport Indonesia Inc, 1991)



"Freeport adalah pelopor penanaman modal asing di Indonesia"


(Soeharto, 03 Maret 1973)


Kedua suara inilah yang menyebabkan gaung ketidakadilan dan ketidakmerataan ekonomi di Papua mulai tumbuh. Yang satu menjual bangsanya sendiri dan yang satu menjajah bangsa orang Amungme.


Masihkah Pemerintah terus berdiam diri melihat duka orang Amungme yang bertahan dengan hanya memandang tanah dan gunung keramat mereka sudah berubah ? dan menjadi milik bangsa lain ? Atau kita yang tega menjual tanah mereka dengan segelintir kekayaan ?



—————kisah ini diceritakan oleh Yesaya Haluk, seorang Pemuda Papua yang menjadi mahasiswa di salah satu Universitas di Bali dengan terisak dan tangisan hati yang memilukan– Sabarlah Pace….————–


1321940846252602752


ilustrasi dialog SBY and Obama


SBY : Men, masih banyak tuh SDA dan energi yang masih bisa lo jarah, yaa asal harganya pas gue lepas deh…


Obama : Yang bener lo, berapa lo mau gua kasih deh tapi ntu kalau ada yg protes-protes diberesin dulu ya, udah gue siapin tuh pangkalan di Aussie, ok khan Sob? hehehehe……..

Agung Soni


   
   
Atlantis dan Indonesia
November 22, 2011 at 4:20 PM
 
Indonesia sebuah negeri dengan posisi yang strategis antara 2 benua dan 2 samudera dan ada yang bilang kalau Indonesia adalah bekas reruntuhan benua atlantis benarkah itu mungkin kita hanya bisa memeriksanya bila kemudian hari mesin waktu telah di temukan.menurut sebuah buku yang saya dengar atlantis adalah sebuah benua yang tenggelam ke dasar laut yang pertama kali di kemukan oleh Plato seorang filsuf di masa yunani kuno. di masa itu konon kabarnya orang-orang atlantis telah menguasai teknologi yang teramat maju pada zamanya bisa di bilang benua ini seperti sebuah benua yang di huni alien.karena mereka memang berbeda dengan penghuni benua lain.di karuniai tanah yang subur otak yang pintar membuat benua ini mampu membuat peralatan yang canggih bahkan ada yang menyebut mereka mampu membuat mesin waktu.tapi di dunia ini tak ada yang sempurna ternyata menurut sebuah literature ada sebuah gunung berapi aktif di sana dan gunung itulah cikal bakal ke hancuran atlantis.ledakan besar memporak porandakan benua tersebut bahkan sampai saat ini reruntuhanya pun letaknya masih dalam perdebatan.ada yang bilang di samudera atlantik yang kebetulan namanya cukup mirip,ada yang bilang di yunani,ada yang bilang di dekat turki bahkan ada yang menyebut ada di Indonesia

prof Arisio Nunes dos santos namanya dengan bukunya berjudul The Lost Continent Finally Found menerangkan hipotesanya yang berbeda dengan sejarawan lain.pendapatnya bukan tanapa dasar menurutnya pulau-pulau di indonesia terutama di sekitar selat sunda adalah bekas reruntuhanya,kalau di pikir-pikir memang ada benarnya tapi ada juga kekuranganya memang tanah di indonesia subur dengan gunung berapi di dalamnya nmaun untuk manusia nya yang cerdas di banding dengan manusia indonesia mungkin sangat jauh.lalu penduduk indonesia sekarang nenek moyang nya mungkin bukan dari penduduk atlantis lalu kemana penduduk atlantis yang tersisa apakah sudah punah apa membentuk bangsa baru?

apa juga hubungan atlantis dengan indonesia ternyata banyak kesamaan salah satunya tentang gunung berapi nya indonesia di sebut cincin api karena di lewati 2 deretan pegunungan api di dunia dan bertemu di maluku tak heran di bawah bumi indonesia seperti ada sarang naga yang sewaktu-waktu bisa melepaskan kemarahanya berupa api.yang pertama deretan pegunungan mediterania yang di awali dari laut mediterania antara benua eropa dan afrika bertemu di maluku dan circum pasifik pegununga api di samudera pasifik juga bertemu di maluku saya mencatat ada 3 gunung api di indonesia yang pernah meledak dahsyat pertama gunung toba yang sekarang jadi danau toba,gunung krakatau yg sekarang jadi anak krakatau dan gunung tambora yang sekarang jadi hanya tersisa reruntuhanya saja pernah meluluh lantahkan indonesia bisa jadi kalau indonesia dulu memang bagian dari atlantis ada satu kecocokan mungkin dulu indonesia utuh tapi karena pergeseran sesar gempa kemudian ada bagian yang tenggelam letusan gunung berapi bisa di tebak indonesia adalah sebuah benua di atas sarang naga indonesia adalah benua atlantis yang hilang.


   
   
Ingin Tahu Wajah Pesawat Terbang Masa Depan?
November 22, 2011 at 4:15 PM
 
Headline
Para penumpang nantinya bisa berjalan di atap pesawat masa depan ini saat melayang untuk melihat pemandangan di langit. Pesawat masa depan ini jelas tampak menakjubkan.

Perancang asal Portugis, Tagro Barros, berhasil merancang pesawat awan pertama dunia. Ia yakin, ide revolusioner ini segera menjadi kenyataan. Passing Cloud ini merupakan ide untuk mode transportasi yang dirancang untuk pelancing yang tak ingin terganggu pada tujuan perlajanan seperti dikutip DM.

Pesawat yang digerakkan angin ini akan melayang di Amerika Serikat (AS) dan memberi para penumpangnya pemandangan unik. Barros mengatakan, "Tujuan proyek ini adalah meminalisir jejak karbon dan memberi alat transportasi yang inovatif, estetik dan dinamis".

Di sisi lain, Barros berharap ingin rancangan pesawatnya segera diproduksi namun ia tak tahu kapan pesawat ini akan dibuat. "Hanya butuh waktu dan kesempatan. Namun, target awal saya sudah tercapai, yakni menunjukkan rancangan pesawat ini


   
   
NASA Tunda Peluncuran 'Penjelajah Mars Terbesar'
November 22, 2011 at 4:07 PM
 
Headline
NASA mengumumkan bahwa mereka menunda peluncuran kendaraan penjelajah Mars terbesar ke Planet Merah tersebut.Pihak agensi luar angkasa tersebut mengatakan bahwa mereka menunda peluncuran kendaraan penjelajah terbesar tersebut hingga 26 November.

"Penundaan ini akan memungkinkan tim kami untuk memindahkan serta mengganti baterai sistem penerbangannya," ujar pihak NASA dalam sebuah pernyataannya. Demikian seperti yang dikutip dari ST.

Peluncuran kendaraan yang dikenal dengan nama Curiosity tersebut direncanakan akan mengambil waktu pada pukul 10:02 (1502 GMT), Sabtu 26 November di Cape Canaveral Air Force Station, Florida.

Curiosity sendiri adalah sebuah kendaraan robotik yang dilengkapi dengan kamera video dan banyak perangkat mobile untuk menganalisa batu dan tanah di planet Mars.


   
   
Putroe Phang yang Tak Dihargai
November 22, 2011 at 5:11 AM
 
Namanya Puteri Kamaliah. Tapi orang Aceh memanggilnya dengan sebutan Putroe Phang. Permaisuri Sultan Iskandar Muda ini punya peranan penting dalam membuat aturan dan tata krama kehidupan masyarakat Aceh.





Adat bak Po Meureuhom // Hukum bak Syiah Kuala // Qanun bak Putroe Phang // Reusam bak Bentara


Rasanya, hampir tak ada orang Aceh yang tak mengenal semboyan itu: Adat berpegang pada Mahkota Alam, hukum (syariat) pada Syiah Kuala, Qanun pada Putroe Phang, dan Reusam pada laksamana.


Kalimat Qanun bak putroe Phang, konon muncul karena sang permaisuri cerdas dan bijaksana dalam memutuskan perkara dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.


Syahdan, Ada satu kasus menarik yang menunjukkan kebijaksanaan Putroe Phang. Suatu hari, ada kasus yang dihadapi pembagian harta warisan antara anak laki-laki dan perempuan. Mereka diwarisi rumah dan sepetak sawah oleh orang tuanya. Si anak perempuan tidak terima ketika dia mendapat jatah sawah dan anak laki-laki memperoleh warisan rumah.


Anak perempuan itu lantas kembali memperkarakan kasus itu. Rupanya, kasus itu sampai pula ke telinga Putroe Phang. Oleh Putroe Phang, warisan itu dibalik. perempuan mendapat warisan rumah dan laki-laki diberi sawah. Alasannya, laki-laki yang tidak punya rumah bisa tidur di meunasah, hal yang tidak mungkin dilakukan oleh perempuan. Lagi pula, laki-laki punya tenaga untuk menggarap sawahnya.



Putusan itu diterima semua pihak, termasuk Sultan Iskandar Muda. Bahkan, hingga saat ini, di beberapa daerah di Aceh, tradisi memberi warisan rumah untuk perempuan masih dipelihara. Sampai-sampai orang Aceh menyebut 'Po rumoh' untuk istrinya. Artinya, sang empunya rumah.


Maka, sejak itulah, Putroe Pang menjadi rujukan dalam penyelesaian masalah hukum dalam kehidupan sehari-hari. Ia pun sering terlibat dalam penyusunan qanun atau peraturan kerajaan.


Berasal dari Kerajaan Pahang, Malaysia, Putroe Phang dinikahi Sultan Iskandar Muda ketika menaklukkan semenanjung Malaka pada abad ke-17, masa keemasan Kesultanan Aceh Darussalam.


Dari cerita yang beredar, Sultan Iskandar Muda meminang Putroe Phang melalui proses 'pertukaran permaisuri': Iskandar Muda menikahi Putroe Phang, dan Sultan Pahang Raja Abdullah menikahi permaisuri pertama Iskandar Muda, Puteri Sendi Ratna Indra. Hal itu dilakukan untuk menguatkan pengaruh penyebaran Islam sekaligus menyingkirkan imperialisme Barat di kawasan selat Malaka.


Perkawinan Sultan Iskandar Muda dengan Puteri Kamaliah dianugerahi dua anak: Meurah Pupok dan Puteri Sari Alam. Kelak, Sari Alam naik tahta menggantikan suaminya Sultan Iskandar Tsani dengan gelar Sultanah Tajul Alam Safiatuddin.


Selain berwatak tegas, Sultan Iskandar Muda rupanya pribadi yang romantis. Tak banyak literatur tentang ini. Tapi simaklah sepucuk surat balasannya kepada Ratu Inggris Elizabeth 1 seperti dikutip sejarawan Prancis Denys Lombard dalam bukunya Kerajaan Aceh: Zaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Begini bunyinya: "Hambalah sang penguasa perkara negeri-negeri di bawah angin, yang terhimpun di atas tanah Aceh dan atas tanah Sumatera dan atas seluruh wilayah-wilayah yang tunduk kepada Aceh, yang terbentang dari ufuk matahari terbit hingga matahari terbenam."


Sayangnya, kita tak menemukan surat-surat cinta Iskandar Muda untuk Putroe Phang. Namun, sebagai bukti cintanya kepada Putroe Phang, Sultan membangun Gunongan dan Pinto Khob sebagai tempat pemandian sekaligus bercengkrama untuk sang permaisuri. Taman ini terhubung dengan istana Darud Dunya (sekarang meuligoe gubernur).


Taman Putroe Phang dulunya satu kesatuan dengan Gunongan. Dalam kitab Bustanus Salatin yang ditulis ulama Nuruddin Ar-Raniry, taman itu disebut Taman Ghairah. Di tengah kolam, berdiri Pinto Khop yang artinya pintu mutiara keindraan atau kedewaan/raja-raja.


Menurut pengusaha emas Harun Keuchiek Leumiek, motif gerbang Pinto Khob-lah yang kini dijadikan motif perhiasan dengan nama Pinto Aceh.



Sayangnya, kini taman yang terletak di pusat kota Banda Aceh itu seperti terlantar. Sampah plastik bertebaran di dalam kolam. Ironis, mengingat sang permaisuri punya peranan penting dalam membuat tata krama kehidupan masyarakat Aceh.


Mungkinkah Putroe Phang lupa membuat aturan menghargai tempat bersejarah? Ataukah kita yang tak mau menghargai?


   
   
Inikah Wujud Tengkorak "Alien"?
November 22, 2011 at 5:06 AM
 


Tengkorak berbentuk aneh yang oleh beberapa orang diduga sebagai tengkorak alien




Tengkorak alien dalam film Indiana Jones (kiri) dan bentuk kepala orang-orang Indian Chinook yang dibentuk sat masih bayi dengan menahannya menggunakan lempengan kayu dan kain.

Sebuah tengkorak ditemukan di Andahuaylillas, selatan Provinsi Quispicanchi, Peru. Tengkorak itu begitu aneh, berukuran hampir 50 cm, sehingga beberapa kalangan bertanya-tanya, inikah tengkorak alien?

Renato Davila Riquelme yang bekerja di Museum Privado Ritos Andinos, penemu tengkorak itu, mengatakan bahwa meski mirip manusia, lubang mata tengkorak jauh lebih besar dari tengkorak manusia mana pun.

Keanehan lain, ada bagian lunak di tengkorak, disebut fontanelle, yang biasa dijumpai pada bayi. Meski demikian, tengkorak memiliki dua gigi geraham besar yang hanya didapati pada manusia dewasa.

Riquelme mengatakan bahwa tiga antropolog dari Rusia dan Spanyol telah datang ke museumnya. Mereka sepakat bahwa tengkorak itu bukan milik manusia.

"Meski evaluasi masih dangkal, bisa dipastikan bahwa fitur-fiturnya tidak merujuk pada etnis apa pun di dunia," kata Riquelme seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (19/11/2011).

Analisis lebih lanjut akan dilakukan. Adanya sisa bola mata pada bagian kanan lubang mata di tengkorak memungkinkan ilmuwan melakukan analisis DNA untuk memastikan apakah tengkorak itu benar-benar milik alien.

Selain tengkorak ini, ditemukan pula fosil lain yang sudah terkesan tak berwajah. Fosil itu dibungkus oleh sebuah lapisan sebagaimana layaknya plasenta.

Meski beberapa kalangan menduga bahwa tengkorak ini milik alien, sebenarnya ada penjelasan lain. Di masa lalu, ada praktik memanjangkan kepala untuk tujuan status sosial.

Pembentukan biasanya dilakukan dengan membungkus kepala menggunakan kain secara ketat. Sementara itu, praktik membuat kepala lebih datar dilakukan dengan kayu.

Biasanya, pembentukan dilakukan pada saat bayi karena kepala masih lunak. Pembentukan bisa dimulai satu bulan setelah bayi lahir dan berjalan hingga 6 bulan sesudahnya.

Daily Mail


   
   
November 22, 2011 at 3:45 AM
 

NASA/JPL-Caltech/University of Arizona
Kawah Rabe yang berwarna biru di Planet Merah.

ESA/DLR/FU Berlin (G. Neukum)

Kawah Eberswalde di Mars (lingkaran di kanan) dahulu diduga sebagai danau yang berisi air. Di sebelah kiri adalah Kawah Holden yang lebih besar.

NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona
Citra yang memperlihatkan garis-garis yang diyakini kuat bukti aliran air di tepian-tepian cekungan di Planet Mars.

ESA
Latihan melakukan aktivitas di lingkungan serupa permukaan Planet Mars menggunakan pakaian luar angkasa
Foto:



Mars dikenal sebagai "bintang api" oleh astronom kuno China. Peneliti masa kini sering menyebutnya sebagai planet merah.

Meskipun puluhan wahana ruang angkasa telah dikirimkan ke Mars, masih banyak hal yang menjadi teka-teki dan memunculkan pertanyaan mengenai planet tersebut. Inilah beberapa misteri Planet Mars yang menarik disimak, seiring dengan rencana NASA meluncurkan wahananya, Mars Science Laboratory Curiosity, ke sana pada 25 November mendatang.

1. Mengapa Mars memiliki dua wajah berbeda?

Para peneliti sejak lama bertanya-tanya mengapa dua sisi Planet Mars memiliki perbedaan yang mencolok? Belahan utara Mars bisa dikatakan datar dan berupa dataran rendah, bahkan termasuk salah satu permukaan paling datar, paling halus di tata surya. Kondisi itu barangkali terbentuk oleh air yang diduga pernah mengalir di permukaan planet merah.

Sementara itu, kebalikannya, belahan selatan Mars memiliki permukaan yang terjal, berkawah, dan sekitar 4 km hingga 8 km lebih tinggi dibanding belahan utara. Bukti-bukti terkini memunculkan perkiraan bahwa perbedaan antara sisi utara dan selatan Mars itu diakibatkan oleh batu raksasa dari ruang angkasa yang menghantam Mars pada masa lalu.

2. Dari mana asal gas metana di Mars?

Metana—molekul organik paling sederhana—pertama kali ditemukan di atmosfer Mars oleh wahana Mars Express milik Badan Antariksa Eropa pada tahun 2003. Di Bumi, sebagian besar gas metana di atmosfer dihasilkan oleh makhluk hidup. Gas metana diduga sudah ada di atmosfer Mars sejak 300 tahun lalu. Artinya, apa pun sumbernya, keberadaan gas tersebut belum lama.

Meski begitu, gas metana bisa juga muncul di luar kehidupan, seperti misalnya dari aktivitas vulkanik. Wahana ExoMars milik ESA yang akan diluncurkan pada 2016 bakal meneliti komposisi kimia atmosfer Mars dan mempelajari keberadaan metana di sana.

3. Di manakah lautan Mars?

Banyak misi ke Mars menemukan bukti-bukti bahwa planet tersebut pernah memiliki kondisi cukup hangat sehingga air tidak membeku dan bisa mengalir di permukaannya. Bukti-bukti itu antara lain berupa wilayah yang seperti bekas lautan, jaringan-jaringan lembah, delta-delta sungai, dan sisa-sisa mineral yang seolah terbentuk oleh air.

Meski begitu, pemodelan iklim Mars belum bisa menjelaskan bagaimana temperatur hangat itu bisa terjadi, mengingat cahaya Matahari jauh lebih lemah dahulu. Ada dugaan, bentuk-bentuk di atas terbentuk bukan oleh air, melainkan oleh angin atau mekanisme lain. Namun masih tetap ada bukti bahwa Mars pernah cukup hangat untuk mendukung keberadaan air dalam bentuk cair, setidaknya di satu tempat di permukaannya.

4. Apakah ada air mengalir di permukaan Mars saat ini?

Meski sebagian besar bukti menunjukkan bahwa air pernah mengalir di permukaan Mars, masih menjadi teka-teki apakah masih ada air yang mengalir di permukaan planet tersebut saat ini. Tekanan atmosfer Mars terlalu rendah, sekitar satu per seratus tekanan di Bumi sehingga air sulit berada di permukaannya. Namun ada jalur gelap dan sempit di lereng-lereng Mars yang memunculkan dugaan bahwa ada air yang mengalir tiap musim semi.

5. Apakah ada kehidupan di Mars?

Wahana pertama yang berhasil mendarat di Mars, Viking 1 milik NASA, memunculkan teka-teki yang masih misterius saat ini: Adakah bukti kehidupan di Mars? Viking adalah wahana yang secara khusus ditugaskan untuk mencari kehidupan di Mars, dan apa yang ditemukan masih menjadi perdebatan hingga hari ini. Wahana itu telah menemukan adanya molekul organik seperti metil klorida dan dichloromethane. Walau demikian, senyawa-senyawa itu bisa jadi merupakan kontaminasi dari Bumi yang terbawa saat wahana bersiap meluncur di Bumi.

Permukaan Mars sendiri sangat tidak bersahabat bagi makhluk hidup dalam hal suhu yang sangat rendah, radiasi, kondisi kering, dan faktor-faktor lain. Walau begitu, ada makhluk-makhluk hidup yang bisa bertahan di lingkungan ekstrem di Bumi, seperti di Lembah Kering Antartika yang dingin dan kering, atau wilayah amat kering di Gurun Atacama di Cile.

Secara teori, selalu ada kehidupan, seperti ada air dalam bentuk cair di Bumi. Kemungkinan pernah adanya lautan di Mars memunculkan pertanyaan apakah pernah ada kehidupan di sana. Bila ada, apakah sampai saat ini makhluk-makhluk hidup itu tetap eksis? Jawaban atas pertanyaan itu mungkin membantu memberikan sedikit pencerahan terhadap pertanyaan seberapa umumkah kehidupan di jagat raya.

6. Apakah kehidupan di Bumi berawal dari Mars?

Meteorit yang ditemukan di Antartika dan berasal dari Mars—terlempar dari planet merah akibat tabrakan kosmis—memiliki struktur serupa dengan batuan yang dihasilkan mikroba di Bumi. Meski penelitian lebih jauh menunjukkan bahwa struktur itu terbentuk karena proses kimia dan bukan biologi, perdebatan mengenai Mars sebagai asal-usul kehidupan di Bumi masih berlanjut. Beberapa orang masih memegang teori bahwa kehidupan di Bumi berasal dari Mars, dan terbawa ke Bumi bersama meteorit.

7. Bisakah manusia hidup di Mars?

Untuk menjawab apakah kehidupan pernah ada atau masih ada di Mars, barangkali manusia perlu pergi ke sana dan mencarinya sendiri.

Pada tahun 1969, NASA pernah merencanakan misi berawak ke Mars pada tahun 1981 dan membangun stasiun permanen di sana tahun 1988. Namun perjalanan antarplanet itu ternyata menghadapi tantangan ilmiah dan teknologi yang tidak kecil.

Para ilmuwan harus mengatasi berbagai masalah perjalanan antarplanet, seperti makanan, air, oksigen, efek gravitasi mikro, kemungkinan radiasi yang berbahaya, dan kenyataan bahwa astronot yang pergi ke sana akan berada jutaan kilometer dari Bumi sehingga tidak mudah untuk mendapat bantuan bila terjadi sesuatu. Selain itu, mendarat, bekerja, dan hidup di planet lain lalu kembali ke Bumi bukan perkara mudah.

Meski begitu, banyak peneliti yang ingin melakukan misi itu. Tahun ini, enam sukarelawan hidup terisolasi seolah sedang berada dalam wahana ruang angkasa selama 520 hari dalam proyek yang disebut Mars500. Simulasi penerbangan ruang angkasa terlama ini bertujuan untuk meniru perjalanan ke Mars.

Banyak sukarelawan bahkan bersedia diterbangkan ke Mars meski kemungkinan tidak bisa kembali. Berbagai rencana juga dibuat, misalnya dengan mengirimkan mikroba pemakan batu terlebih dahulu, sebelum manusia didatangkan. Teka-teki mengenai apakah manusia akan pernah menjejakkan kaki ke Mars memang masih tergantung pada alasan, mengapa kita harus mencoba menjelajahi planet merah itu.
SPACE.com


   
   
November 22, 2011 at 3:43 AM
 


Tengkorak berbentuk aneh yang oleh beberapa orang diduga sebagai tengkorak alien




Tengkorak alien dalam film Indiana Jones (kiri) dan bentuk kepala orang-orang Indian Chinook yang dibentuk sat masih bayi dengan menahannya menggunakan lempengan kayu dan kain.

Sebuah tengkorak ditemukan di Andahuaylillas, selatan Provinsi Quispicanchi, Peru. Tengkorak itu begitu aneh, berukuran hampir 50 cm, sehingga beberapa kalangan bertanya-tanya, inikah tengkorak alien?

Renato Davila Riquelme yang bekerja di Museum Privado Ritos Andinos, penemu tengkorak itu, mengatakan bahwa meski mirip manusia, lubang mata tengkorak jauh lebih besar dari tengkorak manusia mana pun.

Keanehan lain, ada bagian lunak di tengkorak, disebut fontanelle, yang biasa dijumpai pada bayi. Meski demikian, tengkorak memiliki dua gigi geraham besar yang hanya didapati pada manusia dewasa.

Riquelme mengatakan bahwa tiga antropolog dari Rusia dan Spanyol telah datang ke museumnya. Mereka sepakat bahwa tengkorak itu bukan milik manusia.

"Meski evaluasi masih dangkal, bisa dipastikan bahwa fitur-fiturnya tidak merujuk pada etnis apa pun di dunia," kata Riquelme seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (19/11/2011).

Analisis lebih lanjut akan dilakukan. Adanya sisa bola mata pada bagian kanan lubang mata di tengkorak memungkinkan ilmuwan melakukan analisis DNA untuk memastikan apakah tengkorak itu benar-benar milik alien.

Selain tengkorak ini, ditemukan pula fosil lain yang sudah terkesan tak berwajah. Fosil itu dibungkus oleh sebuah lapisan sebagaimana layaknya plasenta.

Meski beberapa kalangan menduga bahwa tengkorak ini milik alien, sebenarnya ada penjelasan lain. Di masa lalu, ada praktik memanjangkan kepala untuk tujuan status sosial.

Pembentukan biasanya dilakukan dengan membungkus kepala menggunakan kain secara ketat. Sementara itu, praktik membuat kepala lebih datar dilakukan dengan kayu.

Biasanya, pembentukan dilakukan pada saat bayi karena kepala masih lunak. Pembentukan bisa dimulai satu bulan setelah bayi lahir dan berjalan hingga 6 bulan sesudahnya.

Daily Mail


   
   
Google Map Deteksi Struktur Misterius di Gurun Gobi, Tiongkok (Foto)
November 22, 2011 at 3:37 AM
 
alt



Satelit Google Map telah mendeteksi adanya serangkaian struktur aneh di sepanjang Gurun Gobi, Tiongkok.






alt



Di internetpun muncul sejumlah teori tentang apa tujuan mereka, dan beberapa pendapat mulai mengemuka dari para pembaca QR tentang seputar latihan target satelit militer.



alt



Untuk lebih mengetahui, mereka beralih ke perbatasan provinsi Gansu dan Xinjiang barat laut Tiongkok—wilayah yang digunakan untuk membangun sarana militer dan peralatan nuklir.




alt



Sejumlah lokasi yang kurang dari 100 mil dari Jiuquan, di mana pusat program dan landasan peluncuran antariksa Tiongkok juga dapat ditemukan.



alt



Beberapa pengguna internet telah mencoba untuk overlay salah satu struktur aneh tersebut pada berbagai peta kota di AS, karena adanya kekhawatiran kemungkinan tujuan militer mengerikan di balik mereka.



Yang lain menunjukkan bahwa jika Tiongkok ingin menyerang sebuah kota AS, hal ini tidak membutuhkan pemetaan di padang pasir.




Yang juga memicu misteri ini adalah karena sulitnya memaparkan apa struktur tersebut—apakah mereka mencat atau melakukan penggalian.



Namun setelah di-zoom, pesawat dan truk terbakar dapat dilihat pada beberapa foto, yang menunjukkan bahwa kemungkinan mereka memang telah ditargetkan.



Ini adalah kali kedua dalam beberapa hari foto-foto raksasa yang kemungkinan sebagai fasilitas rahasia dipublikasikan.



Minggu lalu telah diterbitkan gambar beberapa fasilitas Iran yang oleh PBB dikatakan dapat digunakan untuk mengembangkan senjata nuklir.




Beberapa gambar satelit dari Arak dan Natanz menunjukkan telah terjadinya perubahan pada sejumlah fasilitas di wilayah itu dibandingkan dengan gambar yang diperoleh pada Oktober 2010.


Gambar-gambar yang telah dirilis Google sesuai dengan laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA): "keprihatinan serius akan dimensi militer pada program nuklir Iran".


   
   
Tanjung Balai Tempo Doeloe
November 22, 2011 at 3:30 AM
 


Konon katanya Tanjung Balai merupakan kota pelabuhan terpenting di Sumatra Utara, bahkan dahulu orang ke Mekkah dalam rangka menunaikan Ibadah Haji diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Balai yang dulunya lokasi pelabuhan Tanjung Balai ini disebut Bom. Bukti sejarah lainnya tentang pentingnya Kota ini pada jamannya adalah adanya rel keretapi yang dibangun Perusahaan Belanda DSM (Maskapai Kereta Api Deli) hingga kepinggir pantai Tanjung Balai dan pelabuhan Teluk Nibung




Kini sisa-sisa pelabuhan bersejarah ini hampir habis, disamping sungainya terjadi pendangkalan (tak pernah diuruk) dan pelabuhan antar pulaunya dipindah ke pelabuhan Teluk Nibung. Begitu banyak bangunan bersejarah di Tanjung Balai ini yang punah (bahkan dipunahkan), sangat disayangkan jika kita mengingat bahwa potensi wisata sejarah ini bisa menjadi sumber pendapatan daerah.




Tapi…pemimpin kota bersejarah ini dari dahulu hingga sekarang tampaknya kurang sadar wisata dan kurang kreatif. Banyak sekali putra daerah Tanjung Balai yang berpotensi kreatif namun sangat disayangkan pemerintah daerah kurang bijak dan proaktif membedayakan mereka. Pengembangan kota Tanjung Balai sebagai tujuan wisata religi,wisata bahari,wisata budaya adalah merupakan potensi besar sebagai sumber pendapatan masyarakat (mengingat kota ini tergolong minus dan lahannya yang sempit). Putra-putri daerahnya yang banyak bertebaran diperantauan kurang diperhatikan.




Letak strategis kota ini yang berseberangan dengan Malaysia dan Singapura seharusnya menjadi pertimbangan optimis dalam mengembangkan berbagai infrastruktur agar mendorong minat turis mancanegara untuk berkunjung ke kota bersejarah ini. Jarak tempuh kapal laut dari Tanjung Balai ke Malaysia lebih kurang 9 jam. Banyak lagi hal-hal lain yang dapat dikembangkan di Tanjung Balai ini demi kesejahteraan masyarakat sehingga Tanjung Balai ini tidak terus menerus terkelompok dalam daerah minus. Persoalan sempitnya lahan (wilayah) yang dimiliki seharusnya tidak menjadi alasan terbelakangnya kota ini demikian juga soal dana, semuanya tergantung pada daya kreatif dari pemimpinnya serta para cendekiawan putra daerah Tanjung Balai ini.

Toto Pardamean


Media Files
Pelabuhan+Tanjung+Balai+%2528BOM%2529.jpg (JPEG Image)
   
   
Masjid Raya Al Mashun, Medan
November 22, 2011 at 3:28 AM
 
Satu lagi peninggalan Sultan Deli, yaitu Masjid Raya Al Mashun Masjid dibangun dengan bentuk segi 8 dan memiliki 4 sayapyang berjarak tak jau dari Istana Maimun. Menurut beberapa informasi: masjid mulai dibangun tanggal 1 Rajab 1324H atau 21 Agustus 1906 dan selesai 10 Sept 1909 oleh Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. beberapa bahan dekorasi dibuat dari Italia dan jerman serta konon dulunya menjadi satu bagian dengan komplek istana. Masjid yang dirancang oleh Dingemans dari Amsterdam memiliki gaya yang diambil dari budaya Timur tengah, India, dan Spanyol.

Jika anda berkunjung….jangan lupa Shalat disana dan menikmati ornament ukiran tumbuhan dan bunga yang menjadi hiasan disana. Sewaktu Jumat kemarin (18/11.2011) Masjid tersebut sangat ramai yang mengikuti Shalat Juma'at.

Bagi yang mau berlibur di Medan, Di depan Masjid tersebut juga ada sebuah Hotel Bintang 4 dengan nuansa Islami yang bernama Hotel Madani.


13218459092099913489

Masjid Raya Al Mashun - Medan
Indahnya Indonesia yang beragam untuk I Love Indonesia
agus


   
   
Dua Tengkorak Dapat Menjawab Misteri Alien
November 22, 2011 at 3:21 AM
 

Tengkorak alien? (dailymail.co.uk)

Dalam kerangka itu tengkoraknya sangat lembut, yang merupakan karakteristik anak 1 tahun.
Penemuan dua tengkorak mumi panjang di Peru yang memiliki ukuran yang berbeda dengan ukuran normal tengkorak manusia dapat menjawab eksistensi alien.

Mumi pertama, dengan kepala tengkorak yang memiliki ukuran lebih besar 50 cm (20 inchi). Penemuan ini merupakan satu dari dua penemuan sebelumnya di kota Andahuaylillas, bagian selatan Quispicanchi, Peru.

Kerangka tersebut ditemukan oleh Renato Davila Riquelme, yang bekerja di Museum Privado Ritos Andinos, di Cusco, Peru Tenggara. Ia mengatakan bahwa lubang mata kerangka tersebut lebih lebar dari ukuran normal mata manusia pada umumnya. Dalam kerangka itu juga tengkoraknya sangat lembut, yang merupakan karakteristik pada anak berusia satu tahun, ini disebut open fontanelle. Tengkorak juga mempunyai geraham yang lebar yang hanya ditemukan pada orang manula.

David mengatakan tiga antropologis dari Spanyol dan Rusia, telah datang ke museum pada pekan lalu untuk menginvestigasi penemuan ini dan mereka sepakat bahwa ini bukan seorang manusia. Mereka juga akan melakukan studi lebih lanjut soal ini.

"Meskipun penilaian dari luaran, ini sangat jelas tidak sesuai dengan setiap kelompok etnis di dunia," sebutnya. Bekas bola mata dalam rongga akan membantu menentukan genetic DNA dan menuntaskan kontroversi apakah ini manusia atau tidak.

Mumi yang kedua ditemukan tidak lengkap, hanya berukuran 30 cm (12 inchi). Mumi ini tidak mempunyai wajah dan tampak terbalut dalam sebuah jaringan plasenta, menunjukkan mumi sedang mengandung janin.

Bekas mumi tersebut yang sangat menyerupai tengkorak Kristal segitiga pada 2008 dalam Film Indiana Jones dan Kingdom of The Crystal Skull, yang ternyata alien asli dan memiliki kekuatan supranatural.


   
   
Dibantah, Partikel Lebih Cepat dari Cahaya
November 22, 2011 at 3:19 AM
 
Sebuah eksperimen lain membuktikan teori itu salah.

Ilustrasi kecepatan cahaya (picturetron.com)

Sekelompok ilmuwan internasional di Italia yang juga mempelajari partikel neutrino menyatakan tak benar ada partikel yang lebih cepat dari cahaya. Mereka membantah penemuan rekan-rekan mereka dari tim OPERA yang membuat penelitian di laboratorium Gran Sasso dan melansirnya pada September lalu.


Tim OPERA menyatakan, mereka merekam neutrino yang dipancarkan dari pusat riset CERN di Swiss datang dalam 60 nanodetik sebelum cahaya tiba. Namun, menurut tim dari ICARUS, penemuan OPERA kemungkinan berdasarkan premis yang salah.


ICARUS yang juga melakukan eksperimen yang sama di Gran Sasso menyatakan, hasil penelitian mereka membuktikan penemuan OPERA tak benar. Dalam makalah yang diterbitkan Sabtu 19 November 2011, di situs yang sama dengan hasil yang diterbitkan OPERA, ICARUS menyatakan penemuan mereka "membantah sebuah intrepretasi superluminal (lebih cepat dari cahaya) oleh hasil OPERA."


ICARUS beralasan, berdasarkan studi sebelumnya oleh dua fisikawan Amerika Serikat, bahwa neutrino yang dipompakan dari CERN, dekat Jenewa, telah kehilangan sebagian energi mereka jika melakukan perjalanan yang sedikit saja melampaui cahaya. Namun faktanya, kata peneliti dari ICARUS, neutrino yang ditembakkan dalam eksperimen diterima kembali dalam spektrum cahaya yang penuh yang berarti dia berjalan dalam kecepatan cahaya, tak lebih.


Fisikawan Tomasso Dorigo, yang juga bekerja di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) dan Fermilab Amerika Serikat dekat Chicago, menyatakan makalah ICARUS "sangat sederhana dan pasti."



Penemuan "partikel yang lebih cepat dari cahaya" ini menggegerkan dunia fisika karena berdasarkan teori relativitas khusus Albert Einstein yang muncul tahun 1905, tak ada materi yang bisa lebih cepat dari cahaya. Teori ini menjadi jantung dari semua kosmos sains.


   
   
NASA Selidiki Apakah Kehidupan Pernah Ada di Mars
November 22, 2011 at 3:18 AM
 
Headline
Pihak NASA akan coba mempelajari apakah benar planet Mars dulu pernah ada kehidupan di dalamnya.

Seperti yang dikutip dari IBTimes, NASA akan melakukan dua buah misi ke Mars; pertama, akan menyelidiki permukaannya, kedua akan mengorbit di atas planet tersebut.

Misi pertama ke Mars tersebut akan bernama Mars Science Laboratory (MSL) yang mana akan menggunakan Curiosity, kendaraan paling besar dan canggih yang pernah digunakan di planet tersebut.

Curiosity rencananya dijadwalkan akan meluncur ke Mars pada Desember 2011. Selain itu, Curiosity juga akan dilengkapi oleh perangkat Goddard Sample Analysis (SAM), yang akan mencari bukti air, karbon, dll.

Misi lainnya yang akan diluncurkan NASA untuk meneliti Mars adalah Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN), yang mana akan diluncurkan pada akhir 2013. MAVEN akan mengorbit di planet Mars untuk meneliti atmosfirnya.

"Tujuan utama dari kedua misi ini aadalah untuk menjawab, apakah pernah ada kehidupan di dalamnya," ujar Paul Mahaffy dari Goddard Space Flight Center, NASA.

Menurut Mahaffy, kedua misi tersebut juga ingin mencari tahu apa yang terjadi serta penyebab kepunahan kehidupan di sana, jika memang ada.

MAVEN diperkirakan akan sampai di Mars pada 2014.


   
   
Otak Albert Einstein Disumbangkan ke Museum
November 22, 2011 at 3:17 AM
 
Headline
Saking berpengaruhnya Albert Enstein, membuat museum rela mempertontonkan potongan otak dari salah satu ilmuwan terbesar sepanjang masa tersebut.

Seperti yang dikutip dari MSNBC, slide yang berisi potongan tipis dari otak Albert Einstein akan dipertontonkan di Mutter Museum, Philadelphia, Amerika Serikat (AS).
Slide dari potongan otak tersebut merupakan donasi dari seorang neuropathologist yang telah menyimpannya selama berpuluh-puluh tahun.
Lucy Rorke-Adams dari Hospital of Philadephia menerima 46 potongan otak dari Albert Einstein sejak tahun 70-an, langsung dari istri Einstein.
Thomas Stolz Harvey, seorang dokter dari Princeton Hospital, melakukan otopsi terhadap Einstein beberapa jam setelah kematiannya pada 1955.
Meski Harvey dan peneliti lainnya tidak menemukan kejanggalan pada otak Einstein, namun mereka menemukan bukti otak fisikawan ternama tersebut memiliki sel glial yang lebih banyak, yang mana berpengaruh terhadap hubungan antara neuron.
"Tampilan otak Einstein terlihat cukup 'muda' di bawah mikroskop; tidak menunjukkan perubahan berarti yang terkait dengan penuaan usia," ujar Rorke Adams.


   
   
Relik 'Tengkorak Kristal' Suku Maya Terbukti Nyata
November 22, 2011 at 3:16 AM
 
Headline
Relik 'tengkorak kristal' peradaban Amerika kuni ini sebelumnya dinyatakan palsu. Namun kini bukti menunjukkan, 'tengkorak kristal' ini merupakan hal nyata.

Tak hanya itu, para ahli yakin, relik yang terkubur bersama pemiliknya antara 250-600 ini diduga kuat merupakan replika 'pelindung tangan' yang dipakai saat suku Maya bermain permainan serupa squash. Perbedaan nyatanya, pihak kalah akan menjadi persembahan.

Menurut kurator museum Justin Jennings, tengkorak ini diberikan pada museumnya pada awal 1970-an. Tengkorak ini terbuat dari batu kapur yang bisa digunakan bangsa ini mengukuri ukiran Maya di kota Palenque.

Di ukuran sebenarnya, tengkorak ini seukuran tengkorak kera, bukan manusia dengan delapan gigi yang terbuat dari kerang dan satu gigi hitam dari besi.

Menurut Jennings seperti dikutip DM, tengkorak ini diduga kuat merupakan simbol pertahanan selama permainan tersebut.

Tengkorak ini merupakan bagian pameran seni Maya di Museum of Toronto di Kanada.


   
   
Tengkorak Alien Ditemukan di Peru!
November 22, 2011 at 3:15 AM
 
Headline
Para ilmuwan telah menemukan sebuah tengkorak aneh di Peru yang diyakini milik dari alien. Seperti apa?

Seperti yang dikutip dari DM, tengkorak berbentuk aneh tersebut sudah membingungkan para antropolog, karena mereka belum bisa memberikan penjelasan yang rasional.

Kedua kerangka tersebut ditemukan di kota Andahuaylillas, selatan provinsi Quispicanchi, Peru.

Ilmuwan yang menemukan kerangka tersebut adalah Renato Davila Riquelme, yang bekerja untuk musium Privando Ritos Andinos di Cusco, tenggara Peru.

"Rongga mata lebih besar ketimbang yang normal terlihat pada manusia umumnya. Lalu ada beberapa keanehan lainnya, yakni ditemukan beberapa titik lembut yang hanya ditemukan pada kerangka anak-anak dan beberapa bagian yang hanya ditemukan pada kerangka orang dewasa," jelas Riquelme.

Riquelme mengatakan bahwa tiga orang antropolog, dari Spanyol dan Rusia, telah datang ke musium pekan lalu untuk menyelidiki temuan tersebut, dan sepakat bahwa tengkorak tersebut bukan manusia, dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

"Meski baru dugaan awal, tapi sudah jelas bahwa tengkorak ini bukan berasal dari kelompok manusia manapun di dunia ini," tambah Riquelme.

Sisa dari bola mata yang ada di rongga mata kerangka tersebut akan mengakhiri kontroversi tersebut, apakah benar kerangka itu dari manusia atau tidak.

Sementara pada kerangka kedua, tidak lengkap anggota tubuhnya, dan hanya berukuran sekira 30 cm.

Penemuan ini mengingatkan kita akan tengkorak kristal di film Indiana Jones (2008) yang ternyata berasal dari alien dan memiliki kekuatan supernatural.


   
   
Ambisi Ilmuwan Bikin Laser Perobek 'Luar Angkasa'
November 22, 2011 at 3:14 AM
 
Headline
Ilmuwan berambisi membuat laser kuat untuk merobek kain luar angkasa di Inggris. Proyek utama setelah Large Hadron Collider (LHC) ini guna mencari tahu apa itu semesta.

Laser ini nantinya mampu menghasilkan sinar yang sangat intens serupa cahaya matahari ke Bumi namun akan fokus pada titik yang lebih kecil. Ilmuwan mengatakan, laser ini mampu mendidihkan kain luar angkasa dan menciptakan ruang hampa.

Pembuatan Extreme Light Infrastructure (ELI) Ultra-High Field Facility ini diharapkan mampu memberi kesempatan ilmuwan membuktikan partikel yang ada dalam ruang hampa memang ada. Ilmuwan yakin, ini akan membantu membuktikan keberadaan dimensi lain.

Kepala ilmuwan untuk proyek ELI, Profesor John Collier, mengatakan, laser ini akan menjadi laser terkuat di Bumi. Laser yang akan menelan dana GBP1 miliar (Rp14,3 triliun) ini ditargetkan selesai 10 tahun mendatang seperti dilaporkan DM.


   
   
Peta Sirah Nabi Muhammad SAW
November 21, 2011 at 6:52 AM
 

QABILAH-QABILAH ARAB


Jazirah Arab terbentang luas, terletak antara benua Asia dan Afrika. Dengan luas kurang lebih 3,1 juta km2, negeri ini bagaikan titik pusat dunia. Lebih dari sepertiga wilayah jazirah ini terdiri dari padang pasir yang tandus. Yang paling luas dan terkenal adalah padang pasir "Ar-Rabi'ul Khaly" yang membentang dari Selatan ke arah utara. Padang pasir inipun dihiasi dengan gunung-gunung batu yang tinggi. Diantara sela-selanya terdapat lembah-lembah yang kadang berair dan kadang keying. Tak ada sungai yang mengalir. Semua gersang. Kerontang!




Pada masa itu Jazirah Arab dibagi ke dalam delapan bagian, yaitu: Hijaz, Yaman, Hadhramaut, Muhrah, 'Uman, Al-Hasa, Najd dan Ahqaf. Masing-masing daerah tersebut memiliki tabiat dan karakter masing-masing.




Hijaz terletak ditepian Taut Merah sebelah Tenggara. Di wilayah inilah terdapat kota Makkah yang ada bangunan Masjidil Haram. Di tengah-tengah masjid ini berdirilah Ka'bah. Rumah suci Ka'bah ini disebut juga dengan "Baitullah".



Yaman berada di Selatan Hijaz. Disebut Yaman sebab berada di sebelah kanan Ka'bah (yamin). Di Yaman ini ada kota-kota bersejarah yang dilukiskan oleh Al-Qur'an dan Hadits Nabi seperti Saba', Shan'aa, Ma'arib, Hudaidah dan Aden. Di Selatan Yaman inilah terdapat Samudra Hindia.




Hadhramaut terletak disebelah Timur Yaman dan tepi Samudra Hindia. Muhrah disebelah.Timur dari Hadhramaut. 'Uman di Utara dan bersambung dengan teluk Persia. Al-Hasa dipantai teluk Persia dan panjangnya sampai ke tepian sungai Euphrat.



Najd terletak antara Hijaz dan negeri Yamamah. Tanahnya datar dan luas. Diutara bersambung dengan Syam, di Timur dengan Iraq. Ahqaf terletak diselatan, sebelah barat Daya dari 'Uman.




Qabilah-qabilah Arab ini memiliki beberapa jenis kulit sesuai dengan asal keturunan nenek moyang mereka. Yang berkulit putih berasal dari Persia, berkulit kuning dari Cina dan yang berkulit hitam berasal dari Afrika. Ketiga macam jenis kulit itu semuanya berasal dari keturunan Nabi Nub yang bernama: Sam, Yafits dan Ham. Dan karena bercampur baur, maka semakin beraneka ragamlah jenis kulit manusia di Jazirah ini.


Secara lebih detail bangsa Arab tersebut dibagi dalam tiga bagian berdasarkan asal usulnya.



1. Bangsa Arab Al-'Arabaa', mereka ini yang Ash dari keurunan Iram bin Sam bin Nuh. Puak ini terurai menjadi bangsa-bangsa: 'Aad, Tsamud, Amim, Amil, Thasam, Jadies, 'Imlieq, Jurhum Ula dan Wabar, dari keturunan ini pulalah lahirnya Isma'il putra nabi Ibrahim as. Bangsa 'Aad dan Tsamud ini pernah dimusnahkan oleh Allah, sebagaimana termaktub didalam Al-Qur'an.





2. Bangsa Arab Al-'Aaribah keturunan Nabi Hud didaerah Yaman. Mereka ini dikenal dengan bangsa Saba'iyyah (Saba). Ketika tanah Yaman dihanyutkan oleh air bah, kerajaan mereka terpecah menjadi tiga kerajaan.




3. Bangsa Arab Al-Musta'rabah adalah yang ditetapkan sebagai bagsa Arab, mereka adalah keturunan Nabi Ismail as, yang nantinya silsilah beliau sampai kepada nabi Muhammad SAW.




Keturunan Ismail yaitu Adnan berkuasa berabad-abad lamanya di jazirah tersebut. Mereka adalah para penjaga rumah suci Ka'bah yang dihormati oleh seluruh qabilah. Namun karena kurang kekuatan, akhirnya keturunan Adnan tersebut diserang oleh raja Babilon dan mereka dapat menguasai Hijaz. Namun setelah menghadapi berbagai peperangan baik dengan bangsa Khuza'ah dan lain-lainnya, akhirnya keturunan Adnan kembali dapat berkuasa di Jazirah tersebut. Dari turunan Ismail (Adnan) inilah nantinya dikenal dengan sebutan Quraisy yang berasal berarti yang dikumpulkan dari sana-sini.



Kemudian bangsa Arab berkembang biak, sampai dimasa kehidupan Rasulullah saw sudah banyak sekali jumlah qabilah qabilah yang terdapat di jazirah tersebut. Diantaranya banu Ghathafan, banu Asad, banu Kalb, banu Syaiban, banu Sulaim, banu Bakr, banu Khuza'ah, Banu Tamiim, banu Aslam, banu Mustholiq dll.




Moral bangsa Arab pada masa jahiliyyah sangat rusak dan bobrok. Mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk seperti minum arak, berjudi, pelacuran, mencuri dan merampok, kejam, memakan bangkai, tidak sopan atau suka bertelanjang, perkelahian dsb. Dan banyak lagi kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya yang mereka lakukan seperti berzina dan menceritakan hal terbut kepada orang lain. Walaupun ada kelebihan pada mereka seperti jujur, konsisten, menghormati tamu dan menghormati hak orang-orang yang dijamin keamanannya.


peta_sirah2


Moral bangsa Arab pada masa jahiliyyah sangat rusak dan bobrok. Mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk seperti minum arak, berjudi, pelacuran, mencuri dan merampok, kejam, memakan bangkai, tidak sopan atau suka bertelanjang, perkelahian dsb. Dan banyak lagi kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya yang mereka lakukan seperti berzina dan menceritakan hal terbut kepada orang lain. Walaupun ada kelebihan pada mereka seperti jujur, konsisten, menghormati tamu dan menghormati hak orang-orang yang dijamin keamanannya.


peta_sirah2

[Download] Peta Siroh Nabi Muhammad SAW; Sumber: Asaduddin Pres; Editor: Abu Fathan ]


Media Files
peta-siroh-nabi-muhammad-saw.pdf (Adobe Acrobat Document, 2.0 MB)
   
   
SIAPA SEBENARNYA ZULKARNAIN?
November 21, 2011 at 6:50 AM
 
caucasus


Sebenarnya pendapat popular bahawa Zulkarnain adalah Iskandar Zulkarnain (Alexander The Great) telah dinafikan oleh ramai sarjana Islam kerana setelah dikaji latarbelakang Iskandar Zulkarnain, ternyata bahawa beliau bukanlah seorang yang berperibadi mulia sebagaimana Zulkarnain yang diberitakan di dalam Al-Qur'an. Atas sebab itu sarjana yang kemudian telah mengkaji lagi dan mencari siapakah sebenarnya Zulkarnain itu.


Wahab bin Munabbih berpendapat bahawa Zulkarnain adalah seorang raja Yaman bernama As-Sha'ab Zulkarnain bin Al-Harith Zu Murathid bin Amru Al-Hammal Zu Manah bin Aad Zu Syidad bin Emir bin Al-Milthat bin Saksak bin Wail bin Himyar bin Saba' bin Yusyiab bin Yi'rab bin Qahtan bin Hud a.s. bin Emir bin Syalikh bin Arfafksyad bin Sam bin Nuh a.s. Menarik juga kisah As-Sha'ab Zulkarnain ini kerana baginda ini dikatakan hidup di zaman Nabi Musa a.s. dan satu lagi perkara menarik ialah bahawa Nabi Khidir a.s. adalah menteri kanan kepada As-Sha'ab dan Khidir a.s. telah mengikuti baginda bersama-sama dalam siri pengembaraan baginda untuk menakluki negeri-negeri lain. Malah Khidir a.s. dikatakan telah menghilangkan diri selepas As-Sha'ab Zulkarnain mangkat.



darialSeorang lagi raja yang dikaitkan dengan Zulkarnain ialah Kaurasyh Al-Ikhmini. Pendapat ini dikemukakan oleh Abul Kalam Azad, bekas Menteri Pendidikan India. Beliau telah menyelidik sejarah Parsi kuno dan menemukan seorang raja yang terbilang sejarahnya. Kaurasyh dikenali oleh orang Greek sebagai Syrus, dan orang-orang Yahudi menggelarnya sebagai Khauras. Selain dari merupakan raja yang agung, Khaurasyh dikatakan bersifat adil, hubungan dengan rakyat jelata adalah baik, dan menunjukkan sifat-sifat kemanusiaan yang mulia.


[Download document file]


Media Files
tembok-zulkarnain1.doc (Microsoft Word Document, 505 KB)
   
   
Bid'ah memakai baju hitam ketika tertimpa musibah
November 21, 2011 at 6:49 AM
 
Di antara tradisi buruk yang berlaku adalah kebiasaan orang-orang mengenakan pakaian warna hitam ketika tertimpa musibah padahal tidak ada dasar hukumnya. Para pembesar Abbasiyah bertanggung-jawab atas bid'ah ini, merekalah yang pertama kali mengadakan tradisi buruk ini, yaitu ketika Marwan Al-Umawi membunuh Ibrahim seorang ulama yang diakui ke-imamannya saat dia mengaku dirinya sebagai khalifah yang baru. Atas kematian itu orang-orang Abbasiyah mengenakan pakaian hitam sebagai bentuk kesedihan atas kematian orang penting mereka.
Sunnahnya adalah mengenakan pakaian putih, baik dalam keadaan senang maupun susah, gembira maupun sedih. Dalam sebuah hadits, dari riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda, "Kenakanlah pakaian warna putih sebab itulah pakaian yang terbaik dan kafankanlah jenazah kamu dengannya." (HR. Abu Dawud, dan At-Tirmidzi. At-Tirmidzi berkata, "Hadits hasan shahih.")

Samurah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, " Kenakanlah pakaian putih, sebab terlihat lebih bersih dan baik dan bungkuslah jenazah kamu dengan kain putih." (HR. At-Tirmidzi) Juga diriwayatkan An-Nasa'i, Ibnu Majah dan Al-Hakim. Al-Hakim berkata, "Hadits shahih atas dasar syarat Al-Bukhari dan Muslim.")

Kesimpulannya: Hadits-hadits di atas dengan jelas menyebutkan sunnah mengenakan pakaian putih dalam situasi apapun.

Di antara tradisi buruk yang berlaku adalah kebiasaan orang-orang mengenakan pakaian warna hitam ketika tertimpa musibah padahal tidak ada dasar hukumnya. Para pembesar Abbasiyah bertanggung-jawab atas bid'ah ini, merekalah yang pertama kali mengadakan tradisi buruk ini, yaitu ketika Marwan Al-Umawi membunuh Ibrahim seorang ulama yang diakui ke-imamannya saat dia mengaku dirinya sebagai khalifah yang baru. Atas kematian itu orang-orang Abbasiyah mengenakan pakaian hitam sebagai bentuk kesedihan atas kematian orang penting mereka.


   
   
Iman Kepada Qada' dan Qadar
November 21, 2011 at 6:42 AM
 
Nabi bersabda :"Ketahuilah seandainya suatu umat berkumpul untuk memberikan manfaat kepadamu maka mereka tidak bisa memberi manfaat tersebut kecuali yang telah ditaqdirkan Allah untukmu dan apabila mereka berkumpul untuk memadharatkanmu maka mereka tidak bisa memadharatkamu kecuali dengan apa-apa yang ditakdirkan oleh Allah atasmu, telah di angkat pena dan telah kering tinta". Di dalam hadits Rasulullah inilah terdapat penjelasan tentang Qodho' dan Qodar, maka wajib bagi seorang hamba untuk mengimaninya. Allah ta'ala mengetahui segala sesuatu yang dikerjakan hamba-Nya berupa kebaikan dan kejelekan dengan terperinci dan ilmunya tidak didahului oleh ketidak-tahuan. Dan Allah maha mengetahui apa yang menimpa seorang hamba dari kebaikan (atau musibah) dan dia telah menuliskannya di lauhul mahfudz. Nabi bersabda :"Sesungguhnya Allah menuliskan takdir semua makhluk ini sejak 50.000 tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi" (HR. Muslim). Beliau juga bersabda :"Sesungguhnya makhluk pertama yang diciptakan Allah adalah al-Qolam lalu Allah mengatakan kepadanya : Tulislah (takdir semua makhluk ini -pent), maka sejak itupun berjalan takdir Allah hingga hari kiamat" (HR. Ahmad 5/317 dan dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Syarh Aqidah Thohawiyah hal. 294)

Seorang hamba tidak akan ditimpa oleh sesuatu pun dari kebaikan dan musibah melainkan yang telah Allah takdirkan baginya. Barangsiapa yang akan Allah beri kebaikan maka tidak ada seorang pun dari penghuni langit dan bumi yang bisa menghalangi kebaikan tersebut, meskipun mereka bersatu-padu. Hal ini telah Allah jelaskan dalam al-Qur'an, "Katakanlah : tidak ada yang menimpa kami melainkan yang telah Allah tuliskan untuk kami" (QS. At-Taubah : 51).

http://salafindo.com/viewartikel.php?ID=78

"Dan tatkala mereka masuk menurut yg diperintahkan ayah mereka, maka (cara yg mereka lakukan itu) tiadalah melepaskan mereka sedikitpun dari takdir Allah, akan tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya'qub yang telah ditetapkannya. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui". (QS.Yusuf : 68)

"Maka Kami selamatkan dia beserta keluarganya, kecuali isterinya. Kami telah mentakdir kan dia termasuk orang-orang yg tertinggal (dibinasakan)". (QS.An Naml : 57)

"Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini ?". Katakanlah: "Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah". Mereka menyembunyikan dalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata : "Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini". Katakanlah :"Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh". Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yg ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yg ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati". (Qs.Ali Imron : 154)

TENTANG QADHA' DAN QADHAR

"Apakah di antara Qadha' dan Qadar terdapat umum & khusus ?"

Istilah Qadha' bila dimutlakkan, maka memuat makna Qadar dan sebaliknya istilah Qadar bila dimutlakkan, maka memuat makna Qadha', Akan tetapi bila dikatakan "Qadha-Qadar", maka ada perbedaan di antara keduanya. Hal ini banyak terjadi dalam bahasa Arab. Satu kata dapat bermakna yang luas ketika sendirian dan punya makna khusus bila disatukan (dikumpulkan). Sebagai contoh dapat dikatakan. "Bila keduanya bersatu maka berbeda dan bila ke duanya dipisah maka bersatu". Maka kata Qadha' dan Qadar termasuk dalam kondisi seperti ini, artinya bila kata Qadha' dipisahkan (dari kata Qadar), maka memuat Qadar dan sebaliknya kata Qadar bila dipisahkan (dari kata Qadha') maka memuat makna Qadha'. Akan tetapi ketika dikumpulkan, kata Qadha' bermakna sesuatu yang ditetapkan Allah pada mahluk-Nya, baik berupa penciptaan, peniadaan maupun perubahannya. Sedangkan Qadar bermakna sesuatu yang telah ditentukan Allah sejak zaman azali. Inilah perbedaan antara kedua istilah tersebut. Maka Qadar ada lebih dahulu kemudian disusul dengan Qadha'.

(Disalin kitab Al-Qadha' wal Qadar edisi Indonesia Tanya Jawab Tentang Qadha dan Qadar, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin', terbitan Pustaka At-Tibyan)

note : artikel di atas telah dimuat dalam Labbaik, edisi : 025/th.03/Sya'ban-Ramadhan 1427H/2006M


   
   
W A H Y U
November 21, 2011 at 6:41 AM
 

Dikatakan "wahaitu ilaihi" atau "auhaitu" bila kita berbicara kepada seseorang agar tidak diketahui orang lain. Wahyu adalah isyarat yang cepat. Itu terjadi melalui pembicaraan berupa rumus dan lambang, dan terkadang melalui suara semata, dan terkadang pula melalui isyarat dengan anggota badan.
Al-wahyu adalah kata masdar/infinitif, dan materi kata itu menunjukkan dua dasar, yaitu tersembunyi dan cepat. Oleh sebab itu, maka dikatakan bahwa wahyu adalah pemberitahuan secara tersembunyi dan cepat yang khusus diberikan kepada orang yang diberitahu tanpa diketahui orang lain. Inilah pengertian masdarnya. Tetapi, kadang-kadang juga bahwa yang dimaksudkan adalah al-muha, yaitu penger tian isim maf'ul yang diwahyukan.

Pengertian wahyu dalam arti bahasa meliputi :

Ilham, sebagai bawaan dasar manusia, seperti wahyu terhadap ibu Nabi Musa, "Dan kami ilhamkan kepada ibu Musa, 'Susuilah dia …'." (Al-Qashash: 7).
Ilham berupa naluri pada binatang, seperti wahyu kepada lebah, "Dan Tuhanmu telah mewahyukan kepada lebah, 'Buatlah sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di rumah-rumah yang didirikan manusia'." (An-Nahl: 68).

Isyarat yang cepat melalui rumus dan kode, seperti isyarat Zakaria yang diceritakan Al qur'an, "Maka keluarlah dia dari mihrab, lalu memberi isyarat kepada mereka, 'Hendaknya kamu bertasbih di waktu pagi dan petang'." (Maryam: 11).

Bisikan dan tipu daya setan untuk menjadikan yang buruk kelihatan indah dalam diri manusia. "Sesungguhnya setan-setan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu." (Al-An'am: 121). "Dan demikianlah kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan dari jenis manusia dan dari jenis jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu mereka." (Al-An'am: 112).

Apa yang disampaikan Allah kepada para malaikatnya berupa suatu perintah untuk dikerjakan. "Ingatlah ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat, 'Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkanlah pendirian orang-orang yang beriman'." (Al-Anfal: 12). Sedang wahyu Allah kepada para nabi-Nya secara syar'i mereka definisikan sebagai kalam Allah yang diturunkan kepada seorang nabi. Definisi ini menggunakan pengertian maf'ul, yaitu al muha (yang diwahyukan). Ustad Muhammad Abduh mendefinisikan wahyu di dalam Risalatut Tauhid adalah pengetahuan yang didapat oleh seseorang dari dalam dirinya dengan disertai keyakinan bahwa pengetahuan itu datang dari Allah, melalui perantara ataupun tidak. Yang pertama melalui suara yang menjelma dalam telinganya atau tanpa suara sama sekali.

Beda antara wahyu dengan ilham adalah bahwa ilham itu intuisi yang diyakini jiwa sehingga terdorong untuk mengikuti apa yang diminta, tanpa mengetahui dari mana datangnya. Hal seperti itu serupa dengan perasaan lapar, haus, sedih dan senang. Definisi seperti ini adalah definisi wahyu dengan pengertian masdar. Bagian awal definisi ini mengesankan adanya kemiripan antara wahyu dengan suara hati atau kasyaf, tetapi pembedaannya dengan ilham di akhir definisi meniadakan hal ini.

Perkembangan ilmiah telah maju dengan pesat, dan cahayanya pun telah menyapu segala keraguan yang selama ini merayap dalam diri manusia mengenai roh yang ada di balik materi. Ilmu materialistis yang meletakkan sebagian besar yang ada di bawah percobaan dan eksperimen percaya terhadap dunia gaib yang ada di balik dunia nyata ini, dan percaya pula bahwa dunia gaib lebih rumit dan lebih dalam daripada dunia nyata ini, dan bahwa sebagian penemuan modern yang membimbing pikiran manusia menyembunyikan rahasia yang samar, yang hakikatnya tidak bisa dipa hami oleh ilmu itu sendiri, meskipun pengaruh dan gejalanya dapat diamati. Hal yang demikian ini telah mendekatkan jarak antara pengingkaran terhadap agama-agama dengan keimanan.
Dan itu sesuai dengan firman Allah, "Akan kami peril hatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al qur'an itu benar adanya." (Fushilat: 35). "Dan, tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit." (Al-Isra: 85).

Pembahasan psikologi dan rohani kini mempunyai tempat yang penting dalam ilmu pengetahuan. Hal itu pun didukung dan diperkuat oleh perbedaan manusia dalam kecerdasannya, kecenderungannya, dan nalurinya. Di antara intelijensia itu ada yg istimewa dan cemerlang sehingga dapat menemukan segala hal yang baru. Tetapi, ada pula yang dungu dan sukar memahami urusan yang mudah sekalipun. Di antara dua posisi ini terdapat sekian banyak tingkatan. Demikian pula halnya dengan jiwa, ada yang jernih dan cemerlang, ada pula yang kotor dan kelam.
Di balik tubuh manusia ada roh yang merupakan rahasia hidupnya. Tubuh itu kehabisan tenaga dan jaringan-jaringan mengalami kerusakan jika tidak mendapatkan makanan menurut kadarnya. Demikian pula roh, ia memerlukan makanan yang dapat memberikan tenaga rohani agar dapat memelihara sendi-sendi dan ketentuan-ketentuan lainnya.

Bagi Allah bukan hal yang jauh dalam memilih dari antara hamba-hamba-Nya sejumlah jiwa, yang dasarnya begitu jernih dan kodrat yang lebih bersih, yang siap menerima sinar ilahi dan wahyu dari langit serta hubungan dengan mahluk yang lebih tinggi, agar kepadanya diberikan risalah ilahi yang dapat memenuhi keperluan manusia. Mereka mempunyai ketinggian perasaan dan keluhuran budi, dan kejujuran dalam menjalankan hukum. Mereka itulah para rasul dan nabi Allah. Maka, tidaklah aneh bila mereka berhubungan dengan wahyu yang datang dari langit.

Manusia kini menyaksikan adanya hipnotisme yang menjelaskan bahwa hubungan jiwa manusia dengan kekuatan yang lebih tinggi menimbulkan pengaruh. Ini mendekatkan orang pada pemahaman tentang gejala wahyu. Orang yang berkemauan lebih kuat dapat memaksakan kemauannya kepada orang yang lebih lemah, sehingga yang lemah ini tertidur pulas, dan ia kemudian menuruti kehendaknya sesuai dengan isyarat yang diberikan. Maka, mengalirlah semua itu ke dalam hati dan mulutnya. Apabila ini yang diperbuat manusia terhadap sesama manusia, bagaimana dengan yang lebih kuat dari manusia itu, yakni Allah Yang Maha Perkasa ?
Sekarang orang dapat mendengar suara yg direkam dan dibawa oleh gelombang eter, menyeberangi lembah dan dataran tinggi, lautan, dan daratan tanpa melihat si pembicara, bahkan sesudah mereka wafat sekalipun. Kini dua orang dapat berbicara melalui telepon, sekalipun yang seorang berada di ujung timur dan seorang yang lain berada di ujung barat, dan terkadang pula mereka berdua saling melihat dalam percakapan itu, sementara orang-orang yang duduk di sekitarnya tidak mengetahui sesuatu melainkan sekedar dengungan seperti suara lebah, persis seperti dengungan pada waktu turun wahyu.

Siapakah di antara kita yang tidak pernah mengalami percakapan dengan diri sendiri, dalam keadaan sadar atau tidur, yang pernah terlintas dalam pikirannya tanpa melihat orang yang diajak berbicara di hadapannya. Yang demikian ini serta contoh-contoh lain yang serupa cukup untuk menjelaskan kepada kita tentang hakikat wahyu. Orang yang sezaman dengan wahyu menyaksikan wahyu dan menukilnya secara mutawatir dengan segala persyaratan yang meyakinkan kepada generasi-generasi sesudahnya. Umat manusia pun menyaksikan pengaruhnya di dalam budaya bangsanya serta dalam kemampuan pengikutnya. Manusia akan tetap menjadi mulia selama tetap berpegang pada keyakinan itu, dan akan hancur serta hina bila sudah mengabaikannya. Kemungkinan terjadinya wahyu serta kepastiannya sudah tidak dapat diragukan lagi. Untuk itu, manusia harus kembali kepada petunjuk wahyu demi menyiram jiwanya yang haus akan nilai-nilai luhur.

Rasul kita, Muhammad SAW, bukan rasul pertama yang diberi wahyu. Allah juga telah memberikan wahyu kepada rasul-rasul sebelumnya. Seperti firman Allah, "Sesungguhnya Kami telah menyampaikan wahyu kepadamu seperti Kami telah menyampaikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah menyampaikan wahyu pula kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun, dan Sulaiman.
Dan Kami berikan Zabur kepada Dawud. Dan Kami telah mengutus rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yg tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung." (An-Nisa: 163–164).
"Patutkah menjadi keheranan bagi manusia bahwa Kami mewahyukan kepada seorang laki-laki di antara mereka, 'Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang yang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Tuhan mereka ?' Orang-orang kafir berkata, 'Sesungguhnya orang ini (Muhammad) adalah benar-benar tukang sihir yang nyata'." (Yunus: 2).

[Sumber: Studi Ilmu-Ilmu Quran, terjemahan dari Mabaahits fii 'Uluumil Qur'an, Manna' Khaliil al-Qattaan]
www.ALISLAM.or.id, Jl. Pahlawan Revolusi, No 100, Jakarta 13430
Telpon: 62-21-86600703, 86600704, Fax: 62-21-86600712

Al-Qur'an Kalamullah – Bukan Makhluk

Syaikh Abu Utsman berkata :"Ashhabul Hadits bersaksi dan berkeyakinan bahwa Al-Qur'an adalah kalamullah (ucapan Allah), Kitab-Nya dan wahyu yang diturunkan, bukan makhluk. Barangsiapa yang menyatakan dan berkeyakinan bahwa ia makhluk maka kafir menurut pandangan mereka.

Al-Qur'an merupakan wahyu dan kalamullah yang diturunkan melalui Jibril kepada Rasulullah dengan bahasa Arab untuk orang-orang yang berilmu sebagai peringatan dan kabar gembira, sebagaimana firman Allah :"Dan sesungguhnya al-Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Rabb semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas". (Asy-Syu'ara: 192-195)

Al-Qur'an disampaikan oleh Rasulullah kepada umatnya sebagaimana yang diperintahkan Allah :"Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Rabb-mu". (Al-Maidah:67)

Dan yang disampaikan oleh beliau adalah kalamullah. Rasulullah bersabda :"Adakah seseorang yang mau membawaku ke kaumnya ?. Sesungguhnya orang-orang Quraisy menghalangiku untuk menyampaikan kalam (ucapan) Rabbku" (HR. Bukhari dalam Af 'alul 'ibad, At-Tirmidzi, dan dishahihkan oleh Ibnu Majah)

Al-Qur'an yang dihafal dalam hati, dibaca oleh lisan, dan ditulis dalam mushaf-mushaf, bagaimanapun caranya Al-qur'an dibaca oleh qari, dilafadzkan oleh seseorang, dihafal oleh hafidz, atau dibaca dimanapun ia dibaca, atau ditulis dalam mushaf-mushaf dan papan catatan anak-anak dan yang lainnya adalah kalamullah ! bukan makhluk. Barangsiapa yang beranggapan bahwa ia makhluk, maka telah kufur kepada Allah Yang Maha Agung.

Al-Imam Abu Bakar Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah berkata : "Al-Qur'an adalah kalamullah, bukan makhluk. Barang-siapa yang mengatakan Al-Qur'an adalah makhluk, maka dia telah kufur kepada Allah Yang Maha Agung, tidak diterima persaksiannya, tidak dijenguk jika sakit, tidak dishalati jika mati, dan tidak boleh dikuburkan di pekuburan kaum muslimin. Ia diminta taubat, kalau tidak mau maka dipenggal lehernya." (Sanadnya shahih, disebutkan oleh Adz-Dzahabi dalam Tadzkiratul Huffadz)
Abu Ishaq bin Ibrahim pernah ditanya tentang lafadz Al-Qur'an, maka Beliau berkata : "Tidak pantas untuk diperdebatkan. Al-Qur'an kalamullah, bukan makhluk."
Imam Ahmad bin Hambal berkata : "Orang yang menganggap makhluk lafadz Al-Qur'an adalah Jahmiyah, Allah berfirman :'…maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar kalamullah' (At-Taubah : 6). Dari mana ia mendengar ?" (Sanadnya shahih)
Abdullah bin Al-Mubarak berkata : "Barangsiapa yang mengkufuri satu huruf Al-Qur 'an saja, maka ia kafir (ingkar) dengan Al-Qur'an. Barangsiapa yang mengatakan : "Saya tidak percaya dengan Al-Qur'an", maka ia telah kafir"

Maraji' [referensi] :
Aqidah Salaf Ashhabul Hadits, oleh Syaikh Abu Isma'il Ash-Shabuni (373H – 449 H).

http://forsitek.brawijaya.ac.id/index.php?do=detail&cat=artikel&id=art-kalamullah

note : artikel di atas telah dimuat dalam Labbaik, edisi : 034/th.04/Sya'ban-Ramadhan 1428H/2007M


   
   
Proses Islamisasi dan Perkembangan Islam di Indonesia
November 21, 2011 at 6:41 AM
 
Pada masa kedatangan dan penyebaran Islam di Indonesia terdapat beraneka ragam suku bangsa, organisasi pemerintahan, struktur ekonomi, dan sosial budaya. Suku bangsa Indonesia yang bertempat tinggal di daerah-daerah pedalaman, jika dilihat dari sudut antropologi budaya, belum banyak mengalami percampuran jenis-jenis bangsa dan budaya dari luar, seperti dari India, Persia, Arab, dan Eropa. Struktur sosial, ekonomi, dan budayanya agak statis dibandingkan dengan suku bangsa yang mendiami daerah pesisir. Mereka yang berdiam di pesisir, lebih-lebih di kota pelabuhan, menunjukkan ciri-ciri fisik dan sosial budaya yang lebih berkembang akibat percampuran dengan bangsa dan budaya dari luar.

Proses Islamisasi di Indonesia

Dalam masa kedatangan dan penyebaran Islam di Indonesia, terdapat negara-negara yang bercorak Indonesia-Hindu. Di Sumatra terdapat kerajaan Sriwijaya dan Melayu; di Jawa, Majapahit; di Sunda, Pajajaran; dan di Kalimantan, Daha dan Kutai.

Agama Islam yang datang ke Indonesia mendapat perhatian khusus dari kebanyakan rakyat yang telah memeluk agama Hindu. Agama Islam dipandang lebih baik oleh rakyat yang semula menganut agama Hindu, karena Islam tidak mengenal kasta, dan Islam tidak mengenal perbedaan golongan dalam masyarakat. Daya penarik Islam bagi pedagang-pedagang yang hidup di bawah kekuasaan raja-raja Indonesia-Hindu agaknya ditemukan pada pemikiran orang kecil. Islam memberikan sesuatu persamaan bagi pribadinya sebagai anggota masyarakat muslim. Sedangkan menurut alam pikiran agama Hindu, ia hanyalah makhluk yang lebih rendah derajatnya daripada kasta-kasta lain. Di dalam Islam, ia merasa dirinya sama atau bahkan lebih tinggi dari pada orang-orang yang bukan muslim, meskipun dalam struktur masyarakat menempati kedudukan bawahan.

Proses islamisasi di Indonesia terjadi dan dipermudah karena adanya dukungan dua pihak: orang-orang muslim pendatang yang mengajarkan agama Islam dan golongan masyarakat Indonesia sendiri yang menerimanya. Dalam masa-masa kegoncangan politik , ekonomi, dan sosial budaya, Islam sebagai agama dengan mudah dapat memasuki & mengisi masyarakat yang sedang mencari pegangan hidup, lebih-lebih cara-cara yg ditempuh oleh orang-orang muslim dalam menyebarkan agama Islam, yaitu menyesuaikan dengan kondisi sosial budaya yang telah ada. Dengan demikian, pada tahap permulaan islamisasi dilakukan dengan saling pengertian akan kebutuhan & disesuaikan dengan kondisi masyarakatnya. Pembawa dan penyebar agama Islam pada masa-masa permulaan adalah golongan pedagang, yang sebenarnya menjadikan faktor ekonomi perdagangan sebagai pendorong utama untuk berkunjung ke Indonesia. Hal itu bersamaan waktunya dengan masa perkembangan pelayaran dan perdagangan internasional antara negeri-negeri di bagian barat, tenggara, dan timur Asia. Kedatangan pedagang-pedagang muslim seperti halnya yang terjadi dengan perdagangan sejak zaman Samudra Pasai dan Malaka yang merupakan pusat kerajaan Islam yang berhubungan erat dengan daerah-daerah lain di Indonesia, maka orang-orang Indonesia dari pusat-pusat Islam itu sendiri yang menjadi pembawa dan penyebar agama Islam ke seluruh wilayah kepulauan Indonesia.

Tata cara islamisasi melalui media perdagangan dapat dilakukan secara lisan dengan jalan mengadakan kontak secara langsung dengan penerima, serta dapat pula terjadi dengan lambat melalui terbentuknya sebuah perkampungan masyarakat muslim terlebih dahulu. Para pedagang dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri, berkumpul dan menetap, baik untuk sementara maupun untuk selama-lamanya, di suatu daerah, sehingga terbentuklah suatu perkampungan pedagang muslim. Dalam hal ini orang yang bermaksud hendak belajar agama Islam dapat datang atau memanggil mereka untuk mengajari penduduk pribumi.

Selain itu, penyebaran agama Islam dilakukan dgn cara perkawinan antara pedagang muslim dgn anak-anak dari orang-orang pribumi, terutama keturunan bangsawannya. Dengan perkawinan itu, terbentuklah ikatan kekerabatan dgn keluarga muslim.

Media seni, baik seni bangunan, pahat, ukir, tari, sastra, maupun musik, serta media lainnya, dijadikan pula sebagai media atau sarana dalam proses islamisasi. Berdasarkan berbagai peninggalan seni bangunan dan seni ukir pada masa-masa penyeberan agama Islam, terbukti bahwa proses islamisasi dilakukan dgn cara damai. Kecuali itu, dilihat dari segi ilmu jiwa dan taktik, penerusan tradisi seni bangunan dan seni ukir pra-Islam merupakan alat islamisasi yang sangat bijaksana dan dengan mudah menarik orang-orang nonmuslim untuk dengan lambat-laun memeluk Islam sebagai pedoman hidupnya.

Dalam perkembangan selanjutnya, golongan penerima dapat menjadi pembawa atau penyebar Islam untuk orang lain di luar golongan atau daerahnya. Dalam hal ini, kontinuitas antara penerima dan penyebar terus terpelihara dan dimungkinkan sebagai sistem pembinaan calon-calon pemberi ajaran tersebut. Biasanya santri-santri pandai, yang telah lama belajar seluk-beluk agama Islam di suatu tempat dan kemudian kembali ke daerahnya, akan menjadi pembawa dan penyebar ajaran Islam yang telah diperolehnya. Mereka kemudian mendirikan pondok-pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan lembaga yang penting dalam penyebaran agama Islam.

Agama Islam juga membawa perubahan sosial dan budaya, yakni memperhalus dan memperkembangkan budaya Indonesia. Penyesuaian antara adat dan syariah di berbagai daerah di Indonesia selalu terjadi, meskipun kadang-kadang dalam taraf permulaan mengalami proses pertentangan dalam masyarakat. Meskipun demikian, proses islamisasi di berbagai tempat di Indonesia dilakukan dengan cara yang dapat diterima oleh rakyat setempat, sehingga kehidupan keagamaan masyarakat pada umumnya menunjukkan unsur campuran antara Islam dengan kepercayaan sebelumnya. Hal tersebut dilakukan oleh penyebar Islam karena di Indonesia telah sejak lama terdapat agama (Hindu-Budha) dan kepercayaan animisme.

Pada umumnya kedatangan Islam dan cara menyebarkannya kepada golongan bangsawan maupun rakyat umum dilakukan dengan cara damai, melalui perdagangan sebagai sarana dakwah oleh para mubalig atau orang-orang alim. Kadang-kadang pula golongan bangsawan menjadikan Islam sebagai alat politik untuk mempertahankan atau mencapai kedudukannya, terutama dalam mewujudkan suatu kerajaan Islam.

Perkembangan Islam di Indonesia

Kedatangan Islam di berbagai daerah di Indonesia tidaklah bersamaan. Demikian pula dengan kerajaan-kerajaan dan daerah yang didatanginya, ia mempunyai situasi politik dan sosial budaya yang berlainan. Pada waktu kerajaan Sriwijaya mengembangkan kekuasaannya pada sekitar abad ke-7 dan ke-8, Selat Malaka sudah mulai dilalui oleh para pedagang muslim dalam pelayarannya ke negeri-negeri di Asia Tenggara dan Asia Timur. Berdasarkan berita Cina zaman T'ang pada abad-abad tersebut, diduga masyarakat muslim telah ada, baik di kanfu (kanton) maupun di daerah Sumatra sendiri. Perkembangan pelayaran dan perdagangan yang bersifat internasional antara negeri-negeri di Asia bagian barat atau timur mungkin disebabkan oleh kegiatan kerajaan Islam di bawah Bani Umayah di bagian barat maupun kerajaan Cina zaman dinasti T'ang di Asia Timur serta kerajaan Sriwijaya di Asia Tenggara. Adalah suatu kemungkinan bahwa menjelang abad ke-10 para pedagang Islam telah menetap di pusat-pusat perdagangan yang penting di kepulauan Indonesia, terutama di pulau-pulau yang terletak di Selat Malaka, terusan sempit dalam rute pelayaran laut dari negeri-negeri Islam ke Cina. Tiga abad kemudian, menurut dokumen-dokumen sejarah tertua, permukiman orang-orang Islam didirikan di Perlak dan Samudra Pasai di Timur Laut pantai Sumatra.

Saudagar-saudagar dari Arab Selatan semenanjung tanah Arab yang melakukan perdagangan ke tanah Melayu sekitar 630 M (tahun kesembilan Hijriah) telah menemui bahwa di sana banyak yang telah memeluk Islam. Hal ini membuktikan bahwa Islam telah masuk ke Indonesia sejak abad-abad pertama Hijriah, atau sekitar abad ke tujuh dan kedelapan Masehi yang dibawa langsung oleh saudagar dari Arab. Dengan demikian, dakwah Islam telah tiba di tanah Melayu sekitar tahun 630 M tatkala Nabi Muhammad saw. masih hidup. Keterangan lebih lanjut tentang masuknya Islam ke Indonesia ditemukan pada berita dari Marcopolo, bahwa pada tahun 1292 ia pernah singgah di bagian utara daerah Aceh dalam perjalanannya dari Tiongkok ke Persia melalui laut. Di Perlak ia menjumpai penduduk yang telah memeluk Islam dan banyak para pedagang Islam dari India yang giat menyebarkan agama itu.

Para pedagang muslim menjadi pendukung daerah-daerah Islam yang muncul kemudian, dan daerah yang menyatakan dirinya sebagai kerajaan yang bercorak Islam ialah Samudra Pasai di pesisir timur laut Aceh. Munculnya daerah tersebut sebagai kerajaan Islam yang pertama diperkirakan mulai abad ke-13. Hal itu dimungkinkan dari hasil proses islamisasi di daerah-daerah pantai yang pernah disinggahi para pedagang muslim sejak abad ketujuh. Sultan yang pertama dari kerajaan Islam Samudra Pasai adalah Sultan Malik al-Saleh yang memerintah pada tahun 1292 hingga 1297. Sultan ini kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Sultan Muhammad Malik az-Zahir. Kerajaan Islam Samudra Pasai menjadi pusat studi agama Islam dan meru pakan tempat berkumpul para ulama Islam dari berbagai negara Islam untuk berdis kusi tentang masalah-masalah keagamaan dan masalah keduniawian. Berdasarkan berita dari Ibnu Batutah, seorang pengembara asal Maroko yang mengunjungi Samudra Pasai pada 1345, dikabarkan bahwa pada waktu ia mengunjungi kerajaan itu, Samudra Pasai berada pada puncak kejayaannya. Dari catatan lain yang ditinggalkan Ibnu Batutah, dapat diketahui bahwa pada masa itu kerajaan Samudra Pasai merupakan pelabuhan yang sangat penting, tempat kapal-kapal datang dari Tiongkok dan India serta dari tempat-tempat lain di Indonesia, singgah dan bertemu untuk memuat dan membongkar barang-barang dagangannya.

Kerajaan Samudera Pasai makin berkembang dalam bidang agama Islam, politik, perdagangan, dan pelayaran. Hubungan dengan Malaka makin ramai, sehingga di Malaka pun sejak abad ke-14 timbul corak masyarakat muslim. Perkembangan masyarakat muslim di Malaka makin lama makin meluas dan akhirnya pada awal abad ke-15 berdiri kerajaan Islam Malaka. Para penganut agama Islam diberi hak-hak istimewa, bahkan telah dibangunkan sebuah masjid untuk mereka. Para pedagang yang singgah di Malaka kemudian banyak yang menganut agama Islam dan menjadi penyebar agama Islam ke seluruh kepulauan Nusantara, tempat mereka mengadakan transaksi perdagangan.

Kerajaan Malaka pertama kali didirikan oleh Paramisora pada abad ke-15. Menurut cerita, sesaat sebelum meninggal dalam tahun 1414, Paramisora masuk Islam, kemudian berganti nama menjadi Iskandar Syah. Selanjutnya, kerajaan Malaka dikembangkan oleh putranya yang bernama Muhammad Iskandar Syah (1414–1445). Pengganti Muhammad Iskandar Syah adalah Sultan Mudzafar Syah (1445–1458). Di bawah pemerintahannya, Malaka menjadi pusat perdagangan antara Timur dan Barat, dengan kemajuan-kemajuan yang sangat pesat, sehingga jauh meninggalkan Samudra Pasai. Usaha mengembangkan Malaka hingga mencapai puncak kejayaannya dilakukan oleh Sultan Mansyur Syah (1458–1477) sampai pd masa pemerintahan Sultan Alaudin Syah (1477–1488).

Sementara itu, kedatangan pengaruh Islam ke wilayah Indonesia bagian timur (Sulawesi dan Maluku) tidak dapat dipisahkan dari jalur perdagangan yang terbentang antara pusat lalu lintas pelayaran internasional di Malaka, Jawa, dan Maluku. Menurut tradisi setempat, sejak abad ke-14, Islam telah sampai ke daerah Maluku. Disebutkan bahwa kerajaan Ternate ke-12, Molomateya (1350–1357), bersahabat karib dengan orang Arab yg memberinya petunjuk dalam pembuatan kapal, tetapi agaknya tidak dalam kepercayaan.

Pada masa pemerintahan Marhum di Ternate, datanglah seorang raja dari Jawa yang bernama Maulana Malik Husayn yang menunjukkan kemahiran menulis huruf Arab yang ajaib seperti yang tertulis dalam Alquran. Hal ini sangat menarik hati Marhum dan orang-orang di Maluku. Kemudian, ia diminta oleh mereka agar mau mengajarkan huruf-huruf yang indah itu. Sebaliknya, Maulana Malik Husayn mengajukan permintaan, agar mereka tidak hanya mempelajari huruf Arab, melainkan pula diharuskan mempelajari agama Islam. Demikianlah Maulana Malik Husayn berhasil mengislamkan orang-orang Maluku. Raja Ternate yang dianggap benar-benar memeluk Islam adalah Zainal Abidin (1486–1500).

Dari ketiga pusat kegiatan Islam itulah, maka Islam menyebar dan meluas memasuki pelosok-pelosok kepulauan Nusantara. Penyebaran yang nyata terjadi pada abad ke-16. Dari Malaka, daerah Kampar, Indragiri, dan Riau menjadi Islam. Dari Aceh, Islam meluas sampai ke Minangkabau, Bengkulu, dan Jambi. Dimulai sejak dari Demak, maka sebagian besar Pulau Jawa telah menganut agama Islam.

Banten yang diislamkan oleh Demak meluaskan dan menyebarkan Islam ke Sumatra Selatan. Di Kalimantan, kerajaan Brunai yang pada abad ke-16 menjadi Islam, meluaskan penyebaran Islam di bagian barat Kalimantan dan Filipina. Sedangkan Kalimantan Selatan mendapatkan pengaruh Islam dari daratan Jawa. Dari Ternate semakin meluas meliputi pulau-pulau di seluruh Maluku serta daerah pantai timur Sulawesi. Pada abad ke-16 di Sulawesi Selatan berdiri kerajaan Goa. Demikianlah pada akhir abad ke-16 dapat dikatakan bahwa Islam telah tersebar dan mulai meresapkan akar-akarnya di seluruh Nusantara.

Meresapnya Islam di Indonesia pada abad ke-16 itu bersamaan pula dengan ditanamkannya benih-benih agama Katolik oleh orang-orang Portugis. Bangsa Portugis ini dikenal sebagai penentang Islam dan pemeluk agama Katolik fanatik. Maka, di setiap tempat yang mereka datangi, di sanalah mereka berusaha mendapatkan daerah tempat persemaian bagi agama Katolik. Hal ini menurut tanggapan mereka merupakan suatu tugas dan kewajiban yang mendapat dorongan dari pengalaman mereka menghadapi Islam di negeri mereka sendiri. Ketika pertahanan Islam terakhir di Granada jatuh pada 1492, maka dalam usaha mereka mendesak agama Islam sejauh mungkin dari Spanyol dan Portugis, mereka memperluas gerakannya sampai Timur Tengah yang waktu itu menjadi daerah perantara perdagangan rempah-rempah yang menghubungkan Timur dengan Barat. Timbullah kemudian suatu hasrat dalam jiwa dagang mereka untuk berusaha sendiri mendapatkan rempah-rempah yang menjadi pokok perdagangan waktu itu langsung dari daerah penghasilnya (Nusantara). Dengan demikian, mereka tidak akan bergantung lagi kepada pedagang-pedangan Islam di Timur Tengah.

[Sumber : Diadaptasi dari Sejarah Perjuangan Persis 1923-1983, Drs. Dadan Wildan Anas]

http://www.alislam.or.id/comments.php?id=1663_0_14_0_C

Mitos Syekh Siti Jenar

Syekh Siti Jenar adalah tokoh kontroversial sekaligus legendaris dalam sejarah Islam di Jawa, karena "pembangkangan tasawuf"-nya dan mitos kesaktian yang dimilikinya. Syekh Siti Jenar dianggap menyimpang dari ajaran Islam oleh Wali Songo ini. Kemudian, ditunjukkan bagaimana Siti Jenar menerapkan ajarannya itu dan akhirnya tidak bisa tidak bertemu dengan kekuatan ulama paling dominan, yakni Wali Songo. Sudah jelas bahwa pada saat itu, peran ulama yang terorganisir dalam Wali Songo mengambil ruang paling besar dalam legitimasi agama. Kehadiran Siti Jenar dengan ajarannya yang jauh berbeda dari "kebenaran" yang digariskan Wali Songo menjadi ganjalan besar, baik untuk penyebarluasan Islam maupun pengaruh politik Wali Songo sendiri.

http://www.geocities.com/z_iwan/teks/buku_agama.html

Kejawen

[Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia]

Kejawen (bahasa Jawa: Kejawèn) adalah sebuah kepercayaan atau mungkin boleh dikatakan 'agama' yang terutama dianut di pulau Jawa oleh suku Jawa dan sukubangsa lainnya yang menetap di Jawa. 'Agama' Kejawen sebenarnya adalah nama sebuah ke lompok kepercayaan-kepercayaan yang mirip satu sama lain dan bukan sebuah 'agama' terorganisir seperti agama Islam atau agama Kristen. Ciri khas utama 'agama' Kejawen ialah adanya perpaduan antara animisme, agama Hindu dan Buddha. Namun pengaruh agama Islam dan juga Kristen nampak pula. Kepercayaan ini merupakan sebuah kepercayaan sinkretisme. Seorang ahli antropologi Amerika Serikat, Clifford Geertz pernah menulis tentang agama ini dalam bukunya yang ternama The Religion of Java. Olehnya Kejawen disebut "Agami Jawi".

http://id.wikipedia.org/wiki/Kejawen

note : artikel di atas telah dimuat dalam Labbaik, edisi : 023/th.02/Jumada Al Awwal-Jumada Al Tsani 1427H/2006M


   
   
Dialog Perihal Kejadian Manusia Yang Berasal Dari Tanah
November 21, 2011 at 6:39 AM
 
Artikel ini dinukil dari dialog yang terjadi di kota Sumenep Madura, antara seorang kyai pengasuh pondok pesantren, bernama KH.Bahauddin Mudhary (BM) dengan seorang penginjil bernama Antonius Widuri (AW). Dialog terjadi pada tanggal 09-18 Maret 1970. Selama sembilan malam secara terus-menerus, berturut-turut, atas inisiatif saudara Antonius Widuri, karena keingin-tahuannya terhadap agama Islam. Selama dialog berlangsung ramah, bertempat di rumah Bapak KH.Bahauddin Mudhary, dan disaksikan oleh warga sekitar. Sengaja disini Labbaik mengambil salah satu bab saja untuk dinukil, karena kebetulan pada edisi 30 ini topik pembicaraan adalah tentang manusia. Selamat membaca, semoga bermanfaat :

AW : "Kami telah membaca ayat-ayat Al-Qur'an mengenai asal kejadian manusia dalam kitab terjemahan Al-Qur'an bahasa Indonesia, dalam sebuah surat yang nampaknya antara satu ayat dengan ayat yang lain ada berselisihan sehingga timbul dalam pi kiran saya bukan Bibel saja yg berselisih ayat-ayatnya, tetapi kitab Al-Qur'an demikian juga.


BM : "Silahkan saudara sebutkan ayat-ayat Al-Qur'an yang akan ditanyakan, Insya Allah yang diragukan oleh saudara itu akan terhapus.


AW : "Baiklah, Saya mencatat ayat-ayatnya, saya akan baca. Dikitab Al-Qur'an :


1. Surat Ar-Rahman ayat 14 menyebutkan bahwa Allah menjadikan manusia berasal dari tanah yang dibakar.


2. Di surat Al Hijr ayat 28 menyebutkan: "Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang manusia (Adam) dari tanah kering dan lumpur hitam yang berbentuk (berupa)."



3. Disurat As Sajadah ayat 7 menyebutkan: "dan Tuhan menciptakan manusia dari Tanah."


4. Di Surat Ash Shafaat ayat 11 menyebutkan: "Sesungguhnya Aku (Allah) menciptakan manusia berasal dari tanah liat."


5. Disurat Ali Imran ayat 59 menyebutkan: "Sesungguhnya Aku menciptakan manusia daripada tanah."


Lima ayat yang saya sebutkan ini antara satu dengan ayat yang lain terdapat perselisihan. Cobalah kita teliti. Di ayat ketiga menyebutkan dari "tanah,"di ayat ke empat menyebutkan daripada "tanah liat." Di ayat kelima menyebutkan dari pada "tanah." Bukankah ayat-ayat Al-Qur'an nyata-nyata berselisihan antara yang satu dengan yang lain.



BM : "Ya, nampaknya memang demikian. Saya tidak akan mengecewakan saudara. Teruskan pertanyaan saudara.


AW : "Kami ingin bertanya; yang manakah yang benar tentang asal kejadian manusia itu. Apakah dari tanah yang dibakar, apakah dari tanah kering dan lumpur, atau dari pada tanah biasa, atau dari tanah liatkah ?. Jadi menurut pendapat saya, ayat-ayat Al-Qur'an terdapat perselisihan antara satu ayat dengan ayat yg lain. Bukan ayat-ayat Injil atau di Bibel saja terdapat perselisihan. Kiranya Bapak bisa menerangkan dengan jelas dan tepat.


BM : "Di kitab Al-Qur'an ada menyebutkan bahwa asal kejadian manusia terdiri dari 7 (tujuh) macam kejadian. Agar diketahui juga oleh saudara-saudara yang hadir di sini, saya sebutkan susunan ayat-ayatnya satu demi satu, sebagaimana yang saudara bacakan artinya tadi.


1. Di Surat Ar Rahman ayat 14: "Dia (Allah) menjadikan manusia seperti tembikar , (tanah yang dibakar)." Yang dimaksudkan dengan kata "Shal-shal" di ayat ini adalah: Tanah kering atau setengah kering yakni "Zat pembakar" atau Oksigen.



2. Di ayat itu disebutkan juga kata "Fakhkhar," yg maksudnya ialah "Zat Arang" atau Carbonium.


3. Di surat Al Hijr, ayat 28: "Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat; sesungguhnya Aku (Allah) hendak menciptakan seorang manusia (Adam) dari tanah kering dan lumpur hitam yang berbentuk (berupa)." . Di ayat ini. Tersebut juga "shal-shal," telah saya terangkan, sedangkan kata "Hamaa-in" di ayat tersebut ialah "Zat Lemas" atau Nitrogenium.



4. Di surat As Sajadah ayat 7: "Dan (Allah) membuat manusia berasal dari pada 'tanah'." Yang dimaksud dengan kata "thien" (tanah) di ayat ini ialah "Atom zat air" atau Hidrogenium.


5. Di Surat Ash Shaffaat ayat 11: "Sesungguhnya Aku (Allah) menjadikan manusia dari pada Tanah Liat." Yang dimaksud dengan kata "lazib" (tanah liat) di ayat ini ialah "Zat besi" atau ferrum.



6. Di Surat Ali Imran ayat 59: "Dia (Allah) menjadikan Adam dari tanah kemudian Allah berfirman kepadanya 'jadilah engkau,' lalu berbentuk manusia." Yang dimaksud dengan kata "turab" (tanah) di ayat ini ialah: "Unsur-unsur zat asli yang terdapat di dalam tanah" yang dinamai "zat-zat anorganis."


7. Di surat Al Hijr ayat 28: "Maka setelah Aku (Allah) sempurnakan (bentuknya), lalu Kutiupkan ruh-Ku kepadanya (Ruh daripada-Ku)."



Ketujuh ayat Al-Qur'an yang saya baca ini Allah telah menunjukkan tentang proses kejadiannya Nabi Adam sehingga berbentuk manusia, lalu ditiupkan ruh kepadanya sehingga manusia bernyawa (bertubuh jasmani dan rohani). Sebagaimana disebutkan pada ayat yang keenam tentang kata "turab" (tanah) ialah zat-zat asli yang terdapat didalam tanah yang dinamai zat anorganis. Zat Anorganis ini baru terjadi setelah melalui proses persenyawaan antara "Fakhkhar" yakni Carbonium (zat arang) dengan "shal-shal" yakni Oksigenium (zat pembakar) dan "hamaa-in" yaitu Nitroge nium (zat lemas) dan Thien yakni Hidrogenium (Zat air). Jelasnya adalah persenyawaan antara: Fakhkhar (Carbonium = zat arang) dalam surat Ar Rahman ayat 14. Shal-shal (Oksigenium = zat pembakar) juga dalam surat Ar Rahman ayat 14. Hamaa-in (Nitrogenium = zat lemas) dalam surat Al Hijr ayat 28. Thien (Hidrogenium = Zat Air) dalam surat As Sajadah, ayat 7. Kemudian bersenyawa dengan zat besi (Ferrum), Yodium, Kalium, Silcum dan Mangaan, yang disebut "laazib" (zat-zat anorganis) dalam surat As Shafaat ayat 11. Dalam proses persenyawaan tersebut, lalu terbentuklah zat yang dinamai protein. Inilah yang disebut "Turab" (zat-zat anorganis) dalam surat Ali Imran ayat 59. Salah satu diantara zat-zat anorganis yang terpandang penting ialah "Zat Kalium," yang banyak terdapat dalam jaringan tubuh, teristimewa di dalam otot-otot. Zat Kalium ini dipandang terpenting oleh karena mempunyai aktivitas dalam proses hayati, yakni dalam pembentukan badan halus. Dengan berlangsungnya "Proteinisasi," menjelmakan "proses penggantian" yang disebut "Substitusi." Setelah selesai mengalami substitusi, lalu menggempurlah electron-electron cosmic yg mewujudkan sebab pembentukan (Formasi), dinamai juga "sebab ujud" atau Causa Formatis. Adapun Sinar Cosmic itu ialah suatu sinar mempunyai kemampuan untuk merubah sifat-sifat zat yang berasal dari tanah. Maka dengan mudah sinar cosmic dapat mewujudkan pembentukan tubuh manusia (Adam) berupa badan kasar (jasmaniah), terdiri dari badan, kepala, tangan, mata, hidung, telinga dan seterusnya. Sampai disinilah ilmu pengetahuan exact dapat menganalisa tentang pembentukan tubuh kasar (jasmaniah, jasmani manusia/Adam). Sedangkan tentang rohani (abstract wetenschap) tentu dibutuhkan ilmu pengetahuan yang serba rohaniah pula, yang sangat erat hubungannya dengan ilmu Metafisika. Cukup jelas tentang ayat-ayat Al-Qur'an yang saudara sangka berselisih antara satu ayat dengan ayat yang lain dalam hal kejadian manusia (Adam), pada hakikatnya bukanlah berselisih, melainkan menunjukkan proses asal kejadian tubuh jasmani Adam (visible), hingga pada badan halusnya (invisible), sampai berujud manusia.



Apakah belum jelas penafsiran ayat-ayat Al-Qur'an yang saya sampaikan pada saudara ? Kalau ada waktu saya akan terangkan juga proses asal kejadian tubuh rohani dari segi ilmu metafisika.


AW : "Sangat jelas, malah betul-betul ilmiah dan saya tidak mengira sekali bahwa ayat-ayat Al-Qur'an itu mengandung ilmu pengetahuan yg tinggi. Mengenai kesang gupan Bapak yg akan menerangkan atau menguraikan proses asal kejadian tubuh rohani manusia itu, betul-betul menarik.


(sumber : Dialog Masalah Ketuhanan Yesus, KH.Bahaudin Mudhary, penerbit Kiblat Centre, Jakarta, cetakan ke : 3, th.1984, hal 73-78)


note : artikel ini telah dimuat dalam Labbaik, edisi : 030/th.03/Rabi'ul Awal-Rabi'ul Tsani 1428H/2007M


   
   
Proses Penciptaan Nabi Adam, Persenyawaan Atom dan Sinar Kosmik ?
November 21, 2011 at 6:38 AM
 
Di dalam tubuh manusia, 86%-nya terdiri dari 4 unsur dominan, yaitu :

- Oksigen (65%)


- Karbon (18%)



- Hidrogen (10%)


- Nitrogen (3%)


Hal ini, nampaknya bersesuaian dengan berita yang terkandung di dalam ayat-ayat Al Qur'an, sebagaimana terdapat pada 6 (ayat) berikut :



1. QS. Ar Rahman (55) ayat 14:


"Dia (Allah) menjadikan manusia dari tanah liat (shal-shal) seperti tembikar (fakhkhar = tanah yang dibakar)".


Yang dimaksudkan dengan kata "shal-shal" di ayat ini ialah: tanah kering atau setengah kering yakni "zat pembakar" atau oksigen (O), sedangkan kata "fakhkhar", ialah "zat arang" atau atom karbon (C).



2. QS. Al Hijr (15) ayat 28:


"Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat; sesungguhnya Aku (Allah) hendak menciptakan seorang manusia (Adam) dari tanah liat (shal-shal) dan lumpur hitam (hamaa-in) yang berbentuk (berupa)".


Di ayat ini kata "shal-shal" yang bermakna oksigen (O), sedangkan kata "hamaa-in" ialah "zat lemas" atau nitrogen (N).



3. QS. As Sajadah (32) ayat 7:


"Dan (Allah) membuat manusia berasal dari pada tanah (thien)".


Yang dimaksud dengan kata "thien" (tanah) di ayat ini ialah atom hidrogen (H).


4. QS. Ash Shaffaat (37) ayat 11:


"Sesungguhnya Aku (Allah) menjadikan manusia dari tanah liat (laazib)".



Yang dimaksud dengan kata "laazib" (tanah liat) di ayat ini merupakan hasil persenyawaan antara "zat besi" atau ferrum (Fe) dengan Yodium, Kalium, Silika, dan Mangaan.


5. QS. Ali Imran (3) ayat 59:


"… Dia (Allah) menjadikan Adam dari tanah (turab) kemudian Allah berfirman kepadanya 'Jadilah engkau', lalu berbentuk manusia".



Yang dimaksud dengan kata "turab"(tanah) di ayat ini ialah "unsur-unsur zat asli yang terdapat di dalam tanah" yang dinamai "zat-zat anorganis".


6. QS. Al Hijr (15) ayat 29:


"Maka setelah Aku (Allah) sempurnakan (bentuknya), lalu Kutiupkan ruh-Ku kepadanya (Ruh daripada-Ku)…".


Di ayat ini, menerangkan tentang proses terakhir kejadian manusia, yaitu melalui ditiupkannya ruh. Proses yang melibatkan "campur tangan" MAHA PENCIPTA ini, menjadi pembeda antara Kaum Beriman dengan Kaum Atheis. Pihak Atheis menolak, proses munculnya kehidupan yang datangnya dari ALLAH, sementara mereka sendiri kebingungan untuk menjawab, darimana datangnya asal kehidupan itu?



13217025741560103635


Pada ke-enam ayat Alquran ini Allah telah menunjukkan tentang proses kejadiannya Nabi Adam sehingga berbentuk manusia, lalu ditiupkan ruh kepadanya sehingga manusia bernyawa (bertubuh jasmani dan rohani).


Sebagaimana disebutkan pada ayat yang ke-lima tentang kata"turab" (tanah) ialah zat-zat asli yang terdapat di dalam tanah yang dinamai zat anorganis. Zat anorganis ini baru terjadi setelah melalui proses persenyawaan atom.


Jelasnya adalah Persenyawaan antara fakhkhar (atom karbon (C) = zat arang), shal-shal (atom oksigen (O)= zat pembakar),hamaa-in (atom nitrogen (N) = zat lemas) dan thien (atom hidrogen (H) = zat air), kemudian bersenyawa dengan "laazib" yang merupakan hasil persenyawaan besi (Ferrum/Fe), Yodium, Kalium, Silika, dan Mangaan.



Dalam proses persenyawaan tersebut, lalu terbentuklah "Turab" (zat-zat anorganis) dalam QS. Ali Imran (3) ayat 59. Dan salah satu di antara zat-zat anorganis yang penting ialah "Zat Kalium/Ca" yang banyak terdapat dalam jaringan tubuh, terutama di dalam otot-otot. Zat Kalium ini dianggap terpenting karena mempunyai aktivitas dalam proses hayati, yakni dalam pembentukan badan halus.

Dengan berlangsungnya aktivitas "proteinisasi" berlanjut kepada "proses penggantian" yang disebut "substitusi". Setelah selesai mengalami substitusi, lalu menggempurlah elektron-elektron kosmik yang mewujudkan sebab pembentukan (formasi), dinamai juga "sebab wujud"atau Causa Formatis.Adapun sinar kosmik merupakan sinar yang mempunyai kemampuan untuk mengubah sifat-sifat zat yang berasal dari tanah. Maka dengan mudah sinar kosmik dapat mewujudkan pembentukan tubuh manusia (Adam) berupa badan kasar (jasmaniah), yang terdiri dari badan, kepala, tangan, mata, hidung telinga dan seterusnya.

WaLlahu a'lamu bishshawab


   
   
ATHEIS dan LOGIKA
November 21, 2011 at 6:38 AM
 
Apakah Atheis itu Logis ?

Mari kita ikuti cara berpikir mereka….


Mereka percaya, awal kehidupan berasal dari sejenis atom


Atom-atom ini kemudian saling berinteraksi, membentuk senyawa kimia seperti Asam Amino. Setelah itu, Asam Amino berinteraksi lagi membentuk DNA, yang merupakan komponen pembentuk makhluk hidup



Bermula dari DNA inilah makhluk hidup terbentuk melalui proses evolusi, bermilyar-milyar tahun lamanya…


Silsilah Kehidupan menurut Kaum Atheis kira-kira begini…



Asal Kehidupan…






Sebagian berevolusi menjadi Manusia dan Hewan






Sebagian lagi tidak berinteraksi dan berevolusi, di kemudian hari manusia memanfaatkannya menjadi…






Seorang Atheis Sejati, harus mengakui di dalam silsilah keluarganya, ia masih kerabat dengan tong sampah dan toilet ?!?


Beberapa Pertanyaan :



1. Jika kehidupan berawal dari atom, darimana atom itu muncul ?


2. Jika atom bisa saling berinteraksi untuk membentuk kehidupan, apakah saat ini mereka masih terus berinteraksi, dan membuat bentuk kehidupan yang baru ?


3. Jika makhluk hidup muncul dari proses evolusi, apakah saat ini mereka masih terus ber-evolusi, dan menghasilkan makhluk hidup jenis baru?




Peniadaan peran Sang Maha Pencipta, di dalam proses terbentuknya makhluk hidup, hanya akan membuat Kaum Atheis kebingungan untuk menjawab pertanyaan : Bagaimana atom-atom itu bisa saling berinteraksi? dan Bagaimana datangnya ruh kehidupan ?


Kaum Atheis-pun akan kelabakan, apabila harus menerangkan fenomena-fenomena Metafisika, yang terjadi di sekitar kehidupan manusia

Logika Kaum Atheis, yang mereka anggap sebagai sesuatu yang logis


Setelah diselusuri, pada kenyataannya menjadi sangat tidak logis, memalukan dan membingungkan


WaLlahu a'lamu bishshawab


   
   
Telah Terbit, Kitab INJIL Versi Gaul...????????
November 21, 2011 at 6:31 AM
 
Untuk menjangkau kalangan muda, Pendeta Daniel de Wolf merilis Bibel bahasa Belanda versi gaul yang penuh dengan istilah jalanan atau slank yang vulgar seperti cewek Maria, ngeseks, mbolongin, bunting, maen gila, nyicip cewek, gebetan, dll. Juga ada istilah pop abad millenium seperti update status, ngetweet, dan sebagainya, padahal zaman Yesus lahir belum ada facebook, twitter maupun email.

"Maria is pregno en krijgt een baby boy" (Maria bunting dan beranak bayi laki-laki). Demikian kalimat dalam Alkitab (Bibel) versi terbaru di Belanda. Kali ini tidak menggunakan bahasa Belanda resmi, namun dalam bahasa gaul jalanan/slank.

Bibel edisi gaul berjudul "de Torrie van Mattie" tersebut diterjemahkan oleh Pendeta Daniel de Wolf.

"Mattie" adalah bahasa gaul untuk teman, sobat. Tapi itu juga singkatan dari Matius. Jadi pada dasarnya ini kisah Matius, buku pertama dari Perjanjian Baru.

Bahasa slang dalam Bibel gaul itu adalah gabungan kata-kata dari bahasa Inggris, Papiamento, Suriname, Maroko, Turki dan Belanda, yang dipercaya dengan kata-kata yang ditangkap dari media sosial dan budaya pop. Dalam menterjemahkan, Pendeta De Wolf dibantu oleh anak-anak muda dari berbagai latar belakang. Jadilah hasil terjemahan penuh dengan kata "doekoes," "patas" dan "osso."

Ide menerjemahkan Bibel ke dalam bahasa gaul ini berasal dari Inggris.

"Terjemahan semacam ini sudah ada di sana, yaitu edisi "The Word on the Street" (Firman Tuhan di Jalanan). Ide ini lalu diadopsi di Belanda dan saya diminta untuk melakukannya. Saya pikir ini ide yang baik," ujar Pendeta De Wolf . "Di Inggris buku ini beberapa kali berhasil memenangkan penghargaan buku rohani Kristen dan juga menjadi salah satu buku terlaris di toko buku rohani. Amerika dan Jerman juga memiliki Injil versi jalanan mereka sendiri," tambahnya.

Bibel Gaul Versi Audio juga Dirilis
Untuk menjangkau kalangan muda lebih luas, selain merilis Bibel gaul versi cetak, Wolf juga merilis Bibel gaul versi audio MP3 yang bisa diunduh secara gratis di situs resminya. "Kami juga merekam kisah-kisah injil dalam versi MP3, yang bebas diunduh di situs kami. Rekaman juga sekaligus menjadi alat bagi para sukarelawan pekerja muda dalam berhubungan dengan para pemuda," ujar Wolf.

Untuk proyek gaulnya itu, de Wolf banyak menuai reaksi negatif yang dari orang-orang yang menganggap Bibel sebagai kitab sakral yang tidak boleh diutak-atik.

Fragmen Terjemahan Bebas: Cewek Maria gak Ngeseks dan Belum Dibolongin

Dalam situs resminya, bisa disaksikan contoh ayat-ayat Bibel dengan bahasa gaul jalanan, misalnya pada perikop kisah "Yesus Sang Pencari Suaka", "Bangkitlah dari Kursi Rodamu", dan "Johnyboy Sang Pembaptis."

Berikut ini adalah contoh fragmen ayat Bibel versi gaul:

"Gini lho, cerita kelahiran Yesus Kristus: Maria, cewek yang mungkin waktu itu masih berumur 14 tahun, rencananya mo merit sama Yusuf bin Yakub. Mereka udah sampe tunangan segala. Pada zaman itu, menurut tradisi Yahudi (sampe sekarang kali yee), nge-seks mah kagak boleh sama sekali. Tapi eeh, Marianya, tek dung. Yusuf terang aja langsung mikir, Maria pasti maen gila sama yang lain. Yang jelas, Yusuf ngerasa, dirinya, jangankan mbolongin Maria, nyicip aja juga nggak pernah. Dasar AIB neh!

Yusuf, anaknya cool, nggak buru-buru update status atau cepet-cepet ngetweet, ngember soal Maria. Namun Yusuf, udah mikir, bakal mutusin Maria. Nah pada saat itu, ia mendadak disambangin Malaikat.

"Nyante aje Sup. Jangan cemen dong untuk nikahin Maria. Gebetan elo kagak selingkuh. Jabang bayi di perut Maria itu hasil olahan Roh Kudus. Maria bakal ngelahirin bayi lelaki. Elo kudu kasih nama Yesus. Tahu nggak artinya? Itu artinya Tuhan yang menyelamatkan. Kenape harus dinamain keren gitu? soalnya Dia bakal menyelamatkan umat manusia dari segala kebangsatan(maksudnya dosa coy) yang mereka lakukan."

Wah ini pas banget ama yang dulu, ratusan tahu lalu, dibilangin nabi Yesaya. Si perawan akan hamil dan melahirkan orok lelaki, dan orang-orang bakal manggil dia sebagai Immanuel."

Fragmen ayat-ayat Bibel versi gaul tersebut memang aneh di telinga.

Selain kata-kata vulgar seperti cewek Maria, ngeseks, mbolongin, maen gila, bunting, nyicip cewek, gebetan, dll, hal yang asing di telinga adalah adanya kata-kata modern yang hanya ada abad millenium, misalnya: update status, ngetweet, dan sebagainya.

Note :
Mohon jangan memberikan komentar yang bisa menyakiti "mereka", dengan munculnya berita ini saja, orang2 dari kalangan "mereka" sudah tentu merasakan kegoncangan. Cukuplah Allah swt saja yang meresapkan hidayah ke dalam hati orang2 yang masih diberi nurani.......tentu saja orang yang bukan saja berakal tetapi juga MAU MEMPERGUNAKAN AKALNYA


Media Files
injil%2Bgaul.JPG (JPEG Image)
   
   
Mungkinkah Sosok Ini Seseorang Yang Di Tunggu Dunia Pada Akhir Zaman ????
November 21, 2011 at 6:30 AM
 
Ahmadinejad, seorang tokoh di dunia nyata yang berhasil membuat dunia terpesona dengan kebijakannya yang jauh dari kemewahan seorang pemimpin. Seberapa sederhanakah beliau ini? Let me tell you. Berikut ini saya kutipkan sebagian dari yang saya baca dari beberapa sumber.

Konon ketika beliau sudah menjabat sebagai walikota Teheran yang memiliki populasi lebih besar daripada Jakarta ia masih tampil dengan sepatu yang bolong-bolong. Ia menyapu jalanan Teheran dan bangga dengan itu. Sampai sekarang pun ia masih tampil dengan kemeja lengan panjang sederhana sehingga jika kita tidak mengenalnya dan bertemu dengannya kita tidak akan pernah mengira bahwa beliau adalah seorang presiden. Ya presiden dari sebuah negara besar.

Sebelum menjabat sebagai presiden Iran beliau adalah walikota Teheran, periode 2003-2005. Teheran, ibukota Iran, kota dengan sejuta paradoks, memiliki populasi hampir dua kali lipat dari Jakarta, yaitu sebesar 16 juta penduduk. Untuk bisa menjadi walikota dari ibukota negara tentu sudah merupakan prestasi tersendiri mengingat betapa Iran adalah negara yang dikuasai oleh para mullah.

Ia bukanlah ulama bersorban, tokoh revolusi, dan karir birokrasinya kurang dari 10 tahun. Beliau tinggal di gang buntu, maniak bola, tak punya sofa di rumahnya, dan kemana-mana dengan mobil Peugeot tahun 1977. Penampilannya sendiri jauh dari menarik untuk dijadikan gosip, apalagi jadi selebriti. Rambutnya kusam seperti tidak pernah merasakan sampo dan sepatunya itu-itu terus, bolong disana-sini, mirip alas kaki tukang sapu jalanan di belantara Jakarta.

Nah! Kira-kira dengan modal dan penampilan begini apakah ia memiliki kemungkinan untuk menjabat sebagai walikota Depok saja, umpamanya? Dalam tempo setahun pertanyaan tentang kemampuannya memimpin terjawab.

Warga Teheran menemukan bahwa walikotanya sebagai pejabat yang bisa dibanggakan. Tanpa merasa risih beliau bisa menyapu sendiri jalan-jalan kota, gatal tangannya jika ada selokan yang mampet dan turun tangan untuk membersihkannya sendiri, menyetir sendiri mobilnya ke kantor dan bekerja hingga dini hari sekedar untuk memastikan bahwa Teheran dapat mejadi lebih nyaman untuk ditinggali. "Saya bangga bisa menyapu jalanan di Teheran." Katanya tanpa berusaha untuk tampil sok sederhana.

Di belahan dunia lain sosoknya mungkin dapat dijadikan reality show atau bahkan aliran kepercayaan baru. Sejak hari pertama menjabat ia langsung mengadakan kebijakan yang bersifat tidak populer seperti memisahkan lift bagi laki-laki dan perempuan (ini tentu menarik hati para wanita di Teheran), menggandakan pinjaman lunak bagi pasangan muda yang hendak menikah dari 6 juta rial menjadi 12 juta rial, pembagian sup gratis bagi orang miskin setiap pekan, dan menjadikan rumah dinas walikota sebagai museum publik! Ia sendiri memilih tinggal di rumah pribadinya di kawasan Narmak yang miskin yang hanya berukuran luas 170 m persegi.

Ia bahkan melarang pemberian sajian pisang bagi tamu walikota mengingat pisang merupakan
buah yang sangat mahal dan bisa berharga 6000 rupiah per bijinya. Ia juga menunjukkan dirinya sebagai pekerja keras yang sengaja memperpanjang jam kerjanya dari pagi hingga menjelang maghrib agar dapat menerima warga kota yang ingin mengadu.

Namun salah satu keberhasilannya yang dirasakan oleh warga kota Teheran adalah spesialisasinya sebagai seorang doktor dibidang manajemen transportasi dan lalu lintas perkotaan. Sekedar untuk diketahui, kemacetan kota Teheran begitu parahnya sehingga saya pernah dikirimi salah satu foto lelucon dari berbagai belahan dunia dengan judul "Only in _Equot; . salah satunya dari Teheran dengan judul "Only in Teheran" dengan foto kemacetan lalu lintasnya yang bisa bikin penduduk Jakarta menertawakan kemacetan lalu lintas di kotanya.

Mengagumkan, secara dramatis ia berhasil menekan tingkat kemacetan di Teheran dengan sebuah manuver tajam. Dicopotnya lampu-lampu di perempatan jalan besar dan mengubahnya menjadi jalur putar balik yang sangat efektif.

Setelah menjabat dua tahun sebagai walikota Teheran ia masuk dalam finalis pemilihan walikota terbaik dunia World Mayor 2005 dari 550 walikota yang masuk nominasi. Hanya sembilan yang dari Asia, termasuk Ahmadinejad.

Tapi itu baru awal cerita. Pada tanggal 24 Juni 2005 ia menjadi bahan pembicaraan seluruh dunia karena berhasil menjadi presiden Iran setelah mengkanvaskan ulama-cum-mlliter Ali Hashemi Rafsanjani dalam pemilihan umum. Bagaimana mungkin padahal pada awal kampanye namanya bahkan tidak masuk hitungan karena yang maju adalah para tokoh yang memiliki hampir segalanya dibandingkan dengannya?

Dalam jajak pendapat awal kampanye dari delapan calon presiden yang bersaing, Ali Akbar Hasyemi Rafsanjani, Ali Larijani, Ahmadinejad, Mehdi Karrubi, Mohammed Bhager Galibaf,
Mohsen Meharalizadeh, Mohsen Rezai, dan Mostafa Min, popularitas Ahmadinejad paling buncit.

Pada masa kampanye, ketika para kontestan mengorek sakunya dalam-dalam untuk menarik perhatian massa, Ahmadinejad bahkan tidak sanggup untuk mencetak foto-foto dan atributnya sebagai calon presiden. Sebagai walikota ia menyumbangkan semua gajinya dan hidup dengan gajinya sebagai dosen. Ia tidak mampu untuk mengeluarkan uang sepeser pun untuk kampanye! Sebaliknya ia justru menghantam para calon presiden yang menggunakan dana ratusan milyar untuk berkampanye atau yang bagi-bagi uang untuk menarik simpati rakyat.

Pada pemilu putaran pertama keanehan terjadi, Nama Ahmadinejad menyodok ke tempat ketiga. Di atasnya dua dedengkot politik yang jauh lebih senior di atasnya, Akbar Hashemi Rafsanjani dan Mahdi Karrubi. Rafsanjani tetap menjadi favorit untuk memenangi pemilu ini mengingat reputasi dan tangguhnya mesin politiknya.

Tapi rakyat Iran yang cenderung cerdas dan memiliki kesadaran punya rencana dan harapan lain, Ahmadinejad memenangi pemilu dengan 61 % sedangkan Rafsanjani hanya 35%. Logika real politik dibikin jungkir balik olehnya. Dan bukan tidak mungkin jika ada campur tangan Allah swt didalamnya.

Ahmadinejad memang penuh dengan kontroversi. Ia presiden yang tidak berasal dari mullah yang selama puluhan tahun telah mendominasi hampir semua pos kekuasaan di Iran, status quo yang sangat dominan. Ia juga bukan berasal dari elit yang dekat dengan kekuasaan, tidak memiliki track-record sebagai politisi, dan hanya memiliki modal asketisme, yang untuk standar Iran pun sudah menyolok.

Ia seorang revolusioner sejati sebagaimana halnya dengan Imam Khomeini dengan kedahsyatan aura yang berbeda. Jika Imam Khomeini tampil mistis dan sufistis, Ahmadinejad justru tampil sangat merakyat, mudah dijangkau siapapun, mudah dipahami dan diteladani. Ia adalah sosok Khomeini yang jauh lebih mudah untuk dipahami dan diteladani. Ia adalah figur idola dalam kehidupan nyata.

Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet sederhana biasa yang mudah dibersihkan.

Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan sederhana biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya. Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri2 nya untuk datang kepadanya dan menteri2 tsb akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan2 darinya, arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri2nya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri2 tsb berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

Langkah pertamanya saat menjadi presiden adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya. Hanya itulah yang dimiliki seorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas sederhana yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri2 nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri menterinya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara2 seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal2 spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya menjadi suatu acara sederhana yang biasa saja.

Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden?

Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal2nya yg selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto2 yg diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.
Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka. Bahkan ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet sederhana biasa saja.

Baru-baru ini dia baru saja mempunyai Hajatan Besar Yaitu Menikahkan Puteranya. Tapi pernikahan putra Presiden ini hanya layaknya pernikahan kaum Buruh. sebegitu sederhana kah Sang Presiden di Negara kaya minyak Iran?

Seorang 'satria piningit' yang mewujud dalam sosok nyata.Sebagaimana mentornya, ia tidak terpengaruh oleh kekuasaan. Kekuasaan seolah tidak menyentuh karakter-karakter terdalamnya. Ia seolah memiliki 'kepribadian ganda', di satu sisi ia bisa bertarung keras untuk merebut dan mengelola kekuasaan, dan di sisi lain ia bertarung sama kerasnya menolak segenap pengaruh kekuasaan agar tidak mempengaruhi batinnya.

Tidak bisa tidak, dengan karakter yang demikian kompleks itu seorang revolusioner macam Ahmadinejad memang ditakdirkan untuk membuat banyak kejutan dan drama pada dunia. Ia memangkas semua biaya dan fasilitas kedinasan yang tidak sinkron terutama dengan urusan pribadi.

Dalam pandangannya, untuk mewujudkan masyarakat Islam yang maju dan sejahtera, pejabat negara haruslah memiliki standar hidup yang sama dengan rakyat kebanyakan., mencerminkan kehidupan nyata dari masyarakatnya, dan tidak hidup di menara gading.

Ia menetapkan PPN baru bagi orang-orang kaya dan mengunakan dananya untuk membangun perumahan bagi rakyat miskin. Ia membawa 'uang minyak ke piring-piring orang miskin' dengan mengalokasikan 1,3 milyar dollar untuk program bantuan bagi kalangan muda untuk menikah, memulai usaha baru, dan membeli rumah.

Meski mengagumi Imam Khomeini dan hidup asketis tidak berarti ia konservatif. Ia bahkan tampil moderat. Meski telah terpilih menjadi presiden ia sama sekali tidak mengubah penampilannya. Ia tetap tampil bersahaja dan jauh dari pamor kepresidenan. Pada salah satu acara dengan kalangan mahasiswa salah satu peserta menanyakan penampilannya yang tidak menunjukkan tampang presiden tersebut.

Dengan lugas ia menjawab,:"Tapi saya punya tampang pelayan. Dan saya hanya ingin menjadi pelayan rakyat."

Air mata saya mengalir membaca ini. Subhanallah! Alangkah rendah hatinya pemimpin satu ini. Tak salah jika ia dicintai oleh bagitu banyak mahluk Tuhan di seluruh muka bumi.

Saya tidak ingin menulis lebih panjang tentang tokoh satu ini. Saya menganjurkan setiap orang untuk membeli buku biografinya dan membacanya sendiri dan menikmatinya sebagaimana saya menikmatinya. Belikan satu buku untuk anak Anda dan biarkan ia mengenal satu tokoh besar dunia yang masih hidup dan mudah-mudahan kelak dapat mengikuti jejaknya. Saya hanya ingin menutup tulisan ini dengan pendapatnya mengapa ia bersikeras agar Iran memiliki teknologi nuklir. Katanya,:

"Jika nuklir ini dinilai jelek dan kami tidak boleh menguasai dan memilikinya mengapa kalian sebagai negara adikuasa boleh memilikinya? Sebaliknya, jika teknonuklir ini baik untuk kalian, mengapa kami tidak boleh juga memakainya?" Suatu argumen sederhana yang bahkan tidak mampu dijawab oleh negara-negara Barat. Itu sebabnya Bush tidak bersedia bahkan terlihat gentar meladeninya dalam suatu tantangan debat di PBB.

Siapakah sosok Mahmud Ahmadinejjad yang berhasil membuat dunia terpesona. Dan kami mengira tidak ada satupun karakter dan kebiasaan kaum Yahudi atau Teroris yang melekat padanya. Sayang sekali hingga detik ini kami belum berhasil mengetahui nama asli dari bapak kandungnya. Mungkinkah beliau adalah seseorang yang ditunggu dunia di akhir zaman ???

"Telah bersabda Rasulullah SAW, "Pada akhir zaman akan muncul seorang khalifah yang berasal dari umatku, yang akan melimpahkan harta kekayaan selimpah-limpahnya. Dan ia sama sekali tidak akan menghitung-hitungnya. (HR. Muslim dan Ahmad)

"Sungguh, bumi ini akan dipenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Dan apabila kezhaliman serta kesemena-menaan itu telah penuh, maka Allah SWT akan mengutus seorang laki-laki yang berasal dari umatku, namanya seperti namaku (Muhammad, Ahmad, Mahmud), dan nama bapaknya seperti nama bapakku (Abdullah). Maka ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran, sebagaimana ia (bumi) telah dipenuhi sebelum itu oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Di waktu itu langit tidak akan menahan setetes pun dari tetesan airnya, dan bumi pun tidak akan menahan sedikit pun dari tanaman-tanamannya. Maka ia akan hidup bersama kamu selama 7 tahun, atau 8 tahun, atau 9 tahun. (HR. Thabrani) "

Jika itu benar, maka akhir dunia kini tinggal menunggu waktu, karena kemunculannya (imam Mahdi) adalah tanda penghubung antara kiamat sughra dan kiamat kubra. Wallahu A'lam Bisshawab


Media Files
ahmadinejjad.jpg (JPEG Image)
   
   
Fakta Di Balik Konspirasi Wabah Flu Burung
November 21, 2011 at 6:27 AM
 
Uraian DNA H5N1 asal Indonesia disimpan di Los Alamos National Laboratory New Mexico AS. Laboratorium yang dikontrol Kementerian Energi AS ini dulu digunakan untuk merancang bom atom Hiroshima. Lantas, virus ini untuk vaksin atau senjata kimia?

Mantan Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari dalam bukunya yang berisi pengalaman langsung selama menangani penyakit pandemik ini terbit dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Judulnya, "It's Time for the World to Change, Divine Hand Behind Avian Influenza." Dalam edisi Indonesia berjudul "Saatnya Dunia Berubah. Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung."

Buku bersampul merah–yang edisi bahasa Inggris–ini beredar luas di AS dan Eropa. Saat itu AS dan sekutunya langsung berang. Pasalnya, sang menteri membeberkan keberhasilannya menumbangkan ketidaktransparanan WHO dalam mekanisme virus sharing H5N1. Selama 50 tahun terakhir, mekanismenya harus melalui Global Influenza Surveilance Network (GISN) bentukan AS yang tidak ada dalam struktur resmi WHO.

Cardiyan HIS, editor buku ini menuturkan kronologisnya. Perlawanan sang menteri dimulai ketika flu burung mulai menelan korban pada 2005. Saat itu, menkes "marah" karena kematian tujuh orang warga Tanah Karo, Sumatera Utara, langsung diumumkan oleh WHO melalui CNN sebagai kasus flu burung human to human. Padahal, tidak didahului dengan penelitian DNA korban. Hipotesa menkes saat itu, kasusnya masih animal to animal. "Ternyata hipotesa ini terbukti benar sampai sekarang," jelasnya.

Meski begitu, menteri kelahiran Solo, 6 November 1950 ini tetap kelabakan. Tamiflu, satu-satunya obat yang dipercaya bisa mengobati flu burung, harus tersedia. Tapi obat ini justru diborong negara-negara kaya yang tak terkena flu burung. "Ini tidak adil, negara-negara lemah yang terkena tidak memperoleh apa-apa. Untung saja ada bantuan dari India, Thailand dan Australia," ujar Menkes kala itu.

Korban terus berjatuhan. Pada saat bersamaan, dengan alasan penentuan diagnosis, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melalui WHO Collaborating Center (WHO–CC) di Hong Kong memerintahkan Indonesia menyerahkan sampel spesimen H5N1. Perintah itu diikuti menkes. Tapi, ia juga meminta Laboratorium Litbangkes melakukan penelitian. Hasilnya ternyata sama. Lalu, mengapa WHO–CC meminta sampelnya dikirim ke Hong Kong?

Dalam buku versi bahasa Inggris, menkes menulis, ia terbayang pada korban flu burung di Vietnam. Sampel virus orang Vietnam itu diambil dan dikirim ke WHO CC untuk dilakukan risk assessment, diagnosis dan dibuat seed virus. Dari seed virus ini dibuat vaksin. Ironisnya, pembuat vaksin adalah perusahaan-perusahaan besar dari negara kaya yang tak terkena flu burung. Mereka mengambil dari negara korban dan menjualnya ke seluruh dunia tanpa izin, tanpa kompensasi.

Siti Fadilah pun "marah". Ia merasa kedaulatan, hak dan martabat negara-negara berkembang dipermainkan GISN WHO. Badan yang sangat berkuasa ini telah menjalani praktik selama 50 tahun. Badan ini telah memerintahkan lebih dari 110 negara untuk mengirim spesimen virus flu-nya tanpa bisa menolak. Virus menjadi milik mereka dan mereka berhak memprosesnya menjadi vaksin.

Menurut Cardiyan HIS, menkes yang juga ahli spesialis jantung dan pembuluh darah ini cukup cerdik. Meski terpaksa mengirim sample virus ke WHO, pada saat yang sama ia juga mengirim ke Gene Bank, agar hasilnya bisa diakses oleh ilmuwan di seluruh dunia. Tidak seperti GISN WHO yang hanya dihuni 15 ilmuwan eksklusif, empat orang dari WHO dan selebihnya tak dikenal. Ilmuwan dunia menyambut baik keberanian Indonesia. Ini dianggap sebagai revolusi besar.

Saat menkes ragu pada WHO, The Straits Times Singapura (27 Mei 2006) melaporkan, para ilmuwan tidak dapat mengakses data sequencing DNA H5N1 di WHO-CC. Belakangan diketahui, data ini justru disimpan di Los Alamos National Laboratoty di New Mexico, AS di bawah kontrol Kementerian Energi AS. Meski pemerintah AS membantahnya, tapi situs resmi Los Alamos terang-terangan mengakui menyimpan uraian DNA H5N1 asal Indonesia.

Di laboraturium inilah dulu dirancang bom atom Hiroshima. Lantas, virus ini untuk vaksin atau senjata kimia? Siti Fadilah pun tak tinggal diam. Ia minta WHO membuka data itu. Ia berusaha keras agar mekanisme virus sharing diubah menjadi transparan. Hasilnya, pada 8 Agustus 2006, WHO mengirim data itu. Tak berhenti di situ, menkes terus mengejar WHO-CC agar mengembalikan 58 virus asal Indonesia.

Asro Kamal Rokan dalam artikelnya di Republika menulis, 58 virus asal Indonesia konon sudah ditempatkan di Bio Health Security, Lembaga Penelitian Senjata Biologi Pentagon. Meski harus berhadapan dengan adidaya, menkes terus melawan. Ia tak lagi bersedia mengirim spesimen virus yang diminta WHO, selama mekanismenya imperialistik, kapitalistik dan mengancam umat manusia.

Perlawanan menkes tak sia-sia. Meski Siti Fadilah dikecam WHO dan dianggap menghambat penelitian, tapi akhirnya dalam sidang Pertemuan Kesehatan Sedunia di Jenewa, 20 November 2007, International Government Meeting (IGM) WHO, menyetujui mekanisme virus sharing dan membubarkan GISN.

Kini Indonesia ditunjuk oleh World Health Assembly Meeting (forum tertinggi menteri-menteri kesehatan seluruh dunia), untuk membuat konsep virus sharing. Selain melakukan deal dengan Baxter Inc (perusahaan farmasi AS) Indonesia juga akan bekerjasama dengan banyak perusahaan termasuk dari dalam negeri seperti, Lembaga Eijkman dan PT Biofarma Tbk yang sudah mampu membuat vaksin.

Tapi, upaya AS dan sekutunya untuk membungkam buku ini tak pernah surut. Meski sudah sebulan berlalu, melalui jalur diplomatik di dalam dan luar negeri, AS terus menekan pejabat-pejabat Indonesia agar menarik buku edisi bahasa Inggris yang beredar luas di AS dan Eropa itu. Beberapa komprador AS di dalam negeri juga terus beraksi, agar buku yang memalukan tuannya ini ditarik. Tapi, Menkes bergeming.

Ia tak gentar menghadapi reaksi keras kaum kapitalis ini. Ia bertekad mempertahankan buku itu agar tetap beredar, apa pun risikonya. "Saya tak akan pernah tarik buku itu dari peredaran. Bahkan, menkes justru akan mencetak ulang dan menerbitkan jilid keduanya. "Selain cetak ulang, saya juga akan segera menerbitkan jilid dua buku ini," paparnya.

Beberapa pihak juga medukung agar menkes tidak menarik dan merevisi bukunya itu. Dukungan antara lain datang dari Ketua Umum PP Muhhamadiyah Dien Syamsuddin, Ketua Umum PP Nahtlatul Ulama Hasyim Muzadi dan mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafiie Ma'arif, "Siapapun tidak punya hak untuk melarang peredaran buku ini, kecuali buku ini mengganggu ketertiban," tegas Pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng Sholahuddin Wahid.

Bahkan, Kepala Badan Intelejen Negera (BIN) Syamsir Siregar, setelah memanggil dan mendengar penjelasan Siti Fadilah juga menyatakan dukungannya. "Setelah saya jelaskan, BIN bisa menerima bahkan memberi dukungan," tandas menkes. Demikian juga dengan Menteri Pertahanan dan Keamanan Juwono Sudarsono yang melihat menkes telah memenangkan pertempuran diplomasi internasional.

Sebagai peneliti yang telah lama malang melintang di dunia kesehatan, Siti Fadilah tahu betul, virus bisa dilemahkan, bisa dijadikan vaksin atau dikuatkan menjadi senjata biologi.

Data uraian virus tidak mungkin didapat tanpa meneliti virus. Dengan data yang lengkap maka virus dapat direkayasa menjadi senjata biologis. Tidak masuk akal jika laboratorium yang pernah menciptakan bom atom Hirosima, hingga antrax, hanya menyimpan data sequensing, tanpa virusnya.

Indonesia sendiri pernah kecolongan pada kasus virus small pox (cacar). Pada 1974, Indonesia dinyatakan bebas cacar oleh WHO. Karenanya, tahun 1984 WHO datang ke Indonesia untuk memusnahkan virus cacar sekaligus laboratoriumnya di Biofarma Bandung. Sejak saat itu Indonesia tidak lagi memiliki virus cacar. Tiba-tiba pada 2003, WHO mengumumkan adanya senjata biologis dari virus cacar.

"Tahun 2005 Indonesia harus membeli vaksin cacar dari WHO karena ada senjata biologi dari small pox. Yang bikin siapa saya tidak tahu tapi yang punya vaksin adalah perusahan Amerika," jelas Siti Fadilah. Selanjutnya, seluruh dunia harus membeli vaksin untuk persediaan. Harganya pun super mahal, mencapai Rp 600 milyar.


Media Files
flu_burung1.jpg (JPEG Image)
   
   
Astronot India Kembali Membuktikan Kebenaran Ucapan Neil Armstrong Tentang KOTA BERCAHAYA
November 21, 2011 at 6:26 AM
 
Sebuah pesan pendek tersebar tentang kabar masuk Islamnya Sunita Williams, astronot wanita India pertama yang pergi ke bulan pada 2 Juli 2007 lalu.

Berita menghebohkan ini bukanlah yang pertama, sebelumnya astronot asal Amerika Serikat Neil Armstrong juga menyatakan dirinya masuk Islam sekembali dari bulan. Apakah ini berita bohong? Yang jelas pihak NON MUSLIM sangat tidak suka dengan pemberitaan ini. Lalu disebarlah kabar, bahwa ini berita bohong.

Perlu diketahui, Sunita Williams adalah seorang astronot kelahiran Ohio 19 September 1965 dari orang tua berketurunan India-Slovenia. Menikah dengan Michael J. William, seorang Polisi Federal di Oregon, USA. Sebagai astronot pertama India, dia memegang rekor perjalanan luar angkasa untuk wanita: berada diluar angkasa terlama (195 hari), dan berjalan diluar angkasa (29 jam, 17 menit).

Dalam perjalanannya ke bulan, Sunita William melihat fenomena yang aneh saat pandangannya menuju ke bumi. Ketika bagian bumi lainnya nampak gelap, ternyata ada sebagian kecil bumi yang nampak terang yaitu MAKKAH dan MADINAH.
Sunita mengatakan, dari atas seluruh permukaan bumi diselimuti kegelapan, namun betapa terkejutnya ketika dengan bantuan teleskop, ada dua tempat yang sangat berbeda, yaitu Makkah dan Madinah. Kedua tempat itu nampak terang dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya dibelahan bumi. Masya Allah, Laa Quwwata Illa Billaah.

Selain itu, fenomena lain yang ditangkapnya adalah saat gelombang suara dari bumi tidak mampu merambah luar angkasa, dia ternyata bisa menangkap suara Adzan. Apakah ini suatu keanehan, atau merupakan suatu jalan dari Allah untuk menunjukkan sisi-sisi kebenaran kepada sang Astronout? Dikabarkan setelah peristiwa ini, Sunita Williams memeluk agama Islam.

Beberapa tahun yang lampau, sekitar tahun 1970, Neil Amstrong pernah mengalami hal serupa saat mendaratkan kakinya di bulan. Dikabarkan saat itu dia mendengar sebuah suara yang dikemudian hari ia mengenalinya sebagai SUARA ADZAN

Tepatnya saat Neil diundang seminar di Universitas Kairo, Mesir. Di saat dia menyampaikan makalahnya, saat adzan berkumandang menunjukkan waktu shalat, moderator menghentikan presentasinya untuk mendengarkan adzan. Dan Neil berseru, "Ini dia suara yang pertama kali aku dengar saat mendarat di bulan."

Setelah itu, Neil Amstrong menemui salah satu profesor di universitas itu. Dia ingin tahu banyak tentang Islam. Dan tidak lama setelah itu, dia pun menjadi muallaf. Pemberitaan masuk Islamnya Neil Armstrong dan Sunita William belakangan menjadi polemik di masyarakat.

Tetapi bagi kita umat muslim, tidak perlu seorang Neil Armstrong untuk meyakinkan diri kita bahwa agama Islam adalah benar. Jika kita yakin berada di agama yang lurus, maka yakinlah bahwa hal itu benar. Kita tidak perlu menggunakan nama besar Neil Armstrong untuk membenarkan agama kita. Percayalah, nama MUHAMMAD SAW sudah cukup besar buat kita dan dunia. Terlepas benar atau tidaknya Sunita William atau Neil Armstrong masuk Islam sepulang dari bulan, kita berharap Allah Swt memberi hidayah kepadanya.

Bagaimanapun juga para missionaris (NON MUSLIM) sangat tidak suka dengan pemberitaan ini. Padahal jika Allah menghendaki, ihwal terdengarnya suara azan di bulan, bukanlah suatu hil yang mustahal ataupun hal yang mustahil. Bisa saja terjadi. Dan Media Barat selamanya tidak akan pernah memberitakan hal-hal yang dianggap bisa "MENGGUNCANGKAN UMATNYA", bukan hanya di AS, tapi juga seluruh dunia.

Dan sekali lagi sejarah membuktikan bahwa sekalipun Islam dituduh sebagai "agama orang bodoh", "agama kampungan", "agama rendahan", "agama orang miskin", atau apapun tuduhannya, tetap saja orang yang berbondong2 mengikutinya rata rata berasal dari orang2 cerdas, orang yang tidak sekedar BERAKAL tetapi juga MEMPERGUNAKAN AKALNYA. Subhanallah, walhamdu lillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar.


Media Files
sunita-ok.jpg (JPEG Image)
   
   
Mayat 'Alien' Disimpan di Lemari Es (Foto)
November 21, 2011 at 5:31 AM
 
alt



M arta Yegorovnam, wanita tua dari kota Petrozavodsk melaporkan bahwa ia sempat menyimpan mayat alien yang telah dibekukan dalam lemari esnya selama beberapa tahun.




Alien tersebut ia temukan disamping rumahnya.



alt



Saat ditemukan, tubuh alien tersebut dikatakan 'sangat panas' dan terdapat sejumlah potongan logam tergeletak disampingnya. Sebelum menemukan tubuh itu, ia sempat mendengar suara-suara yang sangat mengerikan. Panjang makhluk aneh tersebut sekitar 40-50 cm, memiliki kepala dan mulut besar. Makhluk misterius ini juga mengenakan pakaian compang-camping.




alt



Beberapa hari lalu wanita tua itu dikunjungi oleh beberapa orang yang kemudian mengambil tubuh aneh itu untuk tujuan penyelidikan dan membawanya ke Pusat Riset Karelian dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.



alt



Namun, sejumlah staf dari Pusat Riset yang diwawancarai mengatakan bahwa mereka belum pernah mendengar tentang temuan tersebut


   
   
Prasasti Telapak Kaki
November 21, 2011 at 5:16 AM
 
1321758457100546008

Padang guci adalah salah satu nama daerah di indonesia,Padang guci terletak di Kabupaten kaur Bengkulu Selatan.Keindahan Alam padang guci dan keunikanya sangat menarik. Daiantaranya di temukanya Prasasti telapak kai,menurut ceita,prasasti telapak kaiki ini adalah penginggalan zaman maja Pahit.prasasti telapak kaiki terletak di persawahan cughup soermeka,kiara-kira 10 menit dari Desa Manau IX.2, Padang Guci Hulu,Kabupaten Kur. menurut cerita masayarakt prasasti telapak kaki ini merupakan telapak kai puyang Pepe,dimana tempat belaiu beristirahat dari pagar alam besemah habis pinjam tabuhan.tabuhan merupakan alat musik tradisioanal,Lalu Tabuhan Tersebut diletakan diatas batu tersebut.Sehingga tibmbulah Lubang di ats batu tesebut. selain itu telihat jelas telapak kai sebelah kiri,juaga di temukan 6 bauah loabng di perkiarakan luabnag tersebuat beaks beliau melaetakan tabuahan. tapi sayangya tidak ada orang yang merawat batu tersebuat.padahal ini merupakan salah satu kekayaan buadaya kiata dan peninggalan sejarah.
Apri Yosi


   
   
Wali songo apa dan siapa mereka
November 21, 2011 at 5:15 AM
 

50356 39857034421_1128276_nPernah anda berpikir siapa walisongo, siapa dan apa mereka ?? saya yakin anda akan berpikir bahwa wali songo adalah orang orang yang sakti penuh karmah. lucu juga ya melihat cerita kayak gini banyak beredar di masyarakat, kenapa lucu karena cerita kayak gini adalah pembodohan. lo kok bisa pembodohan sebabnya kenapa. gini ceritanya jaman belanda cerita ini dibuat agar orang orang indonesia jawa khususnya gak mau belajar jadi pinter dari segi tekhnologi terus mereka suka lelakon, ada yang puasa tujuh hari tujuh malam supaya kebal tembak peluru ada yang puasa mutih, pati geni dsb.




anda pikir wali songo orang sakti sekali lagi anda salah, wali songo adalah sekumpulan orang orang pintar bukan sakti. kenapa walisongo pintar, coba anda analisa berawal dari ampel dimana sunan ampel mendirikan sebuah pesantren disana kemudian beliau mempunya murid sunan kalijogo, sunan kudus, sunan giri, sunan gunung jati dll. sunan ampel adalah seorang ulama sejati yang mewarisi tradisi pendidikan rasulullah dimana beliau tidak hanya mempelajari agama disitu tapi beliau juga mengajarkan kepada murid muridnya tentang tata negara, sosial, ekonomi, perang dll.


setelah sunan ampel mendidik dari murid muridnya beliau merasa perlu mendirikan sebuah pemerintahan dibawah ajaran agama islam, dimana pondasi islam sebagai dasar negaranya. beliau memilih mendirikan pemerintahan di daerah Demak, kenapa dengan Demak. di daerah itu jauh dari majapahit yang nota bene merupakan sebuah kerajaan besar waktu itu, hal ini di liat dari segi geografis tentu tidak memungkinkan mendirikannya di surabaya karena hal itu akan berbahaya bagi mereka. yang kedua diangkatnya raden patah sebagai pemimpin pemerintahan karena beliau menganggap raden patah mempunya ilmu tentang pemerintahan, disamping itu juga kedekatan hubungan keturunan antara raden patah dengan majapahit yang sebagai mana kita ketahui bahwa raden patah mempunyai tali persaudaraan dengan majapahit tentu hal itu akan memudahkan lobi pemerintahan. ketiga dalam susunan pemerintahan kerajaan demak disusunlah departemen departemen yang mengurusi bidang sesuai dengan bidangnya contoh sunan kali jogo dia di berikan tugas sebagai departemen humas karena beliau melihat bahwa sunan kali jogo mempunyai kepandaian bicara dalam masyarakat. adapun kenapa sunan kali jogo disebut kali jogo bukan karena dia bertapa di pinggir kali sebagaimana yang kita dengar dan kita lihat di film. sunan kali jogo sendiri disebut kali jogo karena beliau berdakwah dengan melewati kali (sungai) sebagaimana kita ketahui bahwa dulu demak adalah rawa dan di penuhi banyak anak sungai sehingga dalam melakukan dakwahnya sunan kali jogo sering memakai sungai.


untuk dewan syariah di pilih sunan giri dan dewan dewan lainnya.

seandainya wali songo orang yang sakti tentu mustahil mereka mendirikan sebuah negara, coba anda lihat waktu jaman penjajahan apakah kita meragukan cerita kalau indonesia dulu banyak orang sakti tapi kita tetep aja di jajah. ingat bung dalam mendirikan sebuah negara bukan kesaktian yang diperlukan tapi kepintaran (pake otak jangan otot), sungguh ironis sekali kalau kita tetap saja mewarisi cerita cerita kalau kita harus sakti bukan pintar. sunnatullah ketika benda yang jatuh dari atas adalah ke bawah bukan atas, coba bandingkan ki… bla bla bla (jadi dukun dan bodoh terus dan dukun dukun sapa aja) atau linus trovald yang lebih maju dalam hidup dan membawa kemajuan untuk manusia ??

tidak ada daya dan upaya selain dariNya.

akankah kita terus hidup dalam pembodohan dan sejarah yang tidak masuk akal.


Nb : saya tidak meragukan adanya karamah karena itu tertuang dalam Al Quran tapi saya hanya ingin mengajak pembaca untuk lebih berpikir dengan logika, alangkah indahnya karamah dan kepintaran disatukan.
Clarck Connect


   
   
Sejarah Kungfu dan Perkembangannya
November 21, 2011 at 5:12 AM
 

1321804176645088338




Kungfu atau gongfu, memiliki makna sesuatu yang di dapatkan atau di peroleh dalam jangka waktu lama dan dengan ketekunan tinggi. Ilmu kungfu banyak di kenal orang berasal dari negeri Tiongkok. Ilmu ini pun lambat laun menyebar ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dimasa yang lalu ilmu kungfu di sebut dengan ilmu kuntao. Selain nama kuntao di sebut juga dengan istilah wushu dan kundao/kuntao.



Ilmu kungfu pada jaman dahulu, di pelajari orang untuk bertahan hidup. Awalnya ilmu kungfu ini berkembang dari kemampuan dan kebutuhan untuk bertahan hidup. Orang berusaha membela diri dari serangan sekelompok manusia lain yang di anggap dapat mengancam keselamatan dirinya pada masa itu.



Ketika ilmu pengetahuan di bidang obat-obatan mulai mengalami perkembangannya, serta perang saudara yang sangat berkepanjangan di Tiongkok kuno kungfu berkembang luas dan mempengaruhi cikal bakal berbagai jenis ilmu bela diri seperti kempo, karate, dan pencak silat.



Ilmu kungfu memiliki aneka macam jenis dan alirannya. Aliran kungfu yang sangat melegenda berasal dari vihara Shaolin [Siaw Liem Sie ], Omei [Emei-Gobi], Kun Lun, Hua San, Thian San, Khongtong dan sebagainya.

Nurulita Rachma Budi Utami


   
   
Krakatau dan Proses Globalisasi
November 21, 2011 at 5:11 AM
 

Peradaban manusia mengambil pelbagai bentuk alam. Salah satunya bencana. Ibnu Rusy menyatakan bahwa peradaban manusia bisa dibentuk melalui sebuah bencana alam atau yang dibuat manusia, seperti perang. Dalam hal ini, peradaban manusia adalah alat pemenuh kebutuhan yang vital. Sejarah peradaban manusia sendiri banyak yang bergantung pada kondisi keberadaan bencana di suatu tempat. Pun halnya dengan proses globalisasi, proses bencana dapat membentuk suatu konektivitas yang amat luas ke pelbagai penjuru dunia yang membentuk proses globalisasi.



Sebagai contoh, kita ambil saja peristiwa meletusnya Gunung Krakatau di Selat Sunda (1883). Hal ini meluluh-lantahkan sistem pemerintahan dan ekonomi di Hindia Belanda pada masa Gubernur Jendral Frederik s'Jacob. Perlu diketahui, pada saat itu komunikasi jarak jauh sudah dikenal lewat telegram. Frederik s'Jacob pada saat Krakatau meletus pada 19 Mei 1883 memberikan laporan kepada pemerintah induk di Belanda, hal ini menimbulkan kegaduhan politik pada saat itu.


Kebijakan Frederik s'Jacob untuk memulihkan kondisi ekonomi di negara induk Belanda akibat perang kemerdekaan Belgia (1830) harus mendapat terpaan lagi dari bencana dahsyat di Krakatau. 36.000 orang tewas, angkutan transportasi baik laut maupun darat terhenti selama berbulan-bulan, akibat gangguan cuaca. Di sekitar Lampung, Bengkulu, Bandung hingga Cirebon terjadi gempa silih berganti (Loir, 1999: 80). Suara letusan terdengar hingga Australia, Filipina, Sri Lanka dan Pulau Rodriguez yang jaraknya 4.700 km dari Krakatau. Total debu volkanik dan piroklastik yang dimuntahkan oleh Krakatau sekitar 30 km3 menghasilkan indeks letusan (Volcanic Explosity Index) pada angka 6 yang berarti Sangat Besar.


Kerajaan Islam di Jawa lumpuh total, serta kehilangan vassal-vassal mereka. Di luar negeri, Perang Turki Ottoman dan Mesir terhenti selama berminggu-minggu akibat langit yang sangat gelap. Kemudian, perang di Pasifik, yaitu pertempuran antara Chili dan pasukan gabungan Peru dan Bolivia, yang terjadi dari tahun 1879 harus berhenti di tahun 1883. Krakatau membuat Bolivia terisolasi dari laut akibat gangguan cuaca. Chili mendapat teritori wilayah yang kaya mineral dari konflik ini, menggabungkan provinsi Tarapacá milik Peru dan provinsi Antofagasta milik Bolivia.



Setelah peristiwa Krakatau meletus Frederik s'Jacob diganti oleh gubernur bernama O-van Riees (1884). Banyak terjadi konflik di berbagai daerah terutama di Banten, Pekalongan, dan di Batavia sendiri. Kemiskinan merajalela, serta kebangkrutan ekonomi melanda tidak hanya Hindia-Belanda, tapi juga dunia. Bahkan Majalah Time edisi September 2010 menyebut Karakatau sebagai letusan gunung nomor dua paling dahsyat dan paling berpengaruh di dunia. Namun dari bencana itu, telah membuat proses globalisasi muncul. Mata dunia tertuju pada bumi nusantara, yang memiliki keeksotisan luar biasa dan menawan. Para peneliti serta turisme mulai berdatangan di tahun-tahun 1890-an, untuk menjamah bumi pertiwi.


Adalah sejarawan Lucien Febvre, yang menyatakan bahwa ada semacam hukum dalam relasi antara manusia dengan alam yang tak dapat dielakkan (Febvre, 1966:9). Manusia di dalam budayanya dan sepanjang sejarahnya, selalu dipengaruhi oleh lingkungan alamnya. Adaptasi manusia terhadap lingkungannya adalah demi peradabannya. Di dalam kehidupan, manusia tidak dapat melepaskan diri dari lingkungan alam di sekitarnya. Kita dapat belajar banyak dari globalisasi lewat letusan Krakatau.***


Sumber Rujukan


Cartwright, Frederick F. Disease and History. New York: Mentor. 1972.


Febvre, Lucien. A Geographical Introduction to History. London. 1966.

Loir, Chambert Henry dkk (ed). Panggung Sejarah: Persembahan kepada Prof. Dr. Dennys Lombard. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 1999.
Mahan, Alfred. The Influence of the Sea Power Upon History 1660-1783. London: Methuen. 1965.

Marwick, Arthur. The Nature of History, Second Edition. London: Macmillan Education Ltd.


Agung Wibowo


   
   
Ditemukan, Sarang Bayi Dinosaurus di Mongolia
November 21, 2011 at 5:06 AM
 
Bukti ini menunjukkan mereka mungkin telah diserbu oleh badai pasir" kata peneliti

Sarang bayi dinosaurus (livescience.com)

Sebuah sarang yang berisi 15 fosil dinosaurus terbongkar di Mongolia. Penemuan dinosaurus dari keluarga Triceratops itu menunjukkan bahwa binatang pemakan tumbuhan tersebut mungkin saat itu sedang melindungi anak-anaknya.

Fosil dinosaurus yang ditemukan tersebut dinamakan Protoceratops Andrewsi, seekor herbivora seukuran domba yang hidup sekitar 70 Juta tahun yang lalu, yang diketahui berembel-embel di belakang kepalanya. Dalam sarang tersebut bayi tersebut panjangnya sekitar 4 sampai 6 inchi (setara dengan 10 sampai 15 cm) dan lemungkinan berusia lebih dari satu tahun.

"Bukti ini menunjukkan mereka mungkin telah diserbu oleh badai pasir," sebut David fastovsky, peneliti vertebrata paleontologist di Universitas Rhode Island seperti dikutip dari LiveScience.

Pembakaran di jantung gurun Gobi, yang mana sarang tersebut ditemukan telah terbukti bahwa daerah tersebut kaya fosil di masa lalu, termasuk pertarungan dinosaurus. Tempat tersebut juga merupakan tempat dikuburkannya Velciraptor dan Protoceratops yang terkunci dalam pertarungan.


Situs ini dan batu pasir mengubur dinosaurus tersebut, daerah tersebut yakni daerah ERG. Bukit pasir tertiup angin bidang sedikit seperti bagian Sahara. Bukit pasir di situ mungkin telah mencapai setinggi 80 kaki (24 meter).

Ini merupakan penentuan pertama dari sarang Protoceratops yang dibongkar, meskipun para peneliti telah menemukan apa yang mereka kira sebagai sarang Proto ceratops sejak 1920 an, dengan membuka telur yang mengungkapkan bahwa mereka benar telah memiliki dinosaurus lain, Oviraptor, mahluk yang sebelumnya diduga mengintai di sekitar telur untuk memakan mereka.

Fakta penemuan bayi dinosaurus menunjukkan bahwa Protoceratops mungkin melindungi bayi mereka selama tahap masa pertumbuhan. Selain itu, Protoceratops merupakan bagian dari dinosaurus primitive, ceratopsian, yang semakin menunjukkan bahwa sarang dan kepedulian induk telah ditemukan ciri-ciri ceratopsians lainnya, seperti Triceratops.

"Ini cukup mengejutkan bahwa ada 15 Protoceratops remaja di sini yang tampaknya sangat terawatt," kata fastovsky. "Tapi mereka hidup dalam lingkungan keras, jadi mungkin tingkat kematian yang tinggi," tambahnya.



Rekonstruksi Ekosistem


Peneliti akan merekonstruksi ekosistem dimana Protoceratops tinggal untuk lebih memahami kehidupan mereka dan mengapa mereka mengadopsi strategi dari keluarga mereka.

"Kita tidak mengetahui apa yang mereka makan pada saat itu, kami juga tidak mengetahui tumbuhan yang hidup pada saat itu," uajrnya. Ia menambahkan bahwa hal itu lebih produktif daripada apa yang bisa kita harapkan dari bidang bukit pasir, mengingat betapa banyak fosil ditemukan di sana.

Penemuan ini secara detail ditulis di Jurnal Paleontologi terbitan November


   
   
Kiamat Ternyata Tak Seburuk Perkiraan
November 21, 2011 at 5:04 AM
 
Headline

Berita mengenai meteor raksasa akan menghantam Bumi jelas bukan berita menyenangkan. Saat menghantam Bumi, meteor akan menyebabkan gempa, tsunami dan badai api.
Namun, para ilmuwan berhasil menciptakan model baru untuk meramalkan dampak dari tabrakan yang disebut-sebut maha dahsyat itu. Hasilnya, model baru ini menunjukkan, kehancuran yang terjadi tak akan separah seperti perkiraan sebelumnya.

Para ilmuwan dari University of Munich berpendapat, prediksi sebelumnya mengenai kerusakan yang bisa terjadi mengasumsikan, Bumi akan tetap berada pada kondisinya tanpa cacat dan bulat.

Namun, bentuk bulat asli planet ini sebenarnya dipenuhi dengan puncak dan palung besar yang akan membantu meredakan gelombang seismik yang muncul. "Setelah meteorit menghantam, gelombang seismik menyebar ke seluruh permukaan Bumi seperti batu yang dilempar ke air," papar kepala peneliti Matthias Meschede.

Bagi Bumi, perhitungan semacam ini biasanya dibuat menggunakan model yang bulat sempurna dan halus. Namun, tim ini menemukan, fitur permukaan planet ini atau bulan memiliki pengaruh besar pada gempa susulan setelah hantaman meteorit besar. "Jadi sangat penting untuk memperhitungkan faktor ini," lanjutnya.

Tim Meschede menggunakan model buatan mereka sendiri untuk menghasilkan simulasi baru hantaman meteorit yang menyapu dinosaurus 65 juta tahun silam dan menyebabkan munculnya kawah raksasa Chicxulub yang bisa dilihat dari ruang angkasa.

Batu ruang angkasa ini memiliki massa sama dengan Mountt Everest saat ujungnya menghantam Meksiko dan ekornya masih sepanjang 10.668 meter. Batu ruang angkasa ini sendiri setara ledakan dua juta bom hidrogen.

Namun, tim Munich ini telah meremehkan efek yang akan terjadi dan mengklaim tsunami dan gempa yang terjadi memang cukup untuk memusnahkan dinosaurus namun gelombang kejut yang menyebabkannya akan melemah berkat lanskap planet.

Meschede mengatakan, "Hasil kami melampaui Chicxulub. Pada prinsipnya, kita kini bisa memperkirakan seberapa besar meteorit akan menyebabkan peristiwa bencana pada Bumi." Model ini diklaim bisa digunakan untuk memperkirakan besarnya dampak dan pengaruh besar lainnya di masa lalu Bumi.

Baru-baru ini, dilaporkan asteroid seukuran empat kali lapangan sepak bola bernama 2005 YU55 melewati antara Bumi dan Bulan. Jika benda seukuran itu menghantam bumi, akan muncul kawah selebar 4 kilometer, gempa berkekuatan 7 Skala Richter, dan tsunami setinggi 21 meter akan menyebar dalam 96,6 kilometer dari lokasi hantaman.


   
   
Terungkap Penyebab Moyang Neanderthal Musnah
November 21, 2011 at 5:02 AM
 
Headline
Setelah melakukan penelitian, para peneliti mengaku berhasil menemukan penyebab musnahnya bangsa Neanderthal. Ingin tahu?

Neanderthal musnah karena bangsa ini terlalu pandai untuk diri mereka sendiri. Peneliti mengatakan, sepupu manusia gua ini cukup modern. Otak dan daya tarik bangsa ini membuat moyang manusia memilihnya sebagai pasangan.

Para peneliti Arizona State University memiliki teori dari data yang diambil selama zaman es menyatakan, Neandhertal dan manusia modern hidup berdampingan selama ribuan tahun sebelum akhirnya punah 30 ribu tahun silam.

Hasil studi menunjukkan, perkawinan kedua bangsa ini seperti bunuh diri, ungkap profesor Julien Riel-Salvatore dari University of Colorado. "Mereka adalah korban dari keberhasilan mereka sendiri," katanya.

Manusia menganggap Neanderthal merupakan pasangan sempurna yang lambat laun mengakibatkan Neandhertal punah. "Model komputer yang dilakukan bisa menambah pemahaman untuk menentukan keputusan demi masa depan," tutupnya seperti dikutip DM.


   
   
Sejarah "Aceh Merdeka", Bermula di Tanah Gayo
November 20, 2011 at 5:41 AM
 


TAKENGEN – Satu lagi, buku politik yang ditulis putra Gayo Adam Mukhlis Arifin berjudul "Demokrasi Aceh, Mengubur Ideologi" akan diluncurkan dipenghujung tahun 2011. buku yang melibatkan Editor Salman Yoga S, seorang penyair asal Gayo. diterbitkan oleh The Gayo Institute.


"Sebuah buku yang perlu dan patut dibaca," demikian pendapat singkat Imam Prasodjo, sosiolog Universitas Indonesia (UI),yangtertera dibelakang buku ini.


Sementara pengamat politik Fachry Ali, ikut memberi komentar tentang Partai Aceh (PA), sebuah partai politik yang dominan di Aceh dewasa ini. Nilai informatifnya adalah penjelasan bagaimana proses dialog dikalangan kekuatan-kekuatan politik Aceh pasca Perjanjian Helsinki 15 Agustus 2005, bagaimana interaksi antara kekuatan-kekuatan lokal-yang secara psikologis merasa telah keluar sebagai "pemenang"- dengan kekuatan Jakarta dan bagaimana, pada akhirnya, tokoh-tokoh PA itu "mengalah" dengan kekuatan-kekuatan nasional.



Deklarasi Aceh Merdeka


Tidak banyak yang tahu apabila konsep deklarasi Aceh Merdeka disusun di Buntul Kubu, sebuah perbukitan di tengah kota Takengon pada tahun 1976, dengan sebuah bangunan khas Belanda. Disamping itu, pada cover buku terdapat foto sejumlah tokoh pergerakan Aceh Merdeka (AM) berpose di Buntul Kubu, Mereka adalah Tgk Hasan Muhammad di Tiro, Zainal Abidin di Tiro, Mat Bin Tas, Hasanuddin dan Tgk Ilyas Leube.


Pada pertemuan itu totok-tokoh Aceh Merdeka membahas rencana deklasari gerakan Aceh Merdeka (AM) yang berujung pada pelaksanaan deklarasi di Gunung Halimun Pidie, 4 Desember 1976, atau sekitar 4 bulan setelah konsolidasi awal (pertama) di Takengon.


"Faktanya, konsep gerakan Aceh Merdeka digodok di Buntul Kubu. Dan saat itu hanya Tgk Hasan Muhammad di Tiro dan abangnya Zainal Abidin di Tiro hadir mewakili tokoh pergerakan AM dari Aceh pesisir, selebihnya adalah Urang Gayo Tgk Ilyas Leube dan kawan-kawan," ujar Salman Yoga, editor buku tersebut, Sabtu (12/11).


Penulis buku tersebut, Adam Mukhlis Arifin yang saat pergerakan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) berada di bawah komando GAM wilayah Linge mengatakan, buku tersebut akan tiba di Takengon pada 18 Nopember 2011 mendatang dan akan diluncurkan secara sederhana.


"Untuk edisi pertama dicetak 1000 eksemplar dan akan kita luncurkan" kata Adam Mukhlis, yang pada masa itu mamakai nama samaran Ali Gergel.

Adam Muchlis juga menangapai perdamaian Aceh, dan mengakui jajaran kombatan GAM Wilayah Linge mendukung sepenuhnya damai Aceh ini.


"Saya tegaskan bahwa kombatan GAM wilayah Linge sangat menghormati MoU Helsinki. Dan kami tunduk sepenuhnya terhadap Undang-Undang Dasar 1945," pungkasnya.


Media Files
buka_acehmerdeka.jpg (JPEG Image)
   
     
 
This email was sent to dm08012.zaralee@blogger.com.
Delivered by Feed My Inbox
PO Box 682532 Franklin, TN 37068
Create Account
Unsubscribe Here Feed My Inbox
 
     

1 komentar:

NoeOlshop mengatakan...

Subhanallah keren...
makasih atas informasinya moga berkah :)

Posting Komentar

Pengikut

ARTIKLE